Rumahweb's News, Article, and Tutorial of Web Development
Instalasi wordpress manual og

Setting Force HTTPS Pada WordPress

WordPress merupakan salah satu CMS paling populer hingga saat ini. Selain mudah untuk digunakan, WordPress juga memiliki keamanan yang cukup baik. Untuk meningkatkan keamanan pada WordPress, salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah mengaktifkan SSL pada website.

Lalu, bagaimana cara mengaktifkan SSL pada WordPress? Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menginstall SSL pada sisi hosting. Berikut panduan instalasinya : Cloud Hosting dan WordPress Hosting.

Setelah install SSL selesai, langkah selanjutnya adalah Anda mengubah siteurl pada WordPress. Langkahnya sebagai berikut :

1. Login ke Dashboard WordPress
2. Klik menu Settings > General

3. Setting Force HTTPS
Agar secara default website Anda mengarah ke HTTPS, Anda bisa menambahkan script force https melalui file .htaccess. Silahkan tambahkan script berikut pada file .htaccess Anda :

RewriteEngine On
RewriteCond %{HTTPS} off
RewriteRule ^(.*)$ https://%{HTTP_HOST}%{REQUEST_URI} [L,R=301]

Untuk hal tersebut, detailnya bisa Anda baca pada panduan : Force HTTPS .htaccess

Saat ini SSL sudah berhasil diaktifkan pada WordPress Anda. Namun, seringkali kita temui indikator HTTPS masih insecure seperti screenshot berikut :

Bisa dibandingkan dengan SSL yang sudah aktif penuh di website seperti berikut :

Masalah pada indikator HTTPS belum hijau bisa disebabkan karena masih banyak konten yang belum terubah otomatis ke HTTPS. Untuk mengubah otomatis seluruh konten yang ada pada website wordpress agar menggunakan HTTPS anda bisa menambahkan plugin “Easy HTTPS Redirection” aktifkan lalu coba kembali akses ke websitenya dan SSL sudah aktif sepenuhnya pada website WordPress Anda.

Apabila sudah install plugin tersebut dan masih belum hijau silahkan periksa kembali dari konten websitenya, bisa jadi  ada widget atau sebagainya yang menggunakan external link (tautan link diluar website) yang belum support ke https, bisa dihapus dahulu tautan yang bermasalah dan coba akses kembali websitenya.

Selamat mencoba!

Tinggalkan Komentar

Afiandhi Risky

Blog Competition