Rumahweb Journal
Banner cara instal wordpress di addon domain

Cara Install WordPress di Addon domain cPanel

Sederhananya, addon domain adalah fitur untuk menambahkan domain lain ke sebuah hosting, agar hosting dapat digunakan lebih dari 1 domain. Dengan addon, Anda bisa membuat website yang berbeda dengan domain utamanya. Pada panduan ini, kami akan berbagi cara install WordPress di Addon Domain cPanel.

Sebelum membahas cara install WordPress di addon domain, terlebih dahulu kami akan menjelaskan apa itu Addon domain beserta kelebihan dan kekurangannya. Berikut informasi selengkapnya.

Pengertian Addon Domain

Addon domain adalah fasilitas dari cPanel untuk menambahkan domain lainnya ke hosting sehingga memungkinkan akun hosting digunakan untuk lebih dari 1 domain.

Konsep addon domain sendiri adalah membuat multiple domain di dalam akun hosting yang sama, sehingga Anda bisa menghemat pengeluaran karena tidak perlu membeli hosting untuk setiap domain.

Dengan addon domain, Anda bisa membuat email hingga membuat website yang berbeda dengan website utamanya. Namun, adanya penambahan instalasi aplikasi/cms pada addon domain di hosting tentunya juga memiliki kekurangan. diantaranya seperti berikut : 

  1. Penggunaan storage dan resource di akun hosting terbagi, apabila resource dan storage pada akun hosting  penuh, akan berdampak pada akses website bahkan pengiriman maupun penerimaan email dalam 1 akun hosting tersebut.
  2. Pada paket unlimited(small, medium,large) terdapat batasan inodes maksimal sebesar 250.000. Sehingga installasi WordPress pada addon domain akan menambah jumlah penggunaan inodes pada akun hosting.  Silahkan simak Penjelasan inodes berikut
  3. Tidak ada fitur untuk mengontrol berapa besar domain addon boleh menggunakan resource pada akun hosting. Sehingga tergantung pada Anda untuk menyeimbangkan penggunaannya.
  4. Apabila terdapat 1 website dalam 1 akun hosting terkena malware, maka memungkinkan file website lain di dalam 1 akun hosting yang sama juga terkena malware. Silahkan simak tips meningkatkan keamanan website WordPress berikut ini.
  5. Addon domain tidak memiliki akses cPanel sendiri, sehingga apabila akun hosting suspend/tidak aktif, maka addon domain didalamnya juga tidak dapat diakses.

Install WordPress di Addon Domain

Install WordPress pada addon domain di cPanel dapat dilakukan melalui 2 cara, yaitu melalui softaculous dan WordPress toolkit. Pada panduan ini, kami akan menjelaskan cara instalasi WordPress di addon domain melalui dua cara tersebut.

Silahkan Anda simak langkah langkahnya di bawah ini: 

Cara 1. Install WordPress melalui Softaculous

Softaculous adalah fitur auto-installer yang disediakan oleh cPanel, yang berfungsi untuk melakukan instalasi CMS secara instan. Softaculous mendukung instalasi lebih dari 250 CMS termasuk WordPress.

Berikut adalah cara install WordPress di addon domain melalui Softaculous.

  1. Login ke halaman cPanel.
  2. Setelah login ke cPanel, klik menu Softaculous.
cara instal wordpress di softaculous step 1
  1. Kemudian muncul halaman Menu Utama Softaculous. Untuk menginstal WordPress, klik logo WordPress yang ada di halaman utama Softaculous.
Tampilan halaman menu softaculous
  1. Setelah itu klik install.
Tampilan halama instal wordpress di softaculous
  1. Kemudian akan muncul field instalasi WordPress. Agar WordPress terinstal di addon domain, silahkan klik drop box pada field choose domain, dan kosongkan field in directory.
Setting instalasi wordpress di softaculous
  1. Kemudian isikan informasi website termasuk login ke halaman admin yang ingin digunakan. Pastikan Anda mencatat informasi username dan password yang Anda setting.
Setting username dan password instalasi wordpress di softaculous
  1. Setelah itu klik instal dan tunggu hingga instalasi selesai
cara Install wordpress di softaculous
  1. Apabila instalasi telah selesai akan muncul tampilan sesuai gambar berikut.
install  wordpress di softaculous telah selesai

Instalasi WordPress melalui softaculous sudah selesai. WordPress sudah terinstal pada addon domain. Anda sudah bisa mengakses halaman dashboard melalui namaaddondomain/wp-admin.

Cara 2. Install WordPress melalui WP Toolkit

WordPress Toolkits merupakan tools di cPanel yang digunakan untuk mengelola website berbasis WordPress. Di WordPress toolkit, Anda bisa melakukan instalasi WordPress, install theme, plugin hingga melakukan reset password.

Berikut adalah cara install WordPress di Addon domain menggunakan WP toolkit. 

  1. Login ke cPanel.
  2. Cari menu WP Toolkit di cPanel.
Menu wordpress toolkit di cPanel
  1. Kemudian klik install.
Instal wordpress di wp toolkit
  1. Akan tampil halaman setting installasi WordPressnya.
cara Install wordpress di WP Toolkits

Keterangan :

  • Installation path digunakan untuk memilih protokol akses WordPress nya, HTTP atau HTTPS. Agar WordPress terinstal di addon domain silahkan klik drop box pada field choose domain, dan kosongkan field in directory
  • Website Title untuk memberi judul website WordPress yang akan dibuat.
  • Plugin / Theme set digunakan untuk memilih bundle plugin / tema yang disediakan oleh WordPress Toolkitnya.
  • Website language untuk pengaturan bahasa pada websitenya.
  • Version untuk memilih versi WordPress (disarankan yang paling update / baru)
  • Username dan Password digunakan untuk setting username dan password login admin WordPressnya. Pastikan Anda mencatat username dan password yang anda buat.
  • Email adalah email admin yang akan disetting pada user admin WordPressnya.
  1. Setelah selesai mengisi data instalasi WordPress, silahkan klik tombol Install dan tunggu sampai proses instalasinya selesai.
Proses instalasi wordpress di wp toolkit
  1. Apabila sudah selesai proses instalasinya. akan tampil seperti pada gambar berikut:
wordpress telah terinstal di wp toolkit

Sampai tahap ini, instalasi WordPress telah selesai. Anda bisa login ke dashboard WordPress melalui tombol login atau URL namaaddondomain.com/wp-admin.

Berikut panduan cara instalasi WordPress di addon domain beserta kekurangannya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4.7 / 5. Vote count: 3

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

SSL Murah

Syahrizal Widiarto

Staff Teknis yang kadang menyamar sebagai Blogger dan Gamers.