Rumahweb's News, Article, and Tutorial of Web Development
Monetisasi Blog Untuk Tambahan Pemasukan Selama WFH

Monetisasi Blog Untuk Tambahan Pemasukan Selama WFH

Kata monetisasi sendiri bukan bahasa baku yang diserap dari kata “monetize” dan saat ini belum tercantum dalam KBBI. Pengertian monetisasi blog pada umumnya adalah menghasilkan uang dari blog yang dimiliki. Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana caranya?

Ada berbagai cara untuk menghasilkan uang dari blog yang dimiliki, untuk sekedar tambahan penghasilan di masa work from home seperti pada saat ini, atau bahkan ada juga yang menjadikan penghasilan tetap karena hasilnya bisa sangat menggiurkan bila ditekuni.

Berikut ini kami cantumkan contoh-contoh yang bisa Anda lakukan untuk menghasilkan uang tambahan dari blog/website Anda:

  1. Google Adsense.
    Google adsense adalah salah satu penyedia iklan yang bisa membayar untuk iklan yang dipasang pada blog Anda, caranya cukup mendaftar di http://google.com/adsense/ dan mengikuti instruksi yang diberikan. Namun ada beberapa syarat dan kriteria khusus agar pengajuan adsense bisa dikabulkan oleh google yang bisa ditemukan di Adsense
  2. Affiliasi
    Ada beberapa perusahaan yang memberikan program affiliasi, dengan memberikan komisi sejumlah tertentu dengan hanya mencantumkan link pada blog Anda. Bila ada member yang order dari link tersebut, Anda akan mendapatkan komisi sesuai nominal yang ditentukan dari penyedia afiliasi tersebut, menarik bukan?
  3. Iklan
    Bila blog Anda cukup menarik dan ramai pengunjung, biasanya ada perusahaan atau personal yang tertarik untuk memasang iklan langsung di website Anda, tentunya dengan harga yang disepakati, atau mungkin bisa Anda tentukan sendiri bila Anda yakin dengan nilai jual website Anda.
  4. Menjual Barang
    Blog tidak melulu hanya mengenai tulisan, Anda juga bisa menyelipkan barang jualan yang menarik, untuk menambah penghasilan tambahan.
  5. Review Produk
    Mengapa review produk bisa menghasilkan uang? Tentu saja! Anda bisa mendapatkan komisi dari produsen produk bila review anda cukup menarik pengunjung. Buatlah review produk dengan jujur dan semenarik mungkin, suatu saat blog anda akan menjadi acuan pembaca untuk menentukan produk yang dibeli, hal tersebut akan menjadi nilai tambah untuk blog anda.
  6. Jasa menulis artikel
    Bila Anda masih mempunyai waktu yang cukup, Anda bisa juga menjual tulisan/artikel Anda. Ada banyak blogger yang bersedia membayar sejumlah tertentu bila Anda mempunyai kualitas tulisan yang cukup menarik.

Demikian adalah beberapa contoh untuk menambah penghasilan selama WFH dari blog yang dimiliki, masih banyak cara-cara lain untuk menghasilkan uang dari internet yang lain, yang asalnya hanya dari sekedar hobby akan mendatangkan rejeki bila ditekuni.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi semuanya dan semoga covid-19 segera berakhir.

Tinggalkan Komentar

Bayo AM

Blog Competition