Rumahweb Journal
Banner - Plugin WP Automatic - Fungsi, Fitur dan Cara Menggunakannya

Plugin WP Automatic : Fungsi, Fitur dan Cara Menggunakannya

Auto Generate Content, atau yang biasa disingkat sebagai AGC, adalah teknik yang digunakan untuk menghasilkan konten secara otomatis. Konten dihasilkan melalui skrip atau aplikasi AI yang kini semakin populer di kalangan blogger. Plugin WP Automatic merupakan salah satu plugin yang dapat anda pertimbangkan untuk kebutuhan tersebut.

Dalam artikel ini, kami akan mengulas secara lengkap tentang plugin WP Automatic mulai dari fungsi, fitur, hingga kelebihan dan kekurangannya. Berikut informasi selengkapnya.

Apa itu Plugin WP Automatic

Plugin WP Automatic adalah salah satu plugin Auto Generate Content (AGC) yang secara otomatis menciptakan konten sesuai dengan kata kunci atau keyword yang Anda tentukan.

Konten yang dibuat diambil dari berbagai sumber seperti halaman website, RSS, Twitter, Facebook, YouTube, LinkedIn, dan lain sebagainya.

WP Automatic merupakan plugin berbayar, sehingga untuk bisa menggunakan plugin ini, Anda perlu membeli lisensinya terlebih dahulu. Kami sarankan agar anda selalu menggunakan plugin resmi, untuk menjaga keamanan pada website Anda.

BACA JUGA : Bahaya Menggunakan Theme dan Plugin Nulled

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

Fungsi Plugin WP Automatic

Plugin WP Automatic berfungsi untuk membuat konten secara otomatis dari berbagai sumber sesuai dengan kata kunci yang diberikan. Dengan plugin ini, Anda akan menghemat waktu dalam membuat konten atau artikel dengan cepat, tanpa harus bersusah mencari referensi mengenai kata kunci yang dibutuhkan. 

Selain itu plugin ini akan memberikan konten dalam bentuk apapun seperti teks, video, maupun gambar dari berbagai sumber sesuai dengan pilihan Anda. Dengan kata lain, Plugin WP Automatic akan mempermudah Anda dalam mempublish konten untuk website Anda.

Fitur Plugin WP Automatic

Beberapa fitur populer yang dapat Anda gunakan untuk membuat konten secara otomatis yaitu sebagai berikut : 

OpenAI GPT

Dengan plugin ini dapat mengimport konten Anda dari OpenAI menggunakan API yang telah dibuat dan secara otomatis akan membuat konten ke WordPress Anda.

RSS Feed

Posting konten dari RSS Feed sesuai interval pilihan Anda dan secara otomatis dapatkan pembaruan baru dari RSS Feed.

Halaman Website

Dengan fitur ini dapat membuat konten secara otomatis dari website manapun ke konten WordPress Anda.

Dan masih banyak lagi fitur yang akan didapat jika menggunakan Plugin WP Automatic ini. Namun untuk plugin ini berbayar dan tidak gratis.

Cara menggunakan Plugin WP Automatic

Anda dapat membeli lisensi resminya melalui wpautomatic. Pastikan tidak menggunakan versi bajakan atau nulled, karena akan membahayakan website anda seperti dapat terserang malware atau terinfeksi virus.

Sama seperti menginstal plugin pada umumnya, apabila Anda sudah memiliki lisensi Plugin WP Automatic, Anda dapat upload plugin tersebut melalui halaman plugin lalu dapat menginstalnya dan mengaktifkannya.

Setelah plugin aktif, Anda dapat membuat artikel yang di generate oleh plugin. Berikut panduan membuat artikel atau konten menggunakan plugin WP Automatic.

Membuat Campaign

Setelah plugin aktif, akan muncul menu baru yaitu WP Automatic, pilih All Campaign kemudian klik New Campaign.

plugin WP Automatic campaigns

Pada bagian judul dapat di isi nama campaign. Lalu untuk sumber kontennya dapat disesuaikan apakah dari Chat GPT atau dari website lainnya. Sebagai contoh, akan mengambil artikel pada website lain untuk membuat kontennya.

contoh create WP Automatic

Kemudian jika sudah selesai klik publish lalu klik run campaign, tunggu beberapa menit hingga artikel akan di generate secara otomatis oleh plugin.

hasil WP Automatic

Setelah itu artikel akan terpublikasi secara otomatis.

hasil post WP Automatic

Selengkapnya tentang dokumentasi penggunaan pluginnya bisa anda pelajari pada halaman berikut.

Kelebihan dan Kekurangan Plugin WP Automatic

Berikut analisa kami tentang kelebihan dan kekurangan plugin WP Automatic.

Kelebihan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, dengan Plugin WP Automatic ini memiliki kelebihan yaitu dapat dengan mudah membuat konten secara otomatis dari berbagai sumber sesuai dengan kata kunci yang telah diberikan sehingga akan menghemat waktu saat ingin membuat konten website.

Seperti halnya tools AGC, plugin ini akan membuat konten dengan cepat tanpa harus menulis artikel yang membutuhkan waktu lebih lama.

Kekurangan

Disisi lain, plugin ini memiliki kekurangan, yaitu salah satunya konten yang dibuat tidak murni buatan manusia, sehingga jika suatu saat nanti mesin telusur Google akan mengenali artikel atau konten yang dibuat oleh mesin atau AI, dan akan menyebabkan berkurangnya kualitas website di mesin pencarian Google.

Saran Penggunaan Layanan

Kami merekomendasikan Anda untuk menggunakan VPS dengan RAM diatas 2GB. Plugin ini cukup berat, sehingga membutuhkan resource yang cukup besar.

Selain itu, kami tidak merekomendasikan untuk menggunakan plugin ini dilayanan Shared Hosting. Sebagian besar layanan shared hosting tidak mengijinkan penggunaan AGC pada layanannya, berkaitan dengan penggunaan resource yang tinggi. Karena itu, kami kami menyarankan Anda untuk menggunakan VPS dengan RAM diatas 2GB.

Bagi Anda yang membutuhkan VPS dengan High Availability, Rumahweb menawarkan berbagai pilihan VPS dengan performa dan stabilitas tingkat tinggi. Anda bisa memilih VPS Alibaba, VPS KVM maupun VPS AWS Lightsail dengan harga yang terjangkau.

Kesimpulan

Plugin WP Automatic adalah salah satu plugin Auto Generate Content (AGC) yang secara otomatis akan membuat konten sesuai dengan kata kunci atau keyword yang Anda berikan. Dengan plugin ini, akan mempermudah anda dalam membuat konten sehingga akan menghemat waktu dalam penulisan konten pada website anda.

Demikian artikel kami tentang plugin WP Automatic, semoga bermanfaat.

 

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4.6 / 5. Vote count: 8

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Dito Priwanto

banner Pop Up - Hosting 99K