Rumahweb Journal
Banner - Reissue SSL adalah Definisi, Fungsi dan Cara Melakukan Reissue

Reissue SSL: Definisi, Fungsi dan Cara Melakukan Reissue

Reissue SSL adalah proses penggantian sertifikat SSL yang telah diterbitkan dengan sertifikat baru oleh certificate authority (CA). Ada beberapa alasan kenapa reissue ssl diperlukan. Pada panduan ini, kami akan menjelaskannya secara detail tentang apa itu reissue, kapan perlu melakukan reissue hingga cara melakukannya.

Rumahweb menyediakan layanan SSL Murah dari beberapa certificate authority seperti Sectigo, Globalsign, dan Entrust DataCard.

Pada layanan SSL, sebelum certificate SSL terbit Anda perlu melakukan konfigurasi dengan cara mengisi CSR hingga melengkapi informasi data pemohon SSL. Baru setelah konfigurasi dan validasi lengkap, maka SSL akan diterbitkan.

Namun setelah SSL terbit, ada beberapa kendala kegagalan instalasi SSL disisi server. Seperti karena Key dan CRT tidak sesuai, lupa meletakkan file key pada server, atau terdapat perubahan informasi CSR dan key pada server. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat melakukan reissue SSL.

Apa itu Reissue SSL?

Reissue SSL adalah proses permohonan penggantian sertifikat SSL yang telah diterbitkan oleh otoritas sertifikat (CA), dengan sertifikat SSL yang baru sesuai dengan CSR (Certificate Signing Requests) yang berbeda.

Ada beberapa alasan kenapa reissue ssl harus dilakukan, seperti;

Promo Hosting Murah Rumahweb
  • Terdapat perubahan informasi CSR dan Key pada sisi server.
  • Kehilangan Key pada saat Instalasi SSL yang menyebabkan ketidaksesuaian antara key dan Certificate yang di install.

Reissue SSL dapat dilakukan kapan saja melalui halaman clientzone Rumahweb, dan proses ini tidak dikenakan biaya tambahan.

Cara Reissue SSL

Seperti yang telah kami sampaikan sebelumnya, saat ini Rumahweb menyediakan beberapa opsi certificate authority yang bisa Anda pilih seperti GlobalSign, Sectigo dan Entrust.

Pada dasarnya, proses reissue SSL ketiga CA hampir sama yaitu dilakukan melalui halaman Clientzone dengan data CSR yang baru. Perbedaannya terletak pada proses validasi, apakah diperlukan validasi ulang atau tidak.

Berikut tahapan untuk melakukan Reissue SSL di Rumahweb,

SSL GlobalSign

Proses reissue SSL pada GlobalSign tidak membutuhkan validasi ulang, Anda cukup merequest reissue SSL dan nantinya sertifikat ssl yang baru akan diterbitkan. Berikut cara reissue SSL GlobalSign di Rumahweb.

  1. Login ke Clientzone Rumahweb.
  2. Pada halaman Dashboard Clientzone, pilih menu SSL.
Masuk menu SSL Clientzone Rumahweb
  1. Pilih Manage pada List layanan SSL yang ingin di reissue.
Pilih Manage layanan SSL
  1. Selanjutnya Pilih Manage SSL.
Manage SSL
  1. Pada halaman Informasi SSL pilih tombol Re-issue seperti gambar berikut,
Reissue SSL rumahweb
  1. Selanjutnya akan tampil popup, silahkan Anda isi dengan CSR Baru yang sudah di generate. Kemudian pilih Submit.
Input CSR update

Setelah submit CSR baru, silahkan tunggu beberapa saat hingga sertifikat yang baru diterbitkan. Informasi sertifikat ssl yang baru akan dikirimkan ke email kontak terdaftar atau dapat dilihat melalui halaman Informasi SSL di Clientzone.

SSL Sectigo

Proses reissue SSL di Sectigo membutuhkan validasi ulang, sehingga Anda perlu melakukan validasi SSL kembali setelah request reissue dikirimkan. Berikut adalah cara reissue SSL Sectigo di Rumahweb.

  1. Login ke Clientzone Rumahweb.
  2. Pada halaman Dashboard Clientzone, pilih menu SSL.
Masuk menu SSL Clientzone Rumahweb
  1. Pilih Manage pada List layanan SSL yang ingin di reissue, lalu klik tombol “Manage SSL”.
  1. Klik tombol Re-issue pada pojok kanan atas.
Re-issue SSL
  1. Setelah klik tombol Re-Issue, Anda akan diarahkan ke halaman untuk input kode CSR yang baru. Silahkan isi kode CSR yang baru, lalu klik tombol lanjutkan.
Masukkan kode CSR
  1. Di halaman selanjutnya, Anda diminat untuk memilih metode validasi SSL. Silahkan pilih salah satu dari metode email, dns (cname), atau url (HTTP).
  1. Setelah memilih metode validasi SSL, klik lanjutkan untuk menyelesaikan proses re-issuenya.
  2. Setelah konfigurasi reissue selesai, silahkan klik tombol “Kembali ke detail produk” untuk menampilkan halaman layanan SSL di Clientzone.
  1. Pada halaman produk SSL, status SSL yang di reissue akan berubah menjadi “Pending Validation”. Untuk hal ini, Anda perlu melakukan validasi SSL sesuai dengan metode yang Anda pilih.

Gambar diatas adalah contoh validasi SSL dengan opsi cName (DNS). Jika Anda memilih metode yang sama, silahkan buat record DNS sesuai dengan informasi yang muncul pada halaman produk SSL seperti diatas.

Sebagai informasi, sertifikat yang baru akan diterbitkan setelah validasi SSL dilakukan. Karenanya Anda wajib untuk melakukan validasi SSL kembali.

SSL Entrust DataCard

Hingga artikel ini diterbitkan, proses reissue SSL di Entrust tidak bisa dilakukan secara mandiri oleh pelanggan melalui Clientzone. Untuk permohonan reissue SSL Entrust, silahkan menghubungi technical support Rumahweb melalui menu Trouble Ticket di Clientzone.

Demikian tadi tentang apa itu reissue SSL hingga cara melakukan reissue di Rumahweb. Apabila menemui kendala, Anda dapat menghubungi bantuan teknis Rumahweb melalui livechat, email maupun telpon.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 5

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Lutfi Hanif

I am an SEO enthusiast, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for both Journal and Rumahweb Blog.

banner Pop Up - Hosting 99K