Rumahweb Journal
Banner - Apa itu Visitor adalah - Pengertian Serta Penjelasannya

Apa itu Visitor? Arti serta Istilah Yang Sering Muncul

Secara sederhana, visitor dapat diartikan sebagai seseorang yang mengunjungi situs atau website kita. Baik melalui search engine, akses URL websitenya secara langsung, maupun melalui social media yang kita buat. Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan secara lebih detail apa itu Visitor serta penjelasan tentang pageviews, hits hingga cara melihatnya.

Bagi pemilik website bisnis, kita harus bisa menganalisa visitor untuk menyusun strategi yang tepat, agar peluang bisnis kita semakin meningkat. Untuk memahami visitor, kita perlu mengerti dulu istilah-istilah yang sering muncul pada saat mengakses Google Analytics maupun Awstats di cPanel.

Istilah seperti Hits, Pageviews, hingga Unique visitor mungkin terdengar kurang familiar. Karenanya, pada panduan ini kami akan menjelaskan kepada Anda tentang istilah tersebut. Simak informasi selengkapnya.

Apa itu Visitor?

Visitor dalam bahasa Indonesia artinya pengunjung. Sedangkan secara istilah, visitor adalah seseorang yang mengunjungi website kita. Di dalam Google Analytics hingga tools yang digunakan untuk menganalisa kunjungan, visitor terbagi atas beberapa istilah seperti Hits, unique visitor hingga pageviews.

Sebagai seorang pemilik bisnis yang menggunakan website sebagai media promosi dan transaksi, data visitor sangat penting untuk dipahami. Kenapa? karena dengan data visitor inilah kita bisa menentukan kebijakan untuk membuat promo, target market hingga gaya komunikasi dengan pelanggan atau calon pelanggan.

Untuk lebih jelasnya, kami akan menguraikan satu-persatu istilah yang sering muncul ketika kita melakukan analisa visitor berikut ini.

Istilah dalam visitor

Berikut adalah beberapa istilah yang sering muncul ketika kita akan melakukan analisa pada visitor atau pengunjung.

Number of visits

Jika secara istilah visitor adalah seseorang yang mengunjungi website kita, maka Number of visits adalah jumlah visitor yang telah mengunjungi website kita dalam hitungan periode tertentu.

Dengan data number of visits, kita bisa melihat tingkat kunjungan visitor website dalam periode harian, mingguan, atau bulanan. Sehingga kita bisa melihat grafik visitor dari waktu kewaktu, apakah mengalami peningkatan, konstan, atau menurun.

Hits

Hits adalah permintaan dari pengguna browser ke sebuah webserver mencakup semua grafik dihalaman website yang diakses, yaitu file gambar, html, javascript, css. Bahkan permintaan yang menghasilkan respon error 404, 500 akan dihitung sebagai hit.

Teknisnya, jika ada pengunjung mengakses sebuah halaman website yang memiliki 10 gambar, 1 file css, 1 file js, maka akan terhitung sebagai 1 kunjungan ditambah 12 file yaitu 13 hit.

Total hit akan selalu besar dari visitor, pageview, dan visitor unique.

Statistik hit ini adalah data paling mentah, sehingga jangan dijadikan acuan utama dalam menghitung jumlah kunjungan sebuah website.

Meskipun demikian, data ini yang paling “reliable” untuk kebutuhan lain. Yaitu untuk membandingkan antara satu website dengan website lain, atau satu website di server hosting yang lama dengan website di server hosting baru.

Pageviews

Pageviews adalah jumlah halaman website yang dilihat oleh visitor. Seorang visitor bisa saja membuka lebih dari satu halaman dalam satu kali kunjungan, apabila terdapat artikel lain yang relevan dan menarik perhatian visitor.

Statistik page view sangat penting bagi pemilik website bisnis, selain karena mudah dihitung dan dipahami, kita bisa mengetahui halaman mana saja didalam website yang paling banyak dikunjungi. Dengan begitu, kita bisa membuat artikel lain yang relevan untuk meningkatkan pageviews bahkan visitor.

Unique Visitor

Unique Visitor adalah pengunjung baru yang mengakses halaman situs atau website kita. Jika pengunjung melakukan kunjungan beberapa kali selama periode tertentu, ini akan tetap dihitung satu unique visitor.

Dalam perhitungan unique visitor, tidak menghitung kunjungan dari robots, worms, atau balasan HTTP Status Code (yaitu status https error).

Pelacakan ini dilakukan berdasarkan alamat IP jaringan, oleh karena itu jika beberapa pengguna komputer mengakses situs web kita dari alamat IP yang sama (seperti jaringan rumah, kantor, wifi umum), maka tetap dihitung sebagai satu unique visitor.

Selain istilah-istilah diatas, ada juga beberapa istilah pada hosting yang sering muncul seperti Bandwith. Berikut penjelasan tentang bandwidth.

Apa itu Bandwidth?

Bandwidth atau data transfer adalah jumlah data yang dikeluarkan oleh website atau hosting untuk melayani permintaan dari pengunjung.

Teknisnya, saat pengunjung membuka halaman website yang terdiri dari file html, gambar, dan file css dengan ukuran total 10kb dan direquest sebanyak 100 kali diwaktu yang sama. Maka data yang data transfer untuk halaman tersebut 1000 KB atau 1MB.

Untuk file statis seperti html, jpg, jpeg, png kurang lebih data transfernya sama seperti ukuran file asli. Sedangkan untuk file skrip, bukanlah ukuran sumber kode. Melainkan ukuran output dari skrip yang memproses.

Penjelasan lebih lengkap tentang apa itu bandwith, bisa Anda baca pada artikel: Apa itu Bandwidth? Pengertian, Cara Mengukur dan Fungsinya

Cara Cek Jumlah Visitor di cPanel

Diakhir tulisan ini kami akan memberikan cara cek semua data statistik diatas termasuk pemakaian bandwidth dari website kita. Berikut langkah-langkah cara cek visitor, number of visits, hits, pageviews, unique visitor.

  1. Login ke halaman cPanel hosting Anda.
  2. Search Awstats di kolom pencarian.
masuk menu awstats hosting cpanel
Search Awstats di cPanel
  1. Pilih nama domain kemudian klik View dibagian actionnya.
select domain di awstats cpanel
Pilih View sesuai nama website yang akan diperiksa statistiknya
tampilan fitur Awstats untuk melihat visitor di cpanel
Tampilan fitur Awstats didalam cPanel

Pada dasarnya, menu Awstats juga menampilkan informasi bandwith, namun sayangnya informasi bandwidth dihalaman ini kurang lengkap. Untuk melihat pemakaian bandwidth yang lebih detail, silakan membuka link pengecekan bandwidth.

Kesimpulan

Untuk mengetahui data statistik seperti hit, unique visitor, pageview, bandwith dari website kita, sebenarnya cukup memakai fitur Awstats yang tersedia didalam cPanel.

Namun jika membutuhkan fitur lain yang tidak ada di Awstats, Anda bisa mempertimbangkan menggunakan Google Analytic, Histats, maupun tool pihak ketiga lainnya.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

Rudiharto

Halo! Saya Rudi, bekerja di Rumahweb sebagai Technical Support. Saya menyukai WordPress, SitePro, Blogspot, dan rutin menulis tutorial. Saya akan membantu Anda membuat beberapa hal teknis mudah dipahami :)