Rumahweb Journal
Banner - Cara Mengganti Bahasa di CMS SLiMS

Cara Mengganti Bahasa di CMS SLiMS 9

SLiMS adalah salah satu CMS yang bisa Anda gunakan untuk membuat website perpustakaan secara instan. Dengan CMS SLiMS, semua kebutuhan system perpustakaan bisa terpenuhi. Tidak hanya itu, CMS SLiMS juga tersedia dalam berbagai bahasa. Karenanya pada panduan ini, kami akan berbagi cara mengganti bahasa di CMS SLiMS menjadi bahasa Indonesia.

Bagi Anda yang telah memiliki layanan domain hosting dan ingin menginstall CMS SLiMS, instalasi bisa dilakukan secara instan melalui fitur Softaculous di cPanel.

Setelah instalasi berhasil, selanjutnya Anda bisa mengatur bahasa di CMS SLiMS melalui halaman admin. Sebelum kami bahas cara mengganti bahasa di SLiMS, terlebih dahulu kami akan membahas fitur bahasa yang bisa Anda pilih.

Fitur Bahasa di CMS SLiMS

SLiMS adalah singkatan dari Senayan Library Management System, merupakan salah satu content management system yang bisa digunakan untuk membuat website perpustakaan secara instan.

Salah satu fitur menarik dari CMS SLiMS adalah tersedianya 14 bahasa yang dapat Anda pilih. Pemilihan bahasa tidak hanya bisa dilakukan pada halaman admin, tetapi juga bisa dilakukan pada halaman interface utamanya. Dengan fitur ini, pengunjung dapat mengubah bahasa di website sesuai negaranya masing-masing.

Adapun bahasa-bahasa yang secara baku tersedia adalah Bahasa Arab, Bahasa Bengali, Bahasa Portugis Brasil, Bahasa Inggris, Bahasa Spanyol, Bahasa Jerman, Bahasa Indonesia, Bahasa Jepang, Bahasa Thailand, Bahasa Melayu, Bahasa Parsi, Bahasa Rusia, Bahasa Turki, dan Bahasa Urdu.

fitur bahasa di CMS SLiMS

Cara Mengganti Bahasa di SLiMS

Secara default, CMS SLiMS menggunakan bahasa Inggris. Bagi Anda yang tidak terbiasa dengan bahasa Inggris, Anda bisa mengubah bahasa di CMS SLiMS dengan sangat mudah melalui halaman administrator.

Pada panduan ini, kami menggunakan SLiMS versi 9 yang merupakan versi terbaru. Berikut cara mengubah bahasa di CMS SLiMS menjadi bahasa Indonesia.

  1. Login ke halaman administrator SLiMS dengan mengakses URL https://namadomainanda/admin.
Login admin SLiMS
  1. Setelah login akan tampil seperti screenshoot dibawah ini, dan pilih menu “System“.
Pilih menu System
  1. Pilih menu “System Configuration”.
cara mengganti bahasa di CMS SLiMS
  1. Kemudian pilih bahasa yang diinginkan pada kotak DEFAULT App. Language (dibaris ke lima).
pilih opsi Bahasa Indonesia
  1. Scroll ke bagian paling bawah dan klik “Save Settings”.
cara mengubah bahasa di CMS SLiMS - simpan

Sampai tahap ini, CMS SLiMS Anda akan berubah ke bahasa Indonesia. Semoga dengan ini, Anda semakin mudah dalam mengelola CMS SLiMS melalui halaman admin.

Demikian artikel cara mengganti bahasa di CMS SLiMS 9. Semoga artikel ini dapat membantu Anda.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Murah Indonesia

Denny Oktafianto