Rumahweb Journal
banner - Login Webmail Untuk Mengelola Akun Email Anda

Login Webmail Untuk Mengelola Akun Email Anda

Setelah selesai membuat akun email, langkah selanjutnya Anda bisa membuka akun email melalui Webmail. Webmail merupakan fitur dari cPanel yang berfungsi untuk mengelola email, baik mengirim email, membaca hingga menghapus email. Pada panduan ini, kami akan berbagi cara login webmail di cPanel.

Login webmail bisa dilakukan melalui 2 opsi, yaitu melalui link dan melalui cPanel. Berikut informasi selengkapnya.

Login webmail melalui URL

Cara pertama login ke webmail adalah melalui URL yang bisa Anda akses melalui browser. Default url webmail adalah webmail.namadomain atau namadomain/webmail.

Untuk lebih lengkapnya, yuk kita simak langkah-langkah login webmail melalui URL berikut ini:

1. Anda bisa mengakses webmail melalui link https://namadomainanda/webmail

2. Setelah diakses, akan muncul form login webmail dengan inputan ‘Email Address’ dan ‘Password’. Pada kolom ‘Email Address’, silahkan diisikan dengan alamat email yang Anda buat (secara penuh, termasuk nama domainnya). Lalu pada kolom ‘Password’, isikan dengan password dari alamat email tersebut.

3. Setelah login, akan muncul tampilan untuk pemilihan default Webmail. Tersedia 2 pilihan webmail yang bisa digunakan, yaitu Horde dan Roundcube.

Horde menawarkan fitur email yang lebih lengkap, namun lebih berat. Sedangkan Roundcube menawarkan tampilan yang lebih baik dan lebih ringan. Anda bisa klik icon Horde atau Roundcube, sesuai dengan kebutuhan Anda.

Login webmail melalui cPanel

Opsi pertama untuk login webmail adalah melalui cPanel. Opsi ini bisa dilakukan oleh administrator hosting,

  • Login ke cPanel melalui namadomain/cpanel
  • Klik menu Email Account
  • Klik tombol Check email pada akun email yang akan Anda kelola.
cara login webmail melalui cpanel

Setelah klik menu tersebut, akan muncul pilihan webmail yang bisa Anda gunakan. Silahkan pilih salah satu antara Horde atau Roundcube. Silahkan centang ‘open my inbox when i login in’ agar kedepan Anda setelah login, anda akan di direct langsung ke halaman inbox email.

Untuk memudahkan Anda dalam memahami cara pembuatan dan cara login webmail di cPanel, Anda bisa menyimak video berikut ini:

Demikian panduan login webmail untuk mengelola akun email Anda. Jika memiliki pertanyaan, bisa langsung menghubungi technical support Rumahweb.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 3

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Rumahweb