Rumahweb Journal
banner journal - Cara Install dan Setting Plugin Yoast SEO di WordPress

Plugin Yoast SEO : Fitur, Install, dan Cara Settingnya

Pengaturan SEO pada website menjadi salah satu hal yang paling vital selain design yang ringan dan menarik. Pada CMS WordPress, ada banyak plugin yang bisa Anda gunakan untuk optimasi SEO, contohnya seperti Yoast, All in one SEO hingga Rank Math.

Pada artikel ini, kami akan membahas secara lengkap tentang apa itu Yoast SEO, fitur hingga cara setting Yoast SEO terbaru di WordPress. Simak informasi berikut ini.

Apa itu Yoast SEO?

Yoast SEO adalah salah satu plugin WordPress yang dapat digunakan untuk membantu Anda melakukan optimasi SEO pada Website. Dengan Yoast, optimasi SEO pada website akan terasa lebih mudah karena dilengkapi dengan berbagai saran dari hasil analisa hingga dokumentasi yang lengkap.

Plugin Yoast SEO tersedia dalam dua versi, yaitu Free dan Premium. Pada versi Premium, Anda dapat menggunakan tools tambahan seperti Workout, Redirect, Schema dan Rich Snippets yang lebih lengkap, hingga Anda dapat menggunakan beberapa keyword sekaligus dalam sebuah artikel.

Fitur Yoast

Berikut adalah beberapa fitur Yoast SEO yang sangat penting untuk Anda pahami. Berikut diantaranya;

1. Optimasi Konten

Plugin Yoast akan memberikan analisis SEO untuk setiap page atau post, dan memberikan rekomendasi perbaikan. Tidak hanya dari sisi On Page SEO, Yoast juga memberikan saran berupa internal backlink.

Yoast SEO akan merekomendasikan artikel yang mirip dengan artikel yang sedang dibuat, sehingga Anda bisa membangun link building secara lebih rapi dan terstruktur.

Pada optimasi konten, ada sebuah fitur Yoast yang menurut kami sangat keren yaitu Cornerstone (artikel utama). Dengan fitur ini, Anda bisa membedakan antara artikel utama dengan artikel turunan.

2. Setting Metadata

Fitur ini memungkinkan Anda untuk melakukan setting meta title, meta description, meta keywords, hingga canonical url secara lebih mudah. Selain itu, Yoast SEO juga mampu menganalisa penggunaan meta berdasarkan keyword yang Anda targetkan, sehingga artikel yang dibuat akan lebih powerful.

3. Sitemap

Sitemap atau dalam bahasa Indonesia di sebut sebagai peta situs, yang berfungsi untuk memudahkan Google dalam mengenali struktur website yang dibuat. Dengan Yoast SEO, Anda dapat membuat peta situs secara mudah, hanya tinggal mengaktifkan fiturnya saja.

4. Breadcrumbs

Breadcrumbs adalah fitur navigasi yang berfungsi untuk membantu pengunjung Anda dalam memahami posisi halaman yang sedang dilihat. Selain itu, fitur ini juga memudahkan pengunjung Anda untuk mengakses halaman lain yang berhubungan dengan informasi yang di cari.

5. Integrasi

Yoast SEO dapat diintegrasikan dengan berbagai layanan, seperti Semrush, Wincher hingga konfigurasi yang membutuhkan API.

Selain itu, tersedia juga menu yang dapat Anda gunakan untuk menghubungkan Yoast dengan Google search console, Bing, Baidu, Pinterest hingga Yandex.

Cara Install Plugin Yoast SEO

Anda bisa melakukan instalasi plugin ini melalui dashboard WordPress Anda. Berikut kami sampaikan langkah-langkah install plugin yoast seo di WordPress.

  1. Arahkan cursor ke menu plugins, jika sudah muncul menu add new silahkan klik. Anda akan diarahkan ke halaman penambahan plugin pada WordPress.
Cara Install Plugin Yoast SEO image 1
  1. Masukkan Yoast Seo pada kolom pencarian di kanan atas.
Cara Install Plugin Yoast SEO image 2
  1. Jika sudah muncul, silahkan klik install dan kemudian activated.
  2. Setelah plugin aktif, Anda akan menemukan menu SEO pada tab menu di bagian samping kiri layar.

Setting Yoast SEO di WordPress

Berikut adalah cara setting Yoast SEO di WordPress untuk pengguna awal.

Step 1. Konfigurasi Default Plugin

  1. Masuk ke menu tersebut untuk memulai pengaturan pluginnya.
Setting Yoast SEO di WordPress
  1. Pada halaman plugin Yoast SEO akan ada pilihan configuration wizard, bisa Anda gunakan untuk memulai setting pluginnya.
configuration wizard - Setting Yoast SEO di WordPress
  1. Selain itu, pada halaman Yoast SEO terdapat beberapa tab menu, salah satunya webmaster tools dimana pada tab menu ini Anda dapat menambahkan kode verifikasi dari beberapa search engine yang ada.
webmaster tools di yoast seo

Step 2. Optimasi Yoast SEO pada Post atau Page

Jika sudah selesai melakukan setting plugin, Anda dapat melakukan pengaturan keyword dan lainnya, serta melakukan analisa artikel pada website dari bagian plugin Yoast SEO yang akan tampil di bawah kolom editor artikelnya.

  1. Silahkan Anda buka salah satu artikel atau buat artikel baru pada websitenya, silahkan dapat isikan judul dan juga isi artikel yang akan dibuat.
  2. Setelah artikel sudah dibuat, scroll ke bagian bawah. Anda akan menemukan bagian setting Yoast SEO pada artikel tersebut. Anda akan menemukan beberapa tab berikut, SEO, Readability, Schema, dan Sosial.


  3. Pada bagian SEO dapat digunakan untuk setting keyword (kata kunci pencarian) berdasarkan isi artikelnya. Kemudian pada readability akan menampilkan analisa plugin yoast seo pada artikel yang ada. Anda dapat mengikuti saran-saran yang diberikan pada bagian ini.




  4. Tab schema digunakan untuk setting deskripsi halamannya, dan untuk tab social digunakan untuk setting image artikel ketika dilakukan shared pada social media facebook dan twitter, seperti gambar (OG Image) dan juga judul serta deskripsi halaman otomatis ketika dilakukan share ke social medianya.

Sekian panduan install dan setting Yoast SEO di WordPress dari Rumahweb, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 3

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Lutfi Hanif

I am an SEO enthusiast, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for both Journal and Rumahweb Blog.