Rumahweb Journal

Cara Backup WordPress Di VPS Ubuntu melalui SSH

Pada panduan ini, kami akan berbagi cara melakukan backup WordPress di VPS Ubuntu melalui SSH. Panduan ini bermanfaat apabila layanan VPS Anda dipesan non-panel dan hanya dikelola melalui SSH atau terminal.

Backup adalah tahapan fundamental yang cukup sering diabaikan atau dianggap sepele oleh banyak orang. Padahal, proses backup memiliki peran yang sangat penting dalam memudahkan pekerjaan Anda ke depan, terutama jika Anda adalah seorang administrator atau pengelola website.

Kenapa Harus Backup?

Ancaman keamanan terhadap data website selalu ada, baik dari sisi perangkat lunak maupun perangkat keras. Aktivitas hacking maupun malware adalah ancaman paling sering terjadi yang bisa merusak data website Anda. Selain itu, kerusakan pada perangkat keras juga bisa terjadi, karena satu dan lain hal.

Oleh karena itu, backup data adalah langkah penting dan krusial yang harus Anda lakukan. Setelah website selesai dibuat, Anda harus segera melakukan backup data untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan yang bisa terjadi di kemudian hari. Dengan membuat backup data, Anda tidak perlu terlalu khawatir, andai ke depan terjadi insiden yang menyebabkan kerusakan data website.

Proses backup data website tidaklah sulit, apabila Anda menggunakan layanan hosting ataupun VPS yang sudah dilengkapi dengan cPanel. Melalui menu Backup Wizard, proses backup data sangat sederhana dan terotomatisasi.

Bagaimana jika Anda kebetulan memiliki layanan VPS Ubuntu yang tidak dilengkapi dengan control panel? Meskipun tidak sesederhana proses backup data di backup wizard cPanel, tapi proses backup data pada VPS Ubuntu tidaklah terlalu sulit. Di artikel jurnal kali ini, kami ingin berbagi dengan Anda tentang cara backup WordPress pada VPS Ubuntu melalui SSH.

Alur Kerja

Tidak seperti proses backup pada cPanel, backup pada VPS Ubuntu hanya akan membackup data root directory domain dan database. Setelah kedua data backup berhasil digenerate, langkah terakhir adalah meletakannya di root directory domain supaya bisa diakses dan didownload secara publik.

Kebutuhan Sistem

Proses backup akan dilakukan menggunakan aplikasi bernama unzip. Supaya bisa menjalankan proses backup, pertama-tama, pastikan paket unzip sudah terinstal di VPS Ubuntu milik Anda. Selain itu, pastikan juga VPS Anda masih memiliki sisa space yang cukup untuk membuat backup.

Untuk menginstalasi paket unzip, jalankan perintah berikut:

sudo apt install unzip

Backup File WordPress

Setelah paket unzip terinstal, Anda bisa melanjutkan proses backup root directory domain. Sebagai contoh, kita akan membuat backup data root directory /var/www/domainku.com/public_html.

Untuk membuat backup root directory, jalankan perintah berikut:

# sudo zip -r /var/www/domainku.com/public_html/public_html.zip /var/www/domainku.com/public_html

Perintah tersebut akan men-generate file backup bernama public_html.zip, yang berada di dalam folder /var/www/domainku.com/public_html

cara membuat backup wordpress vps ssh

Backup Database MySQL

Setelah backup root directory domain selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah melakukan backup database MySQL. Sebagai contoh, kita akan membuat backup database bernama wordpress. Untuk melakukan proses backup database MySQL di VPS Ubuntu, jalankan perintah berikut:

# sudo su
# mysqldump -u root -p wordpress > /var/www/domainku.com/public_html/backup.sql

Perintah tersebut akan men-generate file backup database bernama backup.sql, yang berada di dalam folder /var/www/domainku.com/public_html

Penyesuaian File Owner dan Permission

Setelah proses backup root directory dan database MySQL selesai, supaya bisa diakses secara public melalui alamat domain yang digunakan, Anda harus melakukan penyesuaian file owner dan file permission terhadap kedua data backup yang sudah dibuat sebelumnya.

Untuk membuat file backup bisa diakses public, jalankan perintah-perintah berikut:

# sudo chown -R www-data:www-data /var/www/domainku.com/public_html/public_html.zip
# sudo chown -R www-data:www-data /var/www/domainku.com/public_html/backup.sql
# sudo chmod 644 /var/www/domainku.com/public_html/public_html.zip /var/www/domainku.com/public_html/backup.sql

Download Backup

Hasil backup root directory dan database MySQL bisa Anda akses dan download secara langsung melalui web browser, melalui alamat domainku.com/public_html.zip dan domainku.com/backup.sql.

Apabila Anda menggunakan Mac OS atau Linux, data backup juga bisa didownload melalui Terminal, menggunakan perintah wget domainku.com/public_html.zip dan wget domainku.com/backup.sql

Penutup

Cukup banyak pengguna yang mengabaikan proses backup. Padahal, ancaman keamanan ataupun kerusakan data bisa selalu terjadi, baik karena malware, hacking, maupun malfungsi pada perangkat keras.

Semua kerja keras Anda selama berhari-hari dalam membuat website, akan hilang sia-sia apabila terjadi kerusakan data, dan Anda belum sempat membuat backupnya. Sebelum terlambat, segera lakukan proses backup terhadap data website, karena proses backup tidaklah sesulit yang mungkin Anda bayangkan.

Demikian artikel journal tentang Cara Backup WordPress pada VPS Ubuntu melalui SSH. Apabila ada pertanyaan lebih lanjut atau kendala, silahkan menghubungi tim Technical Support Rumahweb untuk mendapatkan panduan atau bantuan lebih lanjut.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Jasa Pembuatan Website Rumahweb

Alwan Rosyidi

FOSS enthusiast. Technical Support Rumahweb.