Rumahweb's News, Article, and Tutorial of Web Development

Setting MX Record Webmail di DNS WIX

Wix adalah layanan website builder yang cukup populer dan dipergunakan oleh banyak penggunanya untuk membangun sebuah website. Antar muka dan pengoperasian yang mudah menjadi nilai jual utama kenapa website builder Wix dipakai oleh banyak pengguna. Karena kemudahan yang ditawarkan, banyak pengguna awam yang akhirnya memilih Wix untuk membuat website impian mereka.

Di samping kemudahan yang ditawarkan, sampai saat ini Wix belum menawarkan layanan email, sehingga penggunanya harus membeli layanan email terpisah supaya bisa membuat email dengan nama domain sendiri.

Salah satu layanan email yang paling banyak digunakan oleh pengguna Wix untuk membuat email domain adalah webmail, yaitu layanan email bawaan dari hosting cpanel atau plesk panel. Apabila Anda memiliki layanan hosting di Rumahweb yang khusus ditujukan untuk email, sedangkan websitenya mempergunakan website builder Wix, maka Anda harus melakukan konfigurasi DNS supaya email domain yang Anda buat di cPanel berfungsi dengan baik.

Secara default DNS WIX sudah mengaktifkan MX record mail.namadomain.com. Oleh karenanya Anda hanya tinggal menambahkan A record mail, yang diarahkan ke IP address cPanel hosting. Berikut langkah-langkah untuk Setting MX Record Webmail di DNS layanan WIX :

  1. Login ke cPanel hosting milik Anda, kemudian catat IP address cpanel hosting, yang bisa Anda lihat di menu Shared IP Address. Catat IP address tersebut.

2. Login ke akun Wix milik Anda.

3. Masuk ke domain yang dituju, kemudian klik menu Select & Edit Website.

4. Masuk ke menu Settings -> Overview

5. Masuk ke menu Domain -> Manage

6. Klik tombol Settings (…) kemudian klik menu Manage DNS Records.

7. Pada bagian A (Host), klik menu +Add Record.

8. Masukkan record berikut:
– Hostname: mail
– Value: IP address yang Anda catat di langkah No.1
– klik tombol Save

9. Akan muncul jendela konfirmasi, klik Save Changes.

10. Setting berhasil, dengan muncul keterangan “A dns record was successfully aded“.

11. Tunggu propagasi DNS bekerja sekitar 1-24 jam ke depan.

Demikain panduan untuk setting MX Record Webmail di DNS WIX. Apabila mengalami kesulitan dan membutuhkan bantuan lebih lanjut, silahkan menghubungi tim Technical Support Rumahweb.

Tinggalkan Komentar

Alwan Rosyidi

Blog Competition