Rumahweb Journal
Banner - Website Bisa Tampil, Tapi Gambar Tidak Tampil

Website Bisa Tampil, Tapi Gambar Tidak Tampil

Setelah anda mengupload file website ke hosting atau server, kemudian Anda mencoba membukanya di web browser. Semuanya tampil dengan baik kecuali gambar, hanya muncul kotak kosong tempat di mana seharusnya gambar tersebut berada. Lalu, apa penyebab website bisa tampil tapi gambar tidak tampil?

Mari kita analisa penyebab tidak munculnya gambar pada website, padahal Anda yakin sudah menguploadnya ke server website Anda. Berikut beberapa kemungkinannya:

1. Cek Nama File

Kemungkinan pertama adalah penamaan pada file gambar. Saat ini semua server Rumahweb menggunakan sistem operasi Linux yang mengaktifkan case sensitif. Sehingga penulisan huruf besar dan huruf kecil pada nama file akan sangat berpengaruh.

Contohnya, anda memiliki file foto dengan nama logo.jpg. Ketika Anda memanggil image tersebut dengan nama Logo.jpg atau logo.JPG maka file tidak akan terpanggil karena case sensitif. Sehingga pastikan penamaan file gambar dan pemanggilannya benar.

Hal ini berbeda dengan sistem operasi Windows yang tidak menggunakan case sensitif. Sehingga penulisan huruf besar dan kecil akan dianggap sama.

2. Cek Direktori Gambar

Periksa kembali lokasi penyimpanan gambar. Pastikan file gambar tersimpan di folder/direktori yang sama dengan yang tercantum di script HTML/PHP.

3. Permission File

Pastikan file gambar tersebut memiliki permission 644 dan folder tempat gambar tersebut berada mempunyai permission 755. Juga coba buka gambar tersebut langsung di browser dan pastikan gambar terbuka dengan baik.

4. Gambar Menggunakan Script PHP

Jika file gambar yang Anda gunakan menggunakan script PHP untuk menampilkannya, silahkan Anda periksa kembali script PHP tersebut. Apabila pemanggilan file gambar menggunakan fungsi readfile() yang statusnya di disable dari sisi server untuk alasan keamanan, maka silahkan ubah functionnya menjadi echo file_get_contents() yang relatif lebih aman.

Baca juga artikel : Website Tidak Bisa Diakses : Kenapa dan Bagaimana Mengatasinya

Demikian beberapa kemungkinan problem solving untuk menganalisa gambar tidak tampil pada website. Semoga dengan beberapa langkah diatas, gambar website anda bisa diakses kembali dengan baik.

Apabila anda masih temui kendala atau kurang mengerti hal-hal teknis, jangan sungkan untuk menghubungi support teknis Rumahweb agar dibantu untuk menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi. Semoga artikel ini bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Luthfi Hanif

Tukang komputer