Rumahweb Journal

Cara Install Imunify360 di VPS CyberPanel

Keamanan pada server menjadi salah satu prioritas yang harus Anda perhatikan. Baik itu keamanan dari malware, ataupun dari penyebab lain seperti DDoS dan Bruteforce. Salah satu aplikasi yang terkenal handal untuk menangani hal tersebut salah satunya Imunify. Pada panduan ini, kami akan menjelaskan cara install Imunify360 di VPS.

Setelah sebelumnya kami menjelaskan Imunify360 di VPS cPanel, pada panduan ini kami akan menjelaskan cara install Imunify360 di VPS dengan CyberPanel. Namun sebelum kami menjelaskan lebih detail, kami akan mengulas sedikit tentang apa itu Imunify.

Apa itu Imunify

Imunify adalah salah satu platform dari CloudLinux yang dibuat untuk keamanan pada server. Imunify dioptimalkan untuk menangani keamanan pada webserver berbasis linux, seperti menangani malware maupun serangan DDoS.

Aplikasi Imunify dibekali dengan sistem kecerdasan buatan (AI) dan terintegrasi dengan ModSecurity, sehingga mampu mendeteksi serangan lebih dini dan meminimalisir terjadinya kerusakan pada data yang berada di dalam server.

Ada beberapa jenis lisensi yang ditawarkan oleh Imunify, namun yang akan kami bahas pada artikel ini adalah Imunify360.

Sebelum melakukan instalasi Imunify360, pastikan anda telah membeli Lisence dari Imunify terlebih dahulu. Berikut langkah-langkahnya.

Cara mendapatkan Lisensi Imunify360

Untuk mendapatkan lisensi Imunify360, Anda bisa melakukan regitrasi pada Imunify . Di panduan ini, kami akan mencoba menggunakan Imunify360 Free sebagai contoh. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Akses situs resmi imunify360, Klik tombol ”Try Imunify360 Free”.
Lisensi-Imunify1
  1. Isi Form Informasi keterangan Pribadi secara lengkap. lalu Klik “Get Trial Lisence”.
Lisensi-Imunify2
Lisensi-Imunify3
  1. Setelah itu cek inbox email yang telah Anda cantumkan pada form Get Trial Lisence. Akan ada email masuk dari Cloudlinux Mailer dengan subjek “Activating your free trial of Imunify 360”. Pada email, akan tersedia informasi key Lisence Trial yang bisa Anda gunakan.
Lisensi-Imunify4
  1. Selain melalui email, Anda juga bisa melihat informasi key melalui situs CloudLinux. Setelah login ke CloudLinux, klik menu product lalu anda bisa melihat activation key layanan yang telah Anda daftarkan.
Lisensi-Imunify5

Jika Anda hendak melanjutkan ke versi Premiun(Berbayar). Anda bisa mengklik “Buy Now” pada layanannya. Maka akan diarahkan ke halaman Billing Purchase.

Cara Install Imunify360 di CyberPanel

Sebelum melakukan instalasi, pastikan VPS Anda telah aktif dan telah terinstall CyberPanel dengan versi minimal 2.0.0 atau lebih, yang telah terintegrasi otomatis dengan layanan Imunify360.

Jika versi CyberPanel yang Anda gunakan belum menggunakan versi tersebut, silahkan melakukan update versi CyberPanel terlebih dahulu. Setelah itu, Anda bisa mengikuti cara install Imunify360 di CyberPanel berikut ini.

  1. Login Cyber Panel dengan mengakses https://ipvpsanda:8090 pada browser.
Halaman login Cyberpanel
  1. Jika sudah login CyberPanel, silahkan pilih menu Security.
Menu security di CyberPanel
  1. Pilih Imunify360.
Pilih Imunify360
  1. Akan muncul Kolom Key Lisensi Imunify, lalu isi dengan Key Lisensi yang telah didapatkan pada tahap sebelumnya. Lalu klik “Install Now”.
masukkan license key
cara install imunify360
  1. Jika instalasi Imunify telah selesai. Langkah selanjutnya yakni mencoba login Imunify dengan menekan tombol “Access Now”.
aktifkan lisensi imunify360
  1. Untuk login Imunify, Masukan username dan password VPS.
Halaman login imunify
  1. Jika Loginnya sudah berhasil. Maka Instalasi Imunify360 telah berhasil.
status Imunify360

Demikian cara install Imunify360 pada VPS Cyberpanel. Selamat mencoba.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

SSL Murah

Muhamad Iqbal Ari Pratama