Rumahweb Journal
CustomDomainBigCartel

Cara Custom Domain di BigCartel

BigCartel adalah salah satu web builder yang bisa digunakan untuk membuat situs web jualan online. Pada panduan ini, kami akan berbagi cara custom domain di BigCartel melalui Rumahweb.

Platform ini bisa membantu Anda untuk berjualan online secara gratis ataupun berbayar. Secara spesifik, BigCartel digunakan bagi pegiat industri kreatif seni untuk menjual hasil karya mereka seperti desain baju, kaos, sepatu lukis, tas lukis dan barang kreatif lainnya.

Salah satu fitur yang bisa Anda gunakan di BigCartel adalah custom domain, yaitu mengubah link URL website yang Anda buat menjadi nama domain sendiri. Karenanya pada panduan ini, kami akan berbagi informasi secara lengkap tentang apa itu BigCartel dan bagaimana cara custom domain ke BigCartel. Simak artikel ini sampai akhir.

Apa itu BigCartel?

BigCartel adalah platform online yang menyediakan tools bagi pegiat industri kreatif untuk membuat situs web profesional, mempromosikan hasil karya mereka, dan menjual hasil karya ke pelanggan melalui web tersebut.

Biaya premium pada BigCartel sudah termasuk membuat website toko, fitur untuk pembuatan laporan dan integrasi dengan jejaring sosial dan layanan, termasuk Twitter, Facebook, Instagram. Terdapat fitur Google Analytic, fitur promo, 5 foto produk dalam 1 etalase, dan dapat mengedit kode pada tema yang digunakan.

Pengguna BigCartel dapat menciptakan aliran pendapatan berkelanjutan melalui situs web mereka, termasuk menjual barang atau karya kreatif mereka.

Promo Hosting Murah Rumahweb

Custom Domain BigCartel

Salah satu fitur BigCartel adalah custom domain. Custom domain memungkinkan website Anda untuk bisa diakses dengan nama domain Anda sendiri. Berikut step by step custom domain di BigCartel.

Step 1. Add Domain di BigCartel

  1. Silahkan login ke BigCartel.
  2. Setelah login, klik menu Account. Klik Add a Custom Domain.
  3. Scroll ke bawah pilih “I already own a domain” lalu klik “Add Domain” lalu klik “Done”.
custom domain di bigcartel
  1. Isilah kolom Custom Domain dengan nama domain Anda. Contoh www.pengagum-alam.com.
Custom-domain-bigcartel
  1. Lalu copy setting CNAME yang dikehendaki oleh BigCartel tersebut.

Step 2. Mengarahkan CNAME domain.

Setting DNS dapat dilakukan melalui control panel hosting maupun melalui clientzone bagi Anda yang memesan domain saja tanpa hosting. Silahkan pilih salah satu diantara opsi berikut.

Opsi 1. Melalui cPanel

Opsi ini bisa Anda pilih, jika Anda memesan domain sekaligus salah satu diantara layanan shared hosting, cloud hosting maupun unlimited hosting.

Setting dapat dilakukan melalui cPanel, pada menu Zone Editor. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Login ke cPanel hosting Anda.
  2. Pilih menu Zone Editor, Klik tombol Manage pada domain yang akan di setting. Setelah itu klik tombol Edit pada record www domain Anda seperti gambar berikut.
ZoneEditorCPanel
  1. Ubah cName subdomain www untuk diarahkan ke cName record yang Anda dapatkan di BigCartel (pada step 1).
ZoneEditorCpanel2
  1. Setelah record DNS di edit, silahkan tunggu propagasi DNS dengan estimasi 1×24 jam. Setelah itu, kembali ke halaman BigCartel, lalu Klik “Save”.
SaveBigCartel
  1. Lalu akan muncul tampilan berhasil. Jangan khawatir Jika saat pertama akses website domainnya Not Secure, karena SSL pada custom domain akan terbit beberapa jam setelah proses Custom Domain berhasil.
BigCartel berhasil

6. Setelah melakukan custom domain, langkah selanjutnya melakukan setting redirect domain utama ke www melalui menu Redirect cPanel. Hal ini bertujuan, agar ketika domain utama diakses, akan diarahkan secara otomatis ke www yang telah mengarah ke BigCartel. Setting redirect seperti berikut ini :

redirectcpanel

7. Klik Add pada Redirect cPanel.

Sampai step ini, proses custom domain BigCartel sudah selesai.

