Rumahweb Journal
Banner - Cara Install AbanteCart cPanel

Cara Install AbanteCart di cPanel Melalui Softaculous

AbanteCart adalah salah satu CMS yang dapat digunakan untuk membuat toko online secara instan. Dalam artikel ini, kami akan berbagi cara install AbanteCart di cPanel melalui menu Softaculous Auto Installer.

Sebelum kami membahas cara install AbanteCart di cPanel, terlebih dahulu kami akan mengulas tentang apa itu AbanteCart beserta fiturnya. Simak informasi berikut ini.

Apa itu AbanteCart?

CMS AbanteCart adalah sebuah sistem manajemen konten (CMS) berbasis open source yang digunakan untuk membangun toko online. CMS ini dikembangkan oleh sekelompok pengembang di Spanyol dan dirilis pertama kali pada tahun 2009.

AbanteCart cocok digunakan untuk berbagai jenis bisnis online, mulai dari bisnis kecil hingga besar. AbanteCart juga dapat di custom atau di modifikasi sesuai kebutuhan bisnis Anda, dengan menggunakan plugin atau ekstensi tambahan.

Fitur AbanteCart

AbanteCart memiliki berbagai fitur yang memudahkan pengguna untuk membuat dan mengelola toko online. Berikut adalah beberapa fitur utama CMS AbanteCart.

  • Manajemen produk: AbanteCart menyediakan fitur lengkap untuk mengelola produk, termasuk menambahkan, mengedit, menghapus, dan menandai produk. Anda juga dapat mengatur harga, stok, dan deskripsi produk.
  • Manajemen pesanan: AbanteCart memudahkan Anda untuk mengelola pesanan, termasuk melihat daftar pesanan, mengubah status pesanan, dan mengirim email kepada pelanggan.
  • Payment: AbanteCart mendukung berbagai metode pembayaran, termasuk kartu kredit, PayPal, dan transfer bank.
  • Shipping: AbanteCart memudahkan Anda untuk mengelola pengiriman, termasuk mengatur tarif pengiriman, metode pengiriman, dan pelacakan pengiriman.
  • Manage pelanggan: AbanteCart menyediakan fitur untuk mengelola pelanggan, termasuk menambahkan, mengedit, menghapus, dan melihat profil pelanggan.
  • Manajemen laporan: AbanteCart menyediakan berbagai laporan untuk membantu Anda menganalisis kinerja toko online Anda.
  • SEO: AbanteCart memiliki fitur SEO yang membantu Anda meningkatkan visibilitas toko online Anda di mesin pencari.

Mengenal Softaculous Auto Installer

Softaculous adalah salah satu fitur cPanel yang bisa digunakan untuk melakukan instalasi CMS secara instan, atau yang kita sebut sebagai auto-installer. Hanya dengan beberapa klik, Anda dapat membuat website yang dapat langsung diakses.

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

Fitur Softaculous telah tersedia secara gratis pada setiap pemesanan layanan hosting dengan lisensi cPanel. Di Rumahweb, Anda bisa menemukan fitur ini pada layanan Shared Hosting, Unlimited Hosting dan Cloud Hosting.

Cara Install AbanteCart di cPanel

Setelah mengetahui apa itu AbanteCart dan fiturnya, selanjutnya kami akan menjelaskan tentang cara install AbanteCart di cPanel melalui fitur Softaculous. Proses install melalui softaculous sangat mudah, hanya memerlukan beberapa kali klik. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Login ke cPanel Hosting.
  2. Setelah login ke cPanel, klik menu “Softaculous” yang berada dalam kategori “Software/Services”.
Menu Softaculous
  1. Pilih E-Commerce > AbanteCart.
CMS AbanteCart
  1. Kemudian menampilkan halaman informasi sekilas requirement installasi dan versi AbanteCart. Lalu klik Install Now.
Informasi Requirement Installas AbanteCart
  1. Kemudian akan muncul halaman untuk mengatur instalasi CMS anda. Ada beberapa bagian untuk mengatur instalasinya yaitu Software Setup, Site Settings, Admin Account, dan Advanced Options. Silahkan isi bagian-bagian instalasi sebagai berikut.

Software Setup

  • Berisi pengaturan lokasi instalasi CMS AbanteCart. Pada kolom Choose Protocol jika kamu menggunakan SSL silahkan pilih https:// agar aman. Jika belum menggunakan SSL, silahkan baca Cara Menambahkan SSL di Website Gratis!. Pada kolom Choose Domain, silahkan pilih nama domain yang diinginkan. Pada kolom In Directory, silahkan isi dengan nama folder. Namun disarankan pada kolom Data Directory biarkan default saja (kosongkan).
Pilih Nama Domain Untuk Installasi CMS
  • Berisi pengaturan Admin Folder dan Admin Account. Silahkan isi dengan username dan password yang kamu inginkan. Ingat, jangan sampai lupa ya. Dan pastikan untuk username dan password menggunakan kombinasi yang kuat (huruf besar kecil, angka, dan simbol).
Site Setting Installasi CMS

Advanced Options

  • Berisi pengaturan tambahan seperti nama database AbanteCart dan pengaturan backup. Untuk nama database biarkan default saja. Pada kolom Automated backups, silahkan pilih durasi jika ingin melakukan backup data secara berkala. Setelah selesai semua, silahkan klik Install.
Advanced Options Installasi
  1. Silakan ditunggu sampai proses installasi AbanteCart selesai.
Proses Installasi AbanteCart
  1. Instalasi AbanteCart telah berhasil. Nah, apabila telah muncul tampilan seperti di bawah ini maka proses instal AbanteCart di Hosting Anda telah berhasil. Untuk mengakses halaman AbanteCart, silahkan klik alamat url yang telah disediakan.
Installasi AbanteCart Selesai

Cara login administrator AbanteCart

Setelah instalasi selesai, silahkan akses nama domain anda di browser. Secara default, tampilannya akan seperti gambar berikut:

Halaman Utama Website AbanteCart

Untuk login dashboard administrator Prestashop, gunakan URL sesuai dengan link url yang anda isi pada saat instalasi. Secara default, akses ke halaman administrator menggunakan link /admin123. Kemudian silakan isikan username dan password AbanteCart yang digunakan.

Contoh: panduan kali ini menggunakan subdomain, sehingga akses url admin menjadi https://rumahweb.namadomainadminAnda/index.php?s=admin123

Halaman Login Admin AbanteCart

Setelah login, anda akan di direct ke halaman dashboard dengan menampikan beberapa kolom untuk konfigurasi nama Toko Online Anda yang akan dibuat. Seperti nama toko, alamat, nomor telepon, dst.Berikut tampilan dashboard administrator AbanteCart terbaru.

Setup Toko di AbanteCart

Berikut tampilan dashboard administrator AbanteCart terbaru.

Halaman Dashboard Admin AbanteCart

Cara install AbanteCart di cPanel sangat mudah bukan? Apabila anda temui kendala dalam proses install atau ada pertanyaan mengenai cara installnya, jangan sungkan untuk menghubungi support Rumahweb agar dibantu pengecekannya.

Demikian cara install AbanteCart di cPanel melalui Softaculous, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Jan Laen Player

Halo, saya Jan. Pada blog ini saya akan membahas seputar panduan dan tips hosting, email, domain, vps, server, website, linux dan cms. Jangan lupa untuk shared dan bookmark rumahweb.com/journal agar lebih mudah mendapatkan informasi tutorial maupun tips dari kami.

banner Pop Up - Hosting 99K