Rumahweb Journal
menggunakan domain forwarding di clientzone

Domain Forwarding : Pengertian dan Cara Settingnya

Salah satu fasilitas dari DNS Management di Clientzone Rumahweb adalah fitur Domain Forwarding. Fitur ini menjadi sangat penting, karena memiliki banyak fungsi seperti mengarahkan domain ke Social media, Marketplace hingga ke website tertentu. Lalu apa itu domain forwarding dan bagaimana cara settingnya?

Apa itu Domain Forwarding?

Domain Forwarding adalah fasilitas untuk membelokkan atau mem-forward URL domain ke alamat website tertentu, sehingga ketika domain diakses maka akan diarahkan ke link yang telah kita setting.

Misalkan Anda punya domain rudiharto.com dan ingin mengarahkan ke Instagram akun Anda, maka Anda bisa menggunakan fitur domain forwarding ini. Fungsinya, ketika domain rudiharto.com ini diakses, maka secara otomatis akan diarahkan atau di forward ke link Instagram tujuannya.

Penerapan fungsi domain forwarding lainnya adalah digunakan untuk menyingkat link URL. Contohnya Anda memiliki halaman web dengan alamat domain.us/sesuatu/gitu/banget/deh. Anda bisa melakukan setting domain forwarding ke alamat tersebut, sehingga alamat website akan lebih mudah diingat dan jauh lebih ringkas.

Setting domain forwarding di Rumahweb

Tutorial ini dikhususkan kepada Anda yang melakukan pemesanan domain saja tanpa hosting. Apabila Anda memesan domain dan hosting namun ingin menggunakan fitur redirect, maka Anda bisa membaca artikel berikut: setting domain forwarding cPanel

Setting domain forwarding di Rumahweb untuk pengguna domain saja bisa dilakukan melalui halaman Clientzone. Berikut adalah tutorial bagaimana menggunakan fasilitas Domain Forwarding di Clientzone Rumahweb.

1. Login ke “Clientzone.rumahweb.com
2. Klik menu Domains > List Domain Saya.

login ke halaman clientzone Rumahweb

3. Klik tombol aktif pada layanan domain yang akan Anda setting

tampilan pada menu domain

4. Pilih DNS Management.

Pilih DNS management di clientzone

5. Klik tombol Start/Update hingga tidak ada lagi notifikasi warning yang muncul.

tekan tombol start dan update

Catatan

Setelah klik tombol start/update, pastikan nameserver domain Anda telah berubah ke alamat berikut :
nsid1.rumahweb.com
nsid2.rumahweb.net
nsid3.rumahweb.biz
nsid4.rumahweb.org
Pengecekan bisa dilakukan pada menu Nameserver.

6. Klik menu Domain Forwarding.

pilih menu domain forwarding

7. Klik Activate Domain Forwarding.

aktifkan setting domain forwarding

8. Berikutnya akan ditunjukkan halaman untuk melakukan setting Domain Forwarding. Berikut adalah keterangan singkat masing-masing kolom.

  • Destination: diiskan dengan nama URL dimana kita akan mem-forward domain. Ditulis lengkap beserta “http://” atau “https://” di depannya.
  • URL Masking: pilih opsi “Yes” apabila anda ingin pengunjung domain tetap akan melihat nama domain asal dan bukan domain tujuan forwarding di address bar browser.
  • Header tags: isi opsi ini apabila mengaktifkan URL Masking.
  • Subdomain forwarding: apabila opsi ini diaktifkan (Yes), maka request ke subdomain  dari domain yang diforward, akan diarahkan ke path folder dengan nama yang sama dari subdomain. Sehinggal subdomain di domain yang diset forwarding, masih dapat diakses di server hosting dari domain yang diforward.
  • Path forwarding: apabila opsi ini diset “Yes”, maka request ke path akan diforwarding ke path yang sama dari domain tujuan.
lengkapi settingan domain forwarding

Klik “Save Changes” untuk menyimpan setting.

Catatan:

Setting domain forwarding ini membutuhkan waktu propagasi DNS, estimasinya 1-24 jam tergantung kecepatan resolve koneksi internet yang digunakan. Karena itu, setelah setting domain forwarding dilakukan, Anda perlu menunggu hingga propagasi DNS selesai agar bisa mengakses nama domainnya.

Demikian panduan domain forwarding dari clientzone Rumahweb. Selamat mencoba. 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4.6 / 5. Vote count: 10

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Rumahweb