Rumahweb Journal
Banner - apa itu Redirects adalah

Redirects: Pengertian, Fungsi dan Cara Setting di cPanel

Pernahkah Anda mengakses suatu halaman web, tapi tiba-tiba diarahkan ke halaman web lain? Hal ini terjadi karena website tersebut menggunakan fitur redirect. Hal ini terjadi karena website tersebut menggunakan fitur redirect. Redirects, atau dikenal juga sebagai domain forwarding, adalah fitur yang berfungsi untuk mengarahkan pengunjung dari satu alamat web (URL) ke alamat web (URL) lainnya.

Dalam artikel ini, kami akan membahas secara lengkap tentang apa itu redirects hingga cara setting redirect di cPanel dengan mudah. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Arti Redirects

Secara sederhana, redirect artinya mengarahkan satu link ke link lainnya. Sedangkan secara istilah, Redirects adalah suatu teknik yang memungkinkan pemilik domain untuk mengarahkan lalu lintas pengunjung dari satu domain ke domain lainnya. Dalam konteks ini, domain asal berperan sebagai pengirim, dan domain tujuan menjadi penerima.

Redirects memilik beberapa fungsi, seperti untuk mengatasi perubahan nama domain agar trafik dari SERP tetap masuk ke website anda, branding, hingga tujuan lainnya.

Dengan fitur redirects, pemilik website bisa memastikan bahwa setiap kali seseorang mengakses domain asal, mereka akan diarahkan ke domain tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Artinya, redirect memungkinkan Anda tidak kehilangan trafik dari domain lama, sehingga usaha Anda tetap dapat berjalan seperti biasa.

Beberapa alasan melakukan redirects

Ada beberapa alasan yang mendasari penggunaan redirect sehingga tujuan pemilik website dapat terpenuhi. Berikut beberapa alasan kenapa redirect perlu dilakukan.

1. Perubahan Nama Bisnis atau Merek (Rebranding)

Alasan pertama yang sering kami jumpai adalah rebranding, yaitu proses perubahan atau pembaruan identitas visual dan/atau perusahaan dari suatu merek.

Ketika bisnis atau merek mengalami perubahan nama, redirect memungkinkan pengguna untuk mengarahkan lalu lintas dari domain lama ke domain baru. Dengan begitu, Anda tidak akan kehilangan trafik dari domain lama dan pelanggan Anda tetap dapat menemukan bisnis Anda.

2. Promosi

Untuk kampanye pemasaran atau promosi khusus, redirect dapat digunakan untuk menciptakan URL yang mudah diingat atau khusus untuk keperluan promosi tertentu.

Manfaatnya adalah meningkatkan daya ingat dan memudahkan pengelolaan kampanye pemasaran dengan mengarahkan lalu lintas ke landing page yang spesifik.

3. Penanganan URL yang terlalu panjang atau rumit

Redirects dapat digunakan untuk membuat URL yang lebih mudah diakses dan diingat ketika alamat yang sebenarnya cukup panjang atau kompleks. Manfaatnya adalah meningkatkan kenyamanan dan kejelasan bagi pengguna yang ingin mengunjungi situs atau halaman tertentu.

Dengan memahami alasan di balik penggunaan redirect, pemilik domain dapat mengoptimalkan manfaatnya sesuai dengan kebutuhan bisnis atau project mereka. Kemampuan untuk mengelola lalu lintas dengan lebih fleksibel adalah salah satu aspek kunci dalam memanfaatkan fitur ini secara efektif.

Cara setting redirects di cPanel

Jika anda menggunakan layanan Shared hosting, Unlimited Hosting atau Cloud Hosting, setting redirect dapat dilakukan melalui cPanel. Berikut adalah cara setting redirect atau domain forwading melalui cPanel secara mudah.

  1. Silakan login ke cPanel hosting Anda.
tampilan login cpanel
  1. Pada bagian Domains, pilih menu Redirects.
menu redirects di cpanel
  1. Selanjutnya, silakan lakukan setting dengan mengisi kolom berikut.
setting redirect cpanel

Keterangan:

  • Type redirect
    • Permanent (301), setting ini akan memberitahu search engine browser pengunjung bahwa URL telah diubah permanen. Pada panduan ini silakan pilih opsi ini.
    • Temporary (302), setting ini tidak akan mengupdate bookmarks pengunjung.
  • https?://(www.)?, pada opsi ini silakan pilih domain yang akan disetting redirect.
  • Pada kolom “/” Anda dapat menginputkan url atau path dari domain yang ingin dilakukan forwarding. Contoh, jika ingin mengalihkan http://contohdomain.com/blog ke url https://rumahweb.com maka pada kolom tersebut silakan isikan blog.
  • Pada kolom Redirects to silakan masukkan URL, domain atau subdomain tujuan yang diinginkan.
  • www. redirection:
    • Only redirect with www, pilih opsi ini juga ingin mengalihkan pengunjung yang menyertakan www di awal nama domain.
    • Redirect with or without www, pilih opsi ini jika ingin mengalihkan user yang mengetikkan www atau tidak
    • Do Not Redirect www, opsi ini tidak akan mengalihkan pengunjung yang mengetikkan www di awal nama domain.
  • Wild Card Redirect, Opsi Wildcard Redirect, opsi ini digunakan apabila ingin semua file dan folder akan dialihkan ke domain tujuan yang sama.
  1. Selanjutnya klik tombol Add, maka akan muncul pesan konfirmasi seperti berikut. Klik Go Back untuk kembali ke menu Redirects.
pesan konfirmasi setting redirect berhasil
  1. Sampai di sini setting sudah selesai. Anda dapat melihat setting forwarding yang sudah dibuat pada bagian Current Redirects.
list domain forwarding

Sampai tahap ini, setting Redirects di cPanel telah selesai. Selanjutnya Anda bisa melakukan pengujian dengan cara mengakses domain yang telah Anda setting.

Apabila hasil test domain telah mengarah ke url yang Anda inginkan, maka setting Redirects di cPanel yang Anda lakukan sudah benar.

Demikian artikel kami tentang apa itu Redirects hingga cara settingnya di cPanel hosting. Semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4.2 / 5. Vote count: 9

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Murah Indonesia

Lutfi Hanif

I am an SEO enthusiast, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for both Journal and Rumahweb Blog.

banner Pop Up - Hosting 99K