Rumahweb Journal
Cara Update CyberPanel

Cara Update CyberPanel ke Versi Terbaru

CyberPanel merupakan salah satu control panel VPS gratis yang bisa anda gunakan. Walaupun gratis, fitur pada CyberPanel terbilang lengkap bahkan sudah mendukung litespeed. Selain itu, pihak developer juga selalu melakukan update CyberPanel version untuk mendukung aplikasi yang lebih aman dan reliable.

Sama seperti halnya panel VPS lain, CyberPanel tentu juga belum sempurna sehingga sering terdapat bug. Terkadang bug tersebut cukup mengganggu, misal terjadi crash pada CyberPanel yang digunakan, atau adanya fitur yang tidak berjalan dengan baik.

Untuk mengatasi bug tersebut biasanya CyberPanel akan menyediakan update. Disinilah pentingnya rutin melakukan update pada panel CyberPanel yang digunakan. Pada panduan ini, kami akan berbagi cara update CyberPanel step by step. Berikut informasi selengkapnya.

Persiapan update CyberPanel

Sebelum melakukan update pada CyberPanel, yang pertama dilakukan adalah melihat versi yang saat ini digunakan, dan apakah versi terbaru sudah tersedia. Untuk melihatnya, silahkan login sebagai admin pada CyberPanel. Kemudian klik menu Version management

cek versi cyberpanel

Kemudian akan tampil versi yang terinstall, dan versi terbaru yang tersedia

current version cyberpanel

Pada tampilan tersebut, saat ini versi CyberPanel yang digunakan adalah versi 2.1.2, dan ada versi terbaru yang bisa diinstall yaitu versi 2.3.1.

Setelah mengetahui adanya versi terbaru, maka langkah selanjutnya adalah menjalankan proses update pada CyberPanel.

Update CyberPanel

Untuk melakukan update, langkah pertama yang dilakukan adalah melakukan koneksi ke SSH pada VPS yang anda gunakan. Untuk panduan melakukan koneksi SSH, anda dapat klik link ini.

Setelah berhasil melakukan koneksi ke SSH, silahkan menjalankan perintah berikut untuk memulai proses update

sh <(curl https://raw.githubusercontent.com/usmannasir/cyberpanel/stable/preUpgrade.sh || wget -O - https://raw.githubusercontent.com/usmannasir/cyberpanel/stable/preUpgrade.sh)

Klik enter untuk menjalankan perintah tersebut, dan tunggu sampai prosesnya selesai. Setelah proses update selesai, maka pada terminal akan muncul pesan sebagai berikut

update cyberpanel success

Sampai tahap ini proses upgrade CyberPanel sudah selesai. Untuk memastikan silahkan proses upgradenya berhasil, silahkan login kembali ke CyberPanel, dan kemudian akses kembali ke menu version management.

Apabila proses upgrade berhasil maka pada halaman version management latest version dan current version akan menampilkan angka yang sama.

latest version cyberpanel

Bagaimana, cukup mudah bukan untuk melakukan update versi CyberPanel pada VPS?

Demikian artikel kami tentang cara update CyberPanel ke versi terbaru, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

SSL Murah

Syahrizal Widiarto