Rumahweb Journal
banner cara edit file hosts di mac

Apa itu File Hosts? Pengertian, Fungsi dan Cara Editnya

Tahukah Anda bahwa melalui komputer atau laptop, Anda bisa mengarahkan domain tertentu ke IP server yang dikehendaki tanpa perlu melakukan perubahan DNS? Ya, file hosts adalah solusi yang tepat untuk hal tersebut.

Lalu, apa yang dimaksud dengan file hosts dan bagaimana cara menggunakannya? Pada panduan ini, kami akan menjelaskan secara detail untuk Anda.

Apa itu file Hosts?

File hosts adalah sebuah file di operating systems pada komputer/laptop atau server, yang berfungsi untuk mengarahkan domain ke suatu alamat IP tertentu yang dikehendaki.

Sebagai contoh, Kami ingin script website yang ada di localhost, dapat diakses menggunakan nama domain anggitweb.com. Maka, kami menambahkan informasi berikut di file hosts.

127.0.0.1 anggitweb.com

Untuk melihat apakah domain tersebut sudah mengarah ke IP yang dituju, Anda dapat mengeceknya dengan melakukan ping ke domainnya.

setting modifikasi file hosts komputer
Gambar setting file hosts.

Berikut contoh hasil ping ke domain anggitweb.com.

tes ping setting modifikasi file hosts komputer
Gambar hasil ping ke domain anggitweb.com

Dari gambar hasil ping domain di atas terlihat bahwa domain anggitweb.com sudah mengarah ke IP localhost 127.0.0.1. Ingat !!! Hasil ping domain anggitweb.com yang mengarah ke localhost tersebut hanya terjadi di komputer yang Anda gunakan, hal tersebut tidak terjadi di device lain yang tidak dilakukan modifikasi file hosts.

order-domain-setting-modifikasi-file-hosts-komputer
Gambar domain anggitweb.com yang sebenarnya belum diorder

Walaupun domain belum dibeli, untuk keperluan sekedar testing, Anda bisa melakukan modifikasi file hosts komputer untuk mengarahkan domain ke alamat IP sesuai yang Anda inginkan. Namun kami himbau Anda untuk segera order domainnya, supaya domain tersebut tidak di order lebih dulu oleh orang lain.

Untuk mengamankan domainnya, Anda dapat melakukan melakukan order domain di Rumahweb ya. Sampai disini, sudah ada gambarankan sekarang, tentang apa itu file hosts? 

Fungsi file Hosts

Ada beberapa fungsi file hosts yang perlu Anda ketahui. Berikut ini penjelasannya.

1. Berfungsi untuk testing

Sebagaimana yang telah kami singgung diatas, Tanpa perlu melakukan perubahan DNS, Anda dapat mengarahkan domain, ke server lain yang Anda miliki dengan maksud untuk memastikan kode program Anda dapat berjalan dengan baik di server yang baru. Namun perlu diingat, perubahan file hosts hanya terjadi ke komputer lokal atau device yang dilakukan setting file hosts tersebut.

2. Berfungsi untuk block IP

Anda juga dapat melakukan block suatu alamat IP melalui komputer atau perangkat Anda. Misalnya Anda ingin block Youtube. Maka di file hosts dapat Anda tuliskan dengan

127.0.0.1   youtube.com  www.youtube.com

Kami ingatkan kembali, bahwa modifikasi file hosts ini dampaknya hanya terjadi ke komputer atau device yang Anda gunakan saja. Saat Anda ingin akses YouTube normal kembali, silakan hapus informasi diatas dari file hosts. 

Cara Kerja File Hosts

Untuk memudahkan Anda dalam memahami cara kerja file hosts, berikut kami akan jelaskan melalui ilustrasi. Sebagai contoh, Kami menambahkan informasi berikut didalam file hosts yang ada di komputer.

172.67.72.221    rumahweb.com

Saat Anda ingin melakukan order domain dan hosting murah dengan berkunjung ke website Rumahweb, maka langkah awal yang Anda lakukan adalah mengetikkan alamat website rumahweb.com di bilah address bar browser. Selanjutnya yang dilakukan komputer adalah, komputer akan mencari informasi IP server alamat website yang Anda tuju, di dalam file hosts yang ada di komputer Anda.  Karena Anda sudah melakukan setting didalam file hosts bahwa IP 172.67.72.221 adalah IP website Rumahweb, maka komputer akan mengunjungi alamat server IP tersebut. Dan akhirnya tampilah halaman website Rumahweb.

Bagaimana bila komputer tidak menemukan informasi alamat website di dalam file hosts? Apabila tidak menemukannya, selanjutnya komputer akan mencari lagi informasi IPnya ke DNS (Domain Name System) yang Anda gunakan. Pelajari alur cara kerja DNS apabila Anda ingin tahu tentang apa yang terjadi dibalik layar komputer, saat Anda berkunjung ke suatu alamat website, hingga tampil halaman website yang Anda cari tersebut.

Contoh kasus

Contoh kasus lain, misal Anda memiliki beberapa server untuk domain Anda. Saat Anda ingin mencoba testing apakah program di server baru Anda dapat berjalan dengan baik, maka Anda dapat melakukan modifikasi file hosts komputer. Dengan cara ini, Anda belum perlu melakukan perubahan DNS domain, sampai server baru Anda dipastikan dapat berjalan dengan baik.

Seperti diketahui bersama, perubahan DNS ada waktu tunggu/ propagasi antara 1-24 jam. Sehingga, Anda dapat mengubah DNS domainnya, apabila sudah dipastikan program dapat berjalan dengan baik di server baru. 

Sudah ada gambaran kan sekarang, tentang apa itu file hosts? Kalau sudah, mari melanjutkan pembahasan mengenai fungsi file hosts.

Sampai disini sudah semakin paham kan ya, tentang apa itu file hosts, cara kerja, dan fungsi file hosts? Baik, bila sudah paham, mari membahas cara modifikasi file hosts. Cara modifikasi file hosts ini bisa Anda terapkan di komputer OS Windows, Ubuntu, juga Mac.

Cara Edit File Host

Berikut ini langkah-langkah untuk modifikasi file hosts.

Edit file hosts pada Windows

Di Windows, Anda dapat menemukan file hosts yang berada di drive C:\Windows\System32\drivers\etc . Untuk membuka dan edit file hosts di Windows, Anda dapat menggunakan teks editor Notepad, yang mana bawaan Windows, dengan terlebih dahulu membuka file hostsnya menggunakan hak akses administrator.

Supaya lebih jelas tentang langkah-langkahnya, Anda dapat mengikuti panduan kami tentang cara modifikasi file hosts di Windows 7, 10, dan 11.

Edit file hosts Macbook

  1. Buka terminal Mac Anda.
    Ketikkan Command + Spasi untuk membuka Spotlight. Lalu ketikkan Terminal.
  2. Setelah terminal terbuka, jalankan perintah berikut.

    sudo nano /etc/hosts

    Kemudian tekan Enter. 
  3. Selanjutnya ketikkan nama domain, dan IP yang Anda tuju.
    Sebagai contoh, saya ingin mengarahkan domain namadomain.com ke IP 222.222.222.222. Sehingga yang perlu diketikkan didalam file hosts adalah sebagai berikut.

    222.222.222.222 namadomain.com
  4. Keluar dari terminal dengan ketikkan ctrl + x
  5. Ketikkan “Y” kemudian Save.

Edit file hosts Linux

Melakukan modifikasi file hosts di Linux, caranya sangat mirip dengan modifikasi hosts di Linux. Yaitu dengan cara menggunakan perintah.

sudo nano /etc/hosts

Supaya lebih jelas tentang langkah-langkah modifikasi file hosts di Linux, maka Anda dapat mengikuti panduan kami.

Kesimpulan

Sekarang, Anda pasti sudah paham tentang apa itu file hosts, pengertian, fungsi, dan cara editnya. Cara diatas dapat Anda terapkan dan lakukan sesuai kebutuhan. Pastikan Anda tidak lupa dengan setting yang Anda lakukan.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Promo Hosting Murah Rumahweb

Anggit TS

Selamat membaca, Semoga tulisan saya bermanfaat.
Bila ada salah kata, mohon maaf.

"tak ada gading yang tak retak, maafkan kesalahan keluarga Gajah". :D