Opsi 2. Melalui Plesk

Opsi ini bisa Anda pilih, jika Anda memesan domain sekaligus salah satu diantara layanan wordpress hosting.

Setting dapat dilakukan melalui Plesk, pada menu DNS Setting. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Login ke Plesk hosting Anda.
  2. Pilih menu DNS Setting, Klik nama subdomain yang akan di setting CName nya. Setelah itu klik OK seperti gambar berikut.
pleskbigcartel

3. Setelah itu, silahkan klik tombol “Update” pada DNS setting.

DNSSetting Plesk

4. Setelah record DNS di edit, silahkan tunggu propagasi DNS dengan estimasi 1×24 jam. Setelah itu, kembali ke halaman BigCartel, lalu Klik “Save”.

SaveBigCartel

5. Lalu akan muncul tampilan berhasil. Jangan khawatir Jika saat pertama akses website domainnya Not Secure, karena SSL pada custom domain akan terbit beberapa jam setelah proses Custom Domain berhasil.

BigCartel berhasil

Sampai tahap ini, proses custom domain telah selesai.

6. Setelah melakukan Custom domain, lalu setting redirect domain utama ke subdomain www melalui file htaccess domain nya. berikut link panduan redirect pada plesk : Panduan Redirect www pada Plesk

Setelah melakukan Redirect domain utama ke www. Maka proses custom domain BigCartel sudah selesai.

Opsi 3. Melalui Clientzone

Opsi ini bisa Anda pilih, jika anda memesan domain saja tanpa hosting di Rumahweb. Setting DNS dapt dilakukan melalui ClientZone pada menu DNS management. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Silahkan login ke account ClientZone Rumahweb Anda.
  2. Setelah login silahkan klik menu Domain > Manage > klik menu DNS Management.
ClientZone Rumahweb
  1. Klik Tombol “Aktifkan” lalu Klik “Update” dan Klik “Add New Record”.
updateDNSmanagement
  1. Isi kolom domain dengan www, lalu pada record type pilih CNAME dan tambahkan Destination CName sesuai yang Anda dapatkan pada BigCartel (step 1). Setelah itu klik Add Record.
DNSManagement
SaveDNS management
  1. Setelah itu kembali ke halaman domain, lalu pilih menu Domain Forwarding.
DomainForwarding1
  1. Klik “Activate Domain Forwarding”. Isi destination Domain forwarding ke alamat subdomain www. Hal ini dilakukan supaya domain utama juga mengarah ke subdomain www yang mengarah BigCartel. Lalu Klik “Save Change”.
DomainForwarding2
  1. Tunggu waktu propagasi DNS dengan estimasi 1×24 jam. Setelah itu, kembali ke halaman BigCartel, lalu Klik “Save”.
SaveBigCartel
  1. Lalu akan muncul tampilan berhasil. Jangan khawatir Jika saat pertama akses website domainnya Not Secure, karena SSL pada custom domain akan terbit beberapa jam setelah proses Custom Domain berhasil.
BigCartel Berhasil

Sampai tahap ini, custom domain ke BigCartel dari Clientzone telah selesai.

Bagi Anda yang ingin dibantu buatkan website profesional untuk kebutuhan company profile, store profile hingga personal profile, percayakan kepada Rumahweb. Kunjungi halaman jasa pembuatan website, untuk informasi lebih lanjut.

Demikian artikel cara custom domain di BigCartel, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Muhamad Iqbal Ari Pratama

banner Pop Up - Hosting 99K