Rumahweb Journal
Banner - Pilih Webmail atau Email Client

Pilih Webmail atau Email Client? Baca Agar Tak Salah Pilih

Setelah anda membuat email di hosting, langkah selanjutnya anda dapat mengelola email melalui webmail maupun aplikasi mail client seperti Outlook, Thunderbird hingga Windows Mail. Apa pilihan terbaik untuk mengelola email, apakah pilih webmail atau email client?

Pada panduan ini, kami akan membahas perbandingan serta pilihan yang tepat antara Webmail atau email client untuk anda. Berikut informasi selengkapnya.

Webmail

Webmail merupakan website yang digunakan untuk mengakses email melalui browser. Akses email ini sama seperti saat Anda mengakses email Yahoo, Gmail, atau e-mail gratis lainnya.

Dengan menggunakan webmail, Anda tidak perlu melakukan pemasangan mail client di komputer/perangkat milik Anda. Untuk menggunakan webmail dapat Anda lihat lebih lanjut pada artikel Login Webmail Untuk Mengelola Akun Email Anda.

Dengan menggunakan webmail, data email seluruhnya tersimpan di server/hosting Anda. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir akan kehilangan data ketika harus berganti menggunakan perangkat lain.

Berbeda ketika Anda menggunakan email client seperti Outlook, Thunderbird atau Windows Mail. Jika menggunakan setting standar POP3, mail client akan menghapus email di server yang telah selesai diunduh. Sehingga data-data email akan tersimpan sebagai arsip yang hanya terdapat di perangkat dimana Email disetting.

Kelebihan Menggunakan Webmail

Webmail cocok digunakan jika Anda memiliki akun email yang tidak hanya digunakan oleh Anda sendiri, namun bersama orang lain. Melalui Webmail Anda dapat mengakses email secara bersamaan dengan orang lain yang memiliki akses ke akun email tersebut.

Sehingga email dapat diarsipkan dalam satu tempat yang sama, yaitu di server/hosting Anda. Selain itu email juga dapat dilihat mana yang sudah dibaca maupun mana yang sudah dibalas.

Jika Anda tidak selalu menggunakan satu perangkat yang sama untuk mengakses email, misal menggunakan komputer di kantor ataupun melalui handphone, Webmail menjadi pilihan yang tepat. Semua data email akan tersimpan di server/hosting Anda, sehingga memungkinkan untuk diakses melalui perangkat manapun.

Kekurangan Menggunakan Webmail

Jika menggunakan webmail, artinya Anda hanya bisa mengaksesnya melalui browser. Sehingga Anda harus dapat terhubung ke internet untuk melakukan pengecekan maupun pengiriman email. Artinya ketika Anda tidak memiliki akses internet, Anda akan tidak dapat membuka Webmail.

Baca juga artikel : 20 Tips dan Contoh Subjek Email Marketing Yang Menarik

Email Client

Penggunaan email client seperti Outlook, Thunderbird, Apple Mail dan aplikasi sejenis lainnya, cocok untuk Anda yang hanya mengakses email dari perangkat yang sama. Selain itu penggunaan email client juga cocok bagi Anda yang akun emailnya hanya digunakan untuk diri Anda sendiri (tidak bersama-sama orang lain).

Kelebihan Menggunakan Mail Client

Ketika anda menggunakan email client untuk mengelola alamat email anda, pada dasarnya mail client akan menarik semua data email yang ada di server ke aplikasi yang digunakan. Email yang sudah diunduh ke dalam mail client, datanya akan dihapus dari server.

Sehingga Anda tidak terlalu membutuhkan space yang besar pada account hosting. Karena email sudah terunduh ke dalam mail client. Selain itu, Anda tidak perlu selalu terhubung dengan Internet jika ingin membaca email-email yang telah ada sebelumnya.

Kekurangan menggunakan email client

Jika terjadi kerusakan pada perangkat yang Anda gunakan, maka Anda tidak dapat lagi mengakses email yang telah terunduh di perangkat tersebut. Oleh karena itu, pastikan Anda melakukan backup pada mail client Anda secara rutin.

Sehingga jika sewaktu-waktu Anda mengalami kendala tersebut, Anda masih dapat melakukan restore dari backup yang Anda miliki. Berikut adalah artikel untuk melakukan Backup Email Outlook.

Kesimpulan

Webmail maupun email client memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika space hosting anda besar dan emailnya digunakan secara intens, kami sarankan agar anda memilih aplikasi Webmail. Namun jika space hosting anda tidak terlalu besar serta ingin lebih mobile dalam mengelola email, maka pilihlah opsi email client.

Demikian perbedaan, kelebihan dan kekurangan dalam menggunakan Webmail maupun email client. Jika Anda masih ragu untuk memilih, silakan dapat menghubungi Rumahweb melalui livechat, email maupun telepon.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4.7 / 5. Vote count: 3

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Uswatun Hasana Kunio