Rumahweb Journal
autossl cpanel

Install SSL Gratis Menggunakan AUTOSSL di cPanel

Saat ini semua paket Hosting di Rumahweb telah support SSL Gratis. Anda bisa mengaktifkan SSL melalui cPanel atau Plesk Panel, sesuai dengan paket hosting yang Anda pesan. Kali ini kami akan menjelaskan apa itu SSL dan cara install SSL gratis di hosting Anda.

Apa itu SSL?

Secure Socket Layer (SSL) adalah teknologi keamanan standard yang membuat tautan terenkripsi antara web server dan browser. Sederhananya, web server dan web browser adalah tim yang menghubungkan komputer pelanggan Anda ke website perusahaan Anda.

Dengan menggunakan SSL, akan memberikan proteksi pada website Anda sehingga mencegah “peretas” yang akan mencegat lalu lintas data untuk mencuri informasi yang ditransfer dari komputer ke server. Bisa jadi, peretas yang bisa mengakses router atau ISP tersebut akan melakukan pengintaian atau menyuntikkan malware ke halaman utama.

Install SSL Gratis di Hosting

Saat ini semua hosting Rumahweb telah support SSL Gratis. Selain itu pada layanan Shared Hosting dan Cloud Hosting, SSL akan aktif secara otomatis. Sehingga Anda tidak perlu melakukan instalasi secara manual

Sedangkan pada layanan WordPress Hosting, Anda perlu melakukan instalasinya terlebih dahulu. Anda bisa membaca artikel berikut, untuk instalasinya : Install SSL Gratis di WordPress Hosting.

Pada layanan Shared hosting dan Cloud hosting, SSL akan terinstall secara otomatis. Namun ada kondisi dimana Anda harus melakukan instalasi SSL secara manual. Beberapa penyebabnya antara lain adalah Domain belum diarahkan ke NS hosting, atau domain belum di pointing ke IP hosting Anda di Rumahweb.

Solusinya, silahkan Anda arahkan Nameserver domainnya ke NS hosting kami, atau lakukan pointing terlebih dahulu domain Anda ke IP hostingnya. Setelah itu, Anda bisa mengikuti panduan berikut untuk install SSL Gratis di cPanel.

1. Login cPanel
Panduan login cPanel bisa dilihat di Login cPanel Hosting melalui clientzone

2. Masuk ke menu “SSL/TLS Status”

Install SSL Gratis Menggunakan AUTOSSL di cPanel

3. Pilih (checklist) pada alamat yang ingin diaktifkan AUTOSSL, kemudian klik tombol “Run AutoSSL”

hasil install SSL gratis Menggunakan AUTOSSL di cPanel


Tunggu beberapa saat hingga SSL terinstall dengan baik.

Setelah install SSL gratis berhasil, akan ada notifikasi pada layar dan halaman akan refresh secara otomatis. Sertifikat SSL gratis ini akan berlaku 90 hari dan akan renewal secara otomatis. Agar renewal SSL otomatis berjalan dengan baik, pastikan bahwa Space pada hosting Anda tidak penuh atau over kuota.

Panduan Video Install SSL cPanel

Demikian panduan install SSL gratis menggunakan AUTOSSL di cPanel, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Triyadi