Tutorial Web Hosting

Tutorial dan userguide layanan web hosting Rumahweb

Panduan Setting Thunderbird Mail Client

Selain Outlook Express, ada salah satu software untuk membaca dan mengirim email yang free dan mudah digunakan serta dilengkapi dengan fitur-fitur yang lebih bagus. Nama software tersebut adalah Mozilla Thunderbird, atau singkatnya disebut sebagai Thunderbird. Sesuai namanya, Thunderbird ini memang dibuat oleh Mozilla, pembuat browser Firefox.

Keuntungan menggunakan Thunderbird antara lain adalah kemudahan mengelola beberapa account email sekaligus, keamanan yang lebih bagus, file inbox bisa dipindah-pindah antar komputer, mudah dalam penggunaan, update otomatis dan spam filter yang cukup bagus.

Setelah Thunderbird diinstal di komputer Anda, begitu dibuka akan langsung muncul dialog seting email. Berikut ini langkah-langkah seting Thunderbird untuk membaca dan mengirimkan email.

  1. Ketika Anda membuka Thunderbird untuk pertama kali, akan langsung muncul tampilan sebagai berikut.
    thunderbird-3215
    Karena kita akan menyeting Thunderbird untuk membaca dan mengirim email, maka pilih Email Accounts lalu klik Next.
  2. Akan muncul kotak dialog baru yang meminta kita memasukkan nama dan email.
    thunderbird-3233
    Nama ini nanti akan tampil sebagai nama pengirim email yang dikirimkan. Jika sudah mengisi nama dan alamat email, klik Next.
  3. Selanjutnya akan muncul tampilan seting incoming (POP/IMAP) dan outgoing server (SMTP). Pilih POP dan masukkan nama domain sebagai incoming maupun outgoing server.
    thunderbird-3251
    Pastikan nama domain yang diisikan sudah betul, penulisan tidak disertai dengan http:// maupun www, jadi hanya nama domain saja, misalnya tokopesawat.com (sesuai nama domain Anda). Klik Next.
  4. Langkah berikutnya adalah mengisi alamat email dengan lengkap, termasuk nama domain.
    thunderbird-3308
  5. Pada Account Name, Anda bebas mengisikan nama untuk account ini. Penamaan ini sangat bermanfaat ketika kita menggunakan beberapa email sekaligus di Thunderbird. Misalnya email untuk pekerjaan, email untuk Facebook, email untuk mailing list dan lain-lain.
    thunderbird-3329
    Setelah memberi nama pada account ini, klik Next.
  6. Proses seting Thunderbird telah selesai. Akan muncul detail seting yang telah Anda masukkan.
    thunderbird-3334
    Jika belum yakin dengan seting yang ada, Anda bisa mengeditnya dengan mengeklik tombol Back agar kembali ke halaman pengaturan-pengaturan sebelumnya. Pilihan Download message now boleh tidak dipilih jika Anda belum ingin membaca email.Jika sudah yakin dengan setingnya, klik Finish.
  7. Jika pilihan Download message now dipilih (dicontreng) maka Thunderbird akan langsung mendownload email dari server, dan muncul dialog yang meminta password email.
    thunderbird-3356
    Jika Anda ingin Thunderbird mengingat password sehingga tidak muncul dialog permintaan password, cukup klik pada pilihan Use Password Manager to remember this password. Tetapi jika Anda lebih suka untuk mengetik password setiap memeriksa email, jangan contreng pilihan tersebut.

Simak juga ulasan mengenai beberapa pilihan e-Mail client yang lain.

Artikel Terkait:

  1. Panduan Setting Mail pada Mac
  2. E-Mail Client
  3. Panduan Setting Windows Mail
  4. Panduan Seting Outlook Express
  5. Panduan Setting Microsoft Outlook
  6. Mengakses e-mail Menggunakan Webmail
  7. Setting Email di Blackberry
  8. Outlook: Tidak Bisa menerima e-mail
  9. Membuat E-mail Account di cPanel
  10. E-Mail Aktivasi Hosting

Leave a Reply

Security Code: