Rumahweb Journal
Banner - Apa itu Whois adalah

Apa itu WHOIS dan Cara Mengubah Data WHOIS Pada Domain

Whois adalah fitur yang dapat digunakan untuk mencari informasi kepemilikan domain di internet. Pada panduan ini, kami akan berbagi informasi tentang apa itu whois dan cara mengubah datanya whois pada domain di Rumahweb.

Apa itu Whois?

Whois adalah protokol internet yang digunakan untuk mencari informasi tentang suatu domain. Informasi Whois termasuk nama domain, nama server, tanggal pembuatan, tanggal kedaluwarsa, informasi registrasi pemilik domain, informasi kontak teknis, informasi kontak administratif, dan informasi kontak keamanan.

Whois juga dapat digunakan untuk mengecek ketersediaan domain, mengonfirmasi kepemilikan domain, dan mengidentifikasi informasi kontak terkait suatu domain. Whois biasanya digunakan oleh perusahaan hosting atau penyedia domain, serta oleh individu yang ingin membeli atau memeriksa informasi tentang domain tertentu.

Namun sejak berlakunya undang-undang GDPR, provider domain diwajibkan untuk melindungi informasi data kepemilikan domain dari query whois. Sehingga informasi pemilik domain tidak ditampilkan secara langsung pada whois dan fitur perlindungan ini dinamakan whois protection.

Apa itu Whois Protection?

Whois protection (atau juga dikenal dengan Whois Privacy atau Privacy Protection) adalah dari penyedia layanan domain untuk menyembunyikan informasi kontak pribadi pemilik domain dari publikasi di database Whois.

Database Whois adalah database publik yang berisi informasi tentang pemilik domain, termasuk nama, alamat, nomor telepon, dan alamat email. Informasi ini harus disediakan oleh pemilik domain kepada registrar domain saat mendaftarkan nama domain.

Namun, dengan whois protection, informasi pribadi pemilik domain akan digantikan dengan informasi kontak anonim atau “privacy protection” sehingga informasi pribadi tidak akan terlihat oleh publik. Layanan ini menambahkan lapisan privasi bagi pemilik domain dan mengurangi jumlah spam atau upaya penipuan yang dapat dikirim ke informasi kontak publik.

Cara Mengubah Data Whois di Clientzone

Untuk saat ini, semua domain yang aktif di Rumahweb akan secara otomatis mendapatkan whois protection. Sehingga Anda tidak perlu khawatir, data pribadi Anda selaku pemilik domain dapat diintip pada query whois.

Namun ada kalanya sebagai seorang ‘developer’, Anda perlu mengganti informasi whois kepemilikan domain. Entah karena direquest oleh pemilik aslinya atau alasan tertentu.

Di Rumahweb, Anda dapat mengubah data whois domain melalui halaman Clientzone. Pada panduan ini, kami akan menjelaskan step by step mengubah data whois di Rumahweb.

  1. Silahkan login ke halaman Clientzone.
  2. Klik menu Domain seperti pada gambar.
Clientzone Rumahweb
  1. Setelah itu, silahkan klik tombol “Manage” seperti gambar dibawah untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.
  1. Pada halaman Manage, silahkan klik menu Contact Management.
menu Contact Management untuk mengubah contact informasi Whois domain
  1. Di menu Contact Management , Anda dapat mengatur masing-masing kontak yang diperlukan untuk mengelola layanannya.
menu Contact Management Rumahweb berdasarkan department


Bagaimana, mudah bukan untuk mengubah data whois di Rumahweb?

Demikian artikel kami tentang apa itu whois dan cara mengubah datanya melalui halaman Clientzone Rumahweb. Semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4.4 / 5. Vote count: 20

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

SSL Murah

Lutfi Hanif

I am an SEO enthusiast, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for both Journal and Rumahweb Blog.

banner Pop Up - Hosting 99K