Rumahweb Journal
Banner - Apa itu Log dan Setting Rotasi Log di VPS cPanel

Apa itu Log dan Setting Rotasi Log di VPS cPanel

Salah satu metode untuk melakukan pengecekan kendala pada Linux adalah dengan cara membaca file log. Namun apa itu file Log dan bagaimana cara melihatnya? Pada panduan ini kami akan membahas tentang file Log, cara melihat filenya hingga melakukan setting rotasi log di VPS.

Apa itu Log

Log adalah catatan dalam bentuk file yang berisi rekaman aktifitas dari sebuah aplikasi. Catatan ini dapat berupa pesan peringatan, pesan kesalahan atau pesan lainnya. Salah satu contoh file log yang sering ditemui adalah file “error_log”. File “error_log” ini bisa anda temukan pada directory file website yang Anda buat.

Contohnya jika domain utama di cPanel mengalami error, maka anda bisa login ke cPanel > File manager > public_html untuk membaca log files. Namun sebagai informasi, pada tulisan ini bukan file “error_log” tersebut yang dimaksudkan. Karena file “error_log” tersebut, tidak termasuk jenis file log yang terkena rotasi.

Karena terus-menerus melakukan pencatatan, maka penting untuk dilakukan rotasi. Hal ini bertujuan agar file/berkas log tidak menyebabkan media penyimpanan menjadi penuh. Rotasi dilakukan dengan cara memampatkan (compress) dan meng-archive file log.

Informasi lengkap mengenai apa saja file log yang ada di WHM dan cPanel, dapat dipelajari detailnya di halaman berikut.

Setting Rotasi Log di cPanel

cPanel menggunakan daemon “cpanellogd” untuk melakukan rotasi file log yang berhubungan spesifik dengan layanan WHM dan cPanel. Dimana lokasi dari file log berada pada folder “/usr/local/cpanel/logs”.

File log yang sudah dilakukan rotasi, akan disimpan pada folder “/usr/local/cpanel/logs/archive/”. Pengaturan log apa saja yang ingin diaktifkan, dapat diatur pada menu “Home >> Service Configuration >> cPanel Log Rotation Configuration” yang ada pada WHM.

cpanel log rotation

Untuk mengaktifkan log dan merotasi log, dapat dilakukan dengan mencentang kolom yang berada di sebelah kiri dari nama file log. Klik “Save” untuk menyimpan pilihan.

Selain log yang berhubungan dengan layanan WHM dan cPanel, juga terdapat log yang spesifik dengan layanan Apache (web server). Dimana untuk pengaturannya, dapat diakses pada menu “Home >> Service Configuration >> Apache Configuration >> Log Rotation” yang ada di WHM.

Log rotation

File log yang ada pada folder “/etc/apache2/logs” akan dirotasi. File log hasil rotasi akan dimampatkan dan di-archive pada folder “/etc/apache2/logs/archive/”. Seperti log layanan WHM dan cPanel, untuk memilih dan merotasi log, dapat dilakukan dengan mencentang kolom yang ada pada sebelah kiri masing-masing file log. Klik “Save” untuk menyimpan.

Rotasi file log, dilakukan berdasarkan ukuran file. File log akan di-rotasi setelah mencapai ukuran tertentu. Ukuran ini dapat diatur pada “Tweak Settings” WHM. Tepatnya pada menu “WHM >> Home >> Server Configuration >> Tweak Settings” di bagian “Stats and Logs”.

Stats and Logs

Pada screenshot di atas, file log akan di-rotasi saat sudah mencapai 50MB. Seting default dari cPanel sendiri, akan melakukan rotasi jika file log mencapai 300MB. Setelah menyesuaikan seting sesuai ukuran yang diinginkan, klik “Save” untuk menyimpan.

Proses pengecekan apakah sebuah file log sudah harus dirotasi atau tidak, berjalan tiap hari. Proses ini dilakukan oleh cron yang berjalan harian.

Demikian panduan untuk seting log dan rotasi log. Selamat mencoba.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

Dodong Priyambodo

Penggemar Ubuntu.