Rumahweb Journal
Banner - Mengatasi The Response Is Not Valid JSON Work di WordPress

Mengatasi The Response Is Not Valid JSON Work di WordPress

Pernahkah Anda mengalami error ‘The Response Is Not Valid JSON’ ketika akan melakukan publikasi artikel di WordPress? Lalu, apa penyebab error the response is not valid json dan bagaimana solusinya?

JSON adalah singkatan dari JavaScript Object Notation yang merupakan format pertukaran data. JSON digunakan untuk mentransmisikan data struktur antara web server dan browser atau program tertentu.

Dalam proses penyimpanan data di WordPress, ada kondisi dimana penyimpanan atau publish gagal dilakukan karena response is not valid JSON. Dalam artikel ini, kami akan mengulas secara detail tentang apa penyebab error ini bisa terjadi, hingga solusi-solusi yang bisa Anda lakukan. Simak informasi berikut ini.

Penyebab Response Is Not Valid JSON Work

Ketika Anda selesai menyusun konten dan melakukan publikasi dari halaman dashboard, selanjutnya, server akan meneruskan permintaan tersebut untuk menyimpan dan mempublikasi artikel ke dalam database.

Data akan disimpan di dalam database dan menghasilkan respons yang mencakup informasi status operasi dalam format JSON. Kendala muncul ketika WordPress gagal melakukan validasi format respons JSON yang telah disimpan sebelumnya. Hal inilah yang menjadi penyebab response is not valid JSON work pada WordPress.

Ada dua response error yang sering muncul yaitu “Publishing Failed: The Response Is Not Valid JSON” dan “Updating Failed: The Response Is Not Valid JSON”. Pesan error yang muncul sesuai dengan perubahan yang Anda lakukan, apakah Anda melakukan publikasi artikel atau update artikel.

error The Response Is Not Valid JSON Work di WordPress

Untuk mengatasi kendala ini, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan seperti cek setting permalink, htaccess yang digunakan, response http, hingga melakukan debugging WordPress. Beberapa hal diatas kami rangkumkan pada artikel berikut.

Mengatasi Response Is Not Valid JSON

Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kendala ‘The Response Is Not Valid JSON‘ ketika Anda melakukan publikasi atau update artikel di WordPress.

Melakukan debuging pada WordPress

Ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan, untuk mengidentifikasi potensi masalah yang mungkin timbul di situs web Anda. debugging bermanfaat untuk menemukan dan memperbaiki kesalahan, termasuk mengatasi pesan error seperti “Publishing Failed: The Response Is Not Valid JSON” atau masalah lainnya.

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan debugging di WordPress:

1. Aktifkan WP_DEBUG

Buka file `wp-config.php` pada direktori root WordPress Anda. Temukan baris yang berisi `define(‘WP_DEBUG’, false);`.

Ubah nilai `false` menjadi `true` untuk mengaktifkan mode debugging:

 define('WP_DEBUG', true);

2. Aktifkan WP_DEBUG_LOG (Opsional)

Anda juga dapat mengaktifkan fungsi logging untuk menyimpan pesan error ke dalam file log dengan menambahkan baris berikut di `wp-config.php`:

    define('WP_DEBUG_LOG', true);

 Ini akan membuat file log dengan nama `debug.log` di direktori `wp-content`.

3. Aktifkan WP_DEBUG_DISPLAY (Opsional)

Jika Anda ingin melihat pesan error langsung di situs web, Anda dapat menambahkan baris ini untuk menampilkan pesan error di halaman situs:

define('WP_DEBUG_DISPLAY', true);

4. Simpan perubahan yang Anda lakukan di `wp-config.php`.

Setelah mengaktifkan mode Debug di WordPress, selanjutnya Anda dapat kembali mengakses halaman dashboard untuk melakukan publikasi atau update.

Apabila ada proses yang error, WordPress akan menampilkan pesan error yang sebelumnya tidak ditampilkan. Setelah mengetahui akar masalahnya, selanjutnya Anda dapat mengambil keputusan untuk melakukan perbaikan sesuai dengan masