Rumahweb Journal
Banner - Brizy Builder WordPress - Definisi, Fitur Hingga Cara Menggunakannya

Brizy Builder WordPress: Fitur Hingga Cara Menggunakannya

Brizy adalah salah satu plugin WordPress yang dapat digunakan untuk membuat landing page secara mudah. Pada panduan ini, kami akan membahas tentang plugin Brizy Builder WordPress mulai dari pengertian, fitur hingga cara membuat landing page.

Mengenal Brizy Builder

Brizy adalah salah satu plugin WordPress yang memungkinkan pengguna untuk membuat halaman web dengan mudah menggunakan fitur drag-and-drop. Dengan Brizy, pengguna dapat memilih dari berbagai macam blok atau elemen desain dan menempatkannya ke dalam halaman atau posting mereka dengan mudah.

Brizy juga dilengkapi dengan sejumlah template yang dapat dipilih, dan memungkinkan pengguna untuk mengedit dan menyesuaikan template tersebut agar sesuai dengan kebutuhan mereka.

Salah satu fitur unggulan dari Brizy adalah user interface pengguna yang intuitif dan mudah digunakan. Sehingga bahkan pengguna pemula sekalipun dapat dengan cepat dan mudah membuat halaman web atau posting blog yang menarik dan fungsional.

Selain itu, Brizy juga memungkinkan pengguna untuk melihat tampilan halaman web mereka secara langsung (live preview) saat mereka sedang mengeditnya, sehingga memudahkan pengguna untuk melakukan perubahan dan penyesuaian secara real-time.

Brizy tersedia dalam dua versi, yaitu versi gratis dan versi berbayar (Pro). Versi gratis memiliki fitur dasar yang cukup lengkap, sementara versi Pro menawarkan fitur tambahan seperti lebih banyak blok dan template, integrasi dengan plugin pihak ketiga, dan sejumlah fitur lanjutan lainnya.

Fitur Plugin Brizy Builder

Seperti yang telah kita ketahui bersama, Brizy merupakan salah satu plugin page builder di WordPress. Sebagai plugin page builder, Brizy dilengkapi dengan berbagai fitur seperti;

1. Interface drag-and-drop

Brizy dilengkapi dengan user interface yang intuitif dan mudah digunakan, yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan, menghapus, dan mengedit blok atau elemen desain dengan mudah dan cepat.

2. Live preview

Brizy memungkinkan pengguna untuk melihat tampilan halaman web mereka secara langsung saat mereka sedang mengeditnya, sehingga memudahkan pengguna untuk melakukan perubahan dan penyesuaian secara real-time.

3. Block dan Element Desain yang lengkap

Brizy menyediakan berbagai macam blok atau elemen desain yang dapat dipilih oleh pengguna, seperti teks, gambar, video, tombol, formulir, dan banyak lagi.

4. Tersedia template yang dapat disesuaikan.

Brizy dilengkapi dengan sejumlah template yang dapat dipilih oleh pengguna, dan memungkinkan pengguna untuk mengedit dan menyesuaikan template tersebut agar sesuai dengan kebutuhan mereka.

5. Responsif

Halaman web atau posting blog yang dibuat dengan Brizy akan responsif, artinya akan terlihat dan berfungsi dengan baik di berbagai perangkat, seperti desktop, tablet, dan smartphone.

Cara Membuat Landing Page dengan Brizy Builder

Selanjutnya, kami akan memberikan cara membuat landing page dengan plugin Brizy builder di WordPress. Pada contoh, kami akan menggunakan Theme Neve yang menyediakan berbagai macam template yang cukup lengkap untuk landing page.

Step 1. Install Plugin Brizy Builder

Pertama, kita perlu melakukan install plugin Brizy terlebih dahulu. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Login ke WordPress website Anda.
  2. Klik menu Plugin > Tambah Baru/Add New > cari plugin “brizy” di kolom pencarian. Tuliskan tanpa tanda petik. Setelah ditemukan, klik Install Now/Pasang Sekarang.
Install Plugin Brizy Builder
  1. Setelah diinstall, klik Activate/Aktifkan.
Install Plugin Brizy Builder - activate

Step 2. Install Theme Neve

Langkah berikutnya adalah menginstall themes Neve.

  1. Klik menu Appareance > Themes > Add New > cari theme “neve” di kolom pencarian. Tuliskan tanpa tanda petik. Setelah ditemukan, klik Install Now/Pasang Sekarang.
install theme neve
  1. Aktifkan themes Neve dan klik pada themes Neve agar dapat mengakses menu/tombol “Neve Options”.
theme Neve options

Step 3. Membuat Landing Page dengan Brizy

Setelah theme Neve terinstall, selanjutnya kita akan melakukan import template yang telah tersedia.

  1. Klik menu Neve Options, lalu klik tab “Starter Sites” seperti gambar berikut.
Neve options
  1. Pada drop down, jangan lupa pilih opsi Brizy, untuk menampilkan starter site yang dapat diedit menggunakan Brizy.
Brizy Import
  1. Pilih salah satu template yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan Anda. Pada contoh di bawah akan menggunakan template “lawyers”.
import template
  1. Kemudian akan muncul kotak dialog, langsung arahkan ke “Import”. Klik tombol “Import” untuk melanjutkan.
membuat landing page dengan brizy builder
  1. Untuk mengedit, setelah selesai, klik tombol “Add your own content”.
  1. Dari sini landing page sudah terlihat dan dapat dilakukan editing. Dapat disesuaikan baik teks, gambar, maupun seting lainnya.
  1. Untuk menyesuaikan tiap blok, dapat dilakukan editing. Editing dilakukan dengan mengklik tombol opsi pada masing-masing blik, sesuai screenshot di bawah:
  1. Contoh di bawah ini adalah untuk melakukan editing dari gambar background biasa, dirubah menjadi slider.
  1. Sedangkan contoh di bawah, untuk melakukan perubahan seting slider.

Editing-editing lain juga dapat dilakukan. Seperti menambah peta, edit alamat, dlsb.

Demikian artikel kami tentang Brizy Builder WordPress hingga cara membuat landing page dengan Brizy. Semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Dodong Priyambodo

Penggemar Ubuntu.