Rumahweb Journal
Banner - Cara Reset DNS Records di cPanel

Cara Reset DNS Records di cPanel

Di panduan kali ini, kami akan berbagi cara reset DNS record di cPanel. Panduan ini bisa Anda ikuti, apabila ingin mengembalikan record DNS seperti default dari cPanel.

Sebelum kami membahas cara reset DNS, terlebih dahulu kami akan mengenalkan fitur management DNS di cPanel. Berikut informasinya.

Fitur Management DNS cPanel

Sejak cPanel versi 70 dirilis, ada beberapa perubahan yang dilakukan terutama pada fitur DNS management. Pada versi sebelumnya, tersedia 3 fitur manage DNS yakni Advance, Simple dan Zone Editor. Namun di versi 70, dua fitur dns management dihilangkan hingga menyisakan hanya Zone Editor. Karenanya jika Anda menggunakan versi cPanel diatas 70, maka anda bisa mengelola DNS pada domain melalui fitur Zone editor di cPanel.

Fitur Zone editor tidak hanya bisa anda manfaatkan untuk membuat, menghapus atau mengedit DNS record, namun juga bisa Anda manfaatkan untuk reset DNS. Reset DNS artinya mengembalikan semua record DNS, seperti default cPanel.

Bagi Anda yang ingin melakukan reset DNS, kami sarankan untuk mencatat atau mendokumentasikan settingan DNS saat ini. Agar apabila ada setting custome DNS yang telah dibuat sebelumnya, Anda masih bisa melihat dokumentasi untuk membuat ulang record DNS yang dibutuhkan.

Cara Reset DNS di cPanel

Seperti yang telah kami sampaikan sebelumnya, reset DNS adalah proses mengembalikan DNS record yang ada di cPanel kembali ke default-nya. Biasanya, reset DNS ini dibutuhkan apabila record DNS di cPanel anda tidak terbaca, atau bahkan ingin melakukan update IP disisi server.

Apabila sudah yakin untuk mereset DNS, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Login ke cPanel hosting Anda.
  2. Setelah berada pada halaman cpanel, masuk ke menu Zone Editor yang ada di kolom domain
Zone Editor
  1. Akan muncul list domain di akun hosting, klik tombol Manage di samping nama domain yang ingin reset DNS nya.
Manage DNS
  1. Setelah berada di halaman manage DNS, Klik pada tombol action, lalu pilih Reset DNS Zone.
  1. Selanjutnya, lakukan konfirmasi dengan memilih tombol Continue.
konfirmasi-reset-dns cpanel

Tunggu sampai proses selesai, maka records DNS akan kembali menjadi setelan awal cPanel.

Kesimpulan

Reset DNS artinya mengembalikan record DNS seperti default pada cPanel. Perubahan atau penambahan record DNS yang anda buat sebelumnya di zone editor, berpotensi terhapus atau kembali ke default config. Karenanya kami sarankan sebelum melakukan reset, lakukan backup terlebih dahulu.

Backup dapat Anda lakukan dengan cara membuat catatan atau dokumentasi settingan DNS yang digunakan saat ini. Backup ini bertujuan agar apabila ada custome DNS yang masih Anda butuhkan di waktu mendatang, maka Anda masih bisa melihat dokumentasi untuk membuat ulang record DNS melalui cPanel.

Sebagai tambahan informasi, setiap perubahan DNS baik membuat baru, edit maupun reset DNS akan membutuhkan proses propagasi DNS.

Demikian panduan reset DNS record di cPanel, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Domain .COM 100rb

Bayo AM