Rumahweb's News, Article, and Tutorial of Web Development

Mengatasi Kendala Umum Installasi Google Site Kit

Google Site Kit adalah sebuah plugin WordPress yang berfungsi untuk mengintegrasikan beberapa tools analytics dari Google, sehingga dapat dikelola melalui satu panel saja. Hadirnya Google Site Kit sangat dinantikan oleh para developer, karena fitur ini bisa digunakan untuk menggabungkan beberapa tools analytics, sehingga memudahkan untuk melakukan peningkatan pada website.

Anda dapat mempelajari cara install Google Site Kit di WordPress melalui panduan berikut : Install Google Site kit WordPress

Panduan kali ini akan membahas tentang masalah-masalah yang sering terjadi pada proses installasi plugin google sitekit.

  • Pastikan menggunakan atau update versi terbaru plugin Site Kit.
    Silahkan masuk ke bagian “Plugins”. Apabila ada notifikasi update pada plugin sitekit telah tersedia, klik Update Now (Perbarui Sekarang) .
  • Nonaktifkan plugin yang berpotensial menyebabkan conflict.
    Untuk conflict installasi plugin sitekit dengan plugin lain, silahkan disale sementara plugin plugin yang memungkinkan conflict satu per satu lalu lakukan install ulang plugin SiteKit.
    Kami menyarankan untuk disable plugin dengan type keamanan, firewall, statistik dan caching. Setelah proses installasi dan setup plugin sitekit selesai, plugin plugin yang tadi di disable dapat diaktifkan kembali satu persatu.
  • Ganti theme ke default wordpress theme.
    Apabila Anda menggunakan theme custom dari pihak ke 3 , silahkan ganti dulu active theme yang digunakan ke default wordpress theme seperti “twentyseventeen” .
  • Disable sementara aplikasi firewall atau ads blkocker.
    Sebelum melakuan installasi sitekit, kami sarankan disable dahulu firewall atau ads blocker app yang berjalan di komputer Anda. Jika proses installasi sudah selesai, silahkan aktifkan kembali firewall dan ads blocker sesuai kebutuhan.
  • Install plugin Site Kit menggunakan mode Icognito pada browser.
    Ini untuk memastikan kalau eksstensi browser dan ads blocker pada browser sudah non aktif. Bagian ini juga untuk memastikan jika cache dan cookie browser sudah bersih pada saat proses installasi dilakukan.
  • Pastikan server environment yang digunakan sudah memenuhi persyaratan.
    Site kit membutuhkan minimal versi 5.4 dan versi wordpress 4.7 keatas .

Demikian pembahasan untuk mengatasi kendala umum pada saat instalasi Google Site Kit, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Benny Eko Priharyanto

Blog Competition