Rumahweb Journal
banner - Apa itu Bandwidth

Apa itu Bandwidth? Pengertian, Cara Mengukur dan Fungsinya

Sering kali kita mendengar istilah bandwidth ketika membaca topik tentang koneksi internet hingga paket VPS. Lalu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan bandwidth dan bagaimana cara mengukur bandwidth yang benar?

Pada artikel kali ini, Rumahweb akan berbagi ilmu tentang apa itu bandwidth, cara mengukur, fungsi hingga perbandingan antara bandwidth dan kecepatan. Berikut informasi selengkapnya.

Pengertian bandwidth

bandwidth adalah traffic keluar atau masuk dari dan ke suatu server/network dengan satuan bit per second (bps).

Kita bisa membayangkan bandwidth adalah sebuah jalan tol dan mobil adalah paket data. Jadi bila sebuag mobil melewati jalan tol sendiri akan terasa lebih cepat dari pada bersama dengan beberapa mobil yang lain, dan besar jalan tol juga mempengaruhi kelancaran perjalanan mobil tersebut.

Jadi bandwidth bisa disebut sebagai jalan untuk paket data melewati sebuah network, untuk kecepatan bandwidth tergantung dari jumlah paket data yang sedang diproses dalam satu waktu. Apabila paket data semakin besar, maka akan terjadi antrian dan menyebabkan penurunan kecepatan bandwidth.

Cara Mengukur Bandwidth

Untuk mengukur kecepatan bandwidth internet kita bisa menggunakan tools online seperti speedtest.net atau fast.com

cara test bandwidth koneksi internet

Semakin besar nilai Download dan Upload yang kita tertera, maka semakin lancar akses ke tujuan akses. Namun untuk latency ping (ms) akan semakin mempunyai nilai kecil semakin baik. Karena nilai latency adalah waktu delay untuk proses ke server tujuan.

Fungsi bandwidth

Dalam keadaan tertentu, misal paket data lebih besar dari pada bandwidth yang disediakan. Maka bandwidth akan membatasi paket data yang akan masuk per second. Biasanya hal tersebut dilakukan oleh administrator jaringan internet, dengan alasan supaya tidak sampai kehabisan bandwidth yang dapat menyebabkan koneksi sama sekali tidak berjalan.

Dan dalam dunia hosting dan atau server, bandwidth biasanya dipergunakan untuk membatasi traffic masuk atau keluar perminggu/perbulan tergantung setting administrator masing-masing. Misal terdapat suatu paket hosting dengan besaran bandwidth 300Gb/Bulan, jadi pemilik hosting/server tersebut hanya bisa menggunakan traffic keluar masuk sebesar maksimal 300Gb dalam satu bulan.

Bandwidth VS Kecepatan

Besaran ukuran bandwidth akan berpengaruh ke kecepatan akses internet. Semakin besar bandwidth yang didapatkan, maka semakin cepat pula akses internet. Namun bila semakin kecil bandwidth yang didapatkan, maka semakin lambat akses internetnya.

Demikian artikel kami tentang apa itu Bandwidth, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4.3 / 5. Vote count: 3

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Denny Oktafianto