Rumahweb's News, Article, and Tutorial of Web Development

Cara Setting Google AMP di WordPress

Untuk memulainya, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin Google AMP. Panduan instalasinya dapat dilihat pada halaman berikut cara menginstal plugin WordPress.

Setelah Anda mengaktifkan plugin AMP, Silahkan masuk ke menu Appearance > AMP untuk melihat bagaimana situs Anda terlihat pada perangkat mobile menggunakan AMP.



Anda dapat mengubah background header dan warna teks. Warna background Header yang Anda pilih juga akan digunakan sebagai warna link. Klik tombol “Save and Publish” untuk menyimpan perubahan Anda.

Sekarang Anda dapat mengunjungi setiap posting di situs Web Anda dan menambahkan /amp/ pada akhir URL, seperti berikut http://namadomain.com/post-name/amp/ Anda akan diarahkan ke halaman website versi AMP.

Jika melihat halaman error 404, silahkan masuk ke menu Settings > Permalinks di admin WordPress Anda dan klik pada tombol “Save Changes” tidak perlu melakukan perubahan apapun.

Apabila Anda menggunakan Yoast SEO, maka Anda perlu menambahkan plugin “Glue for Yoast SEO & AMP“.

Glue for Yoast SEO & AMP adalah plugin addon untuk Yoast SEO dan AMP plugin. Anda perlu untuk melakukan konfigurasi pada menu SEO > AMP untuk melakukan konfigurasinya.



Plugin ini memungkinkan Anda untuk mengaktifkan dukungan AMP untuk jenis posting lainnya. Pada tab design Anda dapat memilih warna dan pilihan desain, selain itu Anda juga dapat upload logo dan gambar header standar yang akan digunakan saat post tidak memiliki fitur gambar sendiri.


Anda dapat menambahkan ID google analytics pada tab analytics.

Diatas merupakan tahap untuk membuat website Anda mendukung Google AMP. Demikian setting Google AMP di WordPress, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Afiandhi Risky

Blog Competition