Rumahweb Journal
Banner - Cara Split XML File Pada WordPress

Cara Split XML File Pada WordPress

WordPress menyediakan fitur export dan import untuk memudahkan penggunanya dalam melakukan migrasi. Berkas export pada WordPress berupa file XML, yang dapat Anda gunakan untuk import post dan page ke website lainnya. Namun seringkali file XML terlalu besar, sehingga proses import mengalami kegagalan. Solusinya, Anda dapat melakukan split XML file agar ukuran file menjadi lebih kecil.

Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang cara split xml file atau memecah file XML menjadi beberapa bagian yang lebih kecil, agar proses import jauh lebih mudah dan memiliki potensi sukses lebih besar.

Sebelum kami bahas tentang cara split xml pada WordPress, terlebih dahulu kami akan menjelaskan tentang apa itu file XML WordPress. Berikut informasi selengkapnya.

Apa itu file XML pada WordPress?

Extensible Markup Language atau lebih dikenal dengan istilah file XML adalah bahasa markup yang dibuat oleh konsorsium World Wide Web atau W3C, yang memungkinkan Anda menentukan dan menyimpan data dengan cara yang dapat dibagikan.

XML mendukung pertukaran informasi antara sistem komputer seperti situs web, basis data, dan aplikasi pihak ketiga.

CMS WordPress memungkinkan Anda untuk mengekspor seluruh content WordPress Anda menjadi satu file XML yang berisi semua posting, halaman, komentar, custom fields, kategori, dan tag. File XML ini juga dikenal sebagai WXR (WordPress Extended RSS).

Kenapa file XML harus displit?

Terkadang file XML yang di eksport berukuran sangat besar dan melebihi limit yang diizinkan oleh penyedia layanan hosting tempat WordPress tujuan file ini akan diimpor. Limit yang diizinkan ini bervariasi, tergantung dengan paket hosting yang Anda gunakan.

Selain itu, jika ternyata ukuran filenya masih diizinkan dan belum terkena limit, karena ukuranya sangat besar, terkadang muncul pesan error time out karena proses impor yang terlalu lama.

Dari masalah diatas, solusi yang dapat Anda lakukan adalah split XML file agar menjadi beberapa bagian dengan size yang lebih kecil tiap bagiannya. Diharapkan dengan ukuran file XML yang kecil, proses import akan berlangsung lebih cepat dan tingkat keberhasilan migrasinya akan semakin besar.

Cara split XML file

Ada setidaknya 2 cara yang dapat Anda pilih untuk melakukan split pada file XML WordPess, yaitu secara manual maupun secara online.

Cara 1. Split XML file melalui WRX File Splitter

  1. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mendownload aplikasi WXR File Splitter. Aplikasi ini bisa Anda download melalui link berikut.
  2. Setelah mendownload aplikasinya, silahkan untuk dilakukan install.
  3. Setelah melakukan instalasi, silahkan buka aplikasi WRX file.
  4. Klik tombol open WRX file dan pilih file xml WordPress seperti gambar berikut.
Open XML File di WXR Splitter
  1. Setting ukuran per filenya sesuai kebutuhan dan klik tombol split file:
Pilih ukuran per file setelah dsplit

Hasil split nanti akan menjadi seperti ini :

Hasil file xml yang telah displit

Cara 2. Split XML file WordPress secara online

Ada website yang menyediakan tool gratis untuk memecah file xml. Link tol website tersebut adalah sebagai berikut https://www.isitwp.com/wxr-file-splitter/

Setelah akses link tersebut silahkan upload file xmlnya dan atur ukuran per filenya yang akan dipecah nanti.

split xml wordpress melalui wxr-file-splitter

Setelah disubmit silahkan download file yang telah dipecah oleh tool online ini 

proses splitter xml

Demikian tutorial Cara split file XML pada wordpress ini kami buat. Semoga dapat membantu Anda ketika mengalami kendala split file xml wordpress.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 4

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Jasa Pembuatan Website Rumahweb

Dodong Priyambodo

Penggemar Ubuntu.