Rumahweb Journal
Banner - Two Factor Authentication adalah

Two Factor Authentication: Definisi hingga Setting di cPanel

Two factor authentication (2FA) atau dalam bahasa Indonesia adalah dua faktor autentikasi merupakan metode keamanan yang digunakan untuk memastikan bahwa pengguna yang mencoba login ke suatu akun adalah benar-benar pemilik akun tersebut.

Pada panduan ini, kami akan menjelaskan secara detail tentang apa itu Two factor authentication beserta cara disable atau enable 2FA di cPanel. Berikut informasi selengkapnya.

Apa itu Two Factor Authentication

Two factor authentication adalah metode untuk meningkatkan keamanan dengan cara menambahkan kode verifikasi setelah login. Untuk generate kode verifikasi login tersebut, Anda bisa menggunakan aplikasi seperti Authy hingga Google authenticator yang dapat Anda download melalui smartphone.

Metode autentikasi ini melibatkan dua langkah verifikasi. Pertama, pengguna akan diminta untuk memasukkan username dan password seperti biasa. Kemudian, pengguna akan diminta untuk memberikan bukti tambahan berupa kode verifikasi yang dikirim melalui pesan teks, panggilan suara, atau menggunakan aplikasi autentikasi.

Dengan menggunakan metode 2FA, risiko pembobolan akun (hacking) hingga bruthforce attack dapat dikurangi. Walupun password telah dicuri atau bocor, setidaknya hacker tidak bisa mengakses akun Anda dapat kode verifikasi.

Selanjutnya, kami akan membahas tetang cara mengaktifkan fitur 2FA ini di cPanel. Tidak hanya di cPanel, kami juga akan membahas tentang cara mengaktifkan fitur ini di WHM yang merupakan Web Host Manager untuk mengelola akun cPanel.

Catatan:

Bagi Anda pengguna layanan shared hosting di Rumahweb, langsung ikuti step Setting Two Factor Authentication di cPanel.

Mengaktifkan 2FA di WHM

Panduan ini dapat diikuti, jika Anda pengguna layanan VPS cPanel. Anda dapat melakukan setting Two factor authentication di WHM melalui langkah berikut:

  1. Login ke WHM VPS Anda.
  2. Setelah itu masuk ke menu Home >> Security >> Two-Factor Authentication. Pastikan bahwa fitur 2FA telah di enable seperti pada gambar berikut.
enable 2fa WHM

  1. Untuk menambahkan fitur ini di akun cPanel, Anda bisa masuk ke menu Packages >> Feature Manager dan pastikan fitur Two-Factor Authentication telah diaktifkan seperti gambar berikut.
enable feature two factor authentication whm
  1. Untuk memastikannya, Anda bisa login ke salah satu account cPanel. Pada kolom Security, Anda akan mendapatkan menu yaitu Two-Factor Authentication.
fitur two factor authentication login

Sampai langkah ini user cPanel sudah bisa mengaktifkan Two Factor Authentication untuk proses login cPanel. Lalu bagaimana cara user cPanel mengaktifkan fitur ini?

Setting Two Factor Authentication di cPanel

Bagi Anda pengguna layanan hosting cPanel di Rumahweb, Anda bisa langsung mengikuti step ini untuk setting 2FA di cPanel.

Setidaknya ada 2 langkah yang perlu Anda lakukan, untuk mengaktifkan fitur two step verification login ke cPanel. Berikut langkah-langkahnya.

Step 1. Install Aplikasi Authenticator

Pastikan Anda telah menginstall aplikasi seperti Authy atau Google Authenticator di smartphone Anda. Jika belum, silahkan pelajari panduan berikut: Apa itu Google Authenticator dan Cara Menggunakannya

Step 2. Setting Two Factor Authentication di cPanel

Pada panduan berikut, kami akan mendemokan setting 2FA di cPanel dengan aplikasi Google Authenticator. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Login ke cPanel hosting Anda.
  2. Klik menu Two-Factor Authentication, setelah itu akan muncul barcode yang harus di scan melalui aplikasi Google authenticator
scan two factor authentication code
  1. Setelah scan barcode pada langkah kedua, masukkan 6 digit angka yang muncul di smartphone. Misalnya seperti gambar berikut.
code 2fa
  1. Logout dari cPanel dan login kembali apakah fitur tersebut sudah bekerja dengan baik atau tidak. Apabila setelah mengisikan username dan password muncul form verifikasi kode seperti screenshoot, artinya fitur Two-Factor Authentication sudah berjalan. Silahkan memastikan berhasil login dengan memasukkan kode dari Google Authenticator
tampilan two factor authentication cpanel


Sampai step ini, cara mengaktifkan fitur Two-Factor Authentication pada user cPanel telah selesai.

Namun, bagaimana bila smartphone kami hilang? Bagaimana bisa kami login ke cPanel kami? Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah disable fitur Two-Factor Authentication.

Lalu bagaimana caranya? Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Disable Two-Factor Authentication cPanel

Ada setidaknya tiga kemungkinan ketika Anda kehilangan smartphone lalu gagal login ke WHM untuk mendisable fitur 2fa ini. Skenario pertama, Anda mengaktifkan fitur 2FA juga untuk login ke WHM, sehingga Anda harus mendisable fitur ini melalui SSH.

Skenario kedua, Anda hanya mengaktifkan 2FA di cPanel account namun masih bisa mengakses ke WHM. Maka Anda bisa mendisable 2FA ini melalui halaman WHM.

Atau skenario ketiga, Anda adalah pengguna layanan shared hosting di Rumahweb. Maka untuk disable 2FA ini, Anda bisa membuat tiket ke department technical support Rumahweb, untuk dapat dibantu disable fitur 2FA di layanan hosting Anda.

Bagi Anda pengguna layanan VPS dengan lisensi cPanel, Anda bisa mengikuti 2 opsi berikut.

Opsi 1. Disable 2FA melalui SSH

Disable two factor authentication melalui SSH atau command line sebagai berikut.

  1. Login ke SSH VPS Anda melalui aplikasi putty atau terminal.
  2. Gunakan perintah berikut:
whmapi1 twofactorauth_disable_policy

Opsi 2. Disable 2FA melalui WHM

  1. Silahkan login ke WHM VPS Anda.
  2. Kemudian masuk ke menu Home >> Security >> Two-Factor Authentication dan pilih tab Manage Users.
manage user auth cpanel
  1. Pilih User dan klik tulisan disable.
disable two factor authentication cpanel

Sampai disini sudah selesai proses disable Two-Factor Authentication pada User cPanel.

Demikian artikel kami tentang apa itu Two Factor Authentication hingga cara settingnya di cPanel. Semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

SSL Murah

Lutfi Hanif

I am an SEO enthusiast, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for both Journal and Rumahweb Blog.