Rumahweb Journal
Banner - Cara Reset Password WordPress

Cara Reset Password WordPress Melalui Form Forgot Password

WordPress menyediakan fitur forgot password yang bisa Anda gunakan, untuk melakukan reset password WordPress melalui email. Namun beberapa provider hosting, termasuk Rumahweb, mendisable function mail() sehingga fitur ini belum bisa berfungsi.

Lalu jika saya lupa password login WordPress, bagaimana cara resetnya?

Pada artikel sebelumnya, kami telah memberikan panduan reset password melalui cPanel dan Plesk. Anda bisa mengikuti panduan tersebut, jika Anda lupa login ke admin WordPress.

Bagaimana caranya agar fitur Forgot Password WordPress dapat berfungsi?

Agar fitur forgot password WordPress dapat berfungsi, Anda perlu melakukan setting SMTP terlebih dahulu. Setting SMTP bisa dilakukan melalui halaman Dashboard WordPress. Karenanya jika Anda lupa password WordPress, silahkan untuk mengikuti panduan reset yang telah kami sediakan.

Setelah Anda dapat login ke dashbord WordPress, silahkan ikuti panduan berikut untuk melakukan setting SMTP hingga menggunakan fitur forgot password WordPress di halaman wp-admin.

Promo Hosting Murah Rumahweb

Step 1. Install Plugin WP SMTP

Langkah pertama, Anda perlu menginstall plugin SMTP pada WordPress. Salah satu plugin yang dapat Anda gunakan adalah WP Mail SMTP, yang merupakan plugin gratis untuk membantu Anda dalam mengelola notifikasi email menggunakan protokol SMTP.

Fungsi dari plugin ini adalah sebagai pengganti dari function PHP mail(), yang statusnya di disable pada server hosting Rumahweb karena alasan keamanan. Panduan install dan setting SMTP pada WordPress selengkapnya bisa Anda baca pada artikel berikut ini : Setting SMTP WordPress

Step 2. Testing SMTP

Apabila proses install dan settings plugin SMTP telah selesai, silahkan untuk lakukan testing pengiriman terlebih dulu. Caranya dengan klik tab ‘Email Test‘, kemudian inputkan akun emailnya yang aktif untuk menerima email testingnya.

testing email smtp

Apabila settingan yang dilakukan berhasil, Anda akan menerima pesan email seperti gambar dibawah.

contoh pengiriman email smtp

Step 3. Reset Password WordPress

Setelah Anda mengikuti semua langkah diatas dan berhasil, silakan lanjut ke tahap pengujian reset password WP admin melalui menu “Forgot Password” di halaman wp-login.php seperti yang ditunjukkan dalam gambar di bawah ini:

form login wordpress

Anda dapat memulai dengan klik tombol tersebut, kemudian dilanjutkan dengan menginputkan user/akun email yang terdaftar. Apabila user/email tercatat disistem WordPress, Anda akan menerima pesan reset password.

reset password wordpress melalui email

Klik link yang disertakan, lalu lakukan reset password yang baru. Setelah berhasil melakukan reset, silahkan mencoba untuk melakukan login dengan menggunakan username dan password yang baru.

Sampai tahap ini, cara reset password WordPress telah selesai. Sekarang Anda tidak perlu lagi untuk login panel hosting untuk melakukan reset password WordPress, dan semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 4

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Fredric Lesomar

I am an ameteur programer and cybersecurity enthusiast. Love much, mother Python language, machine learning and You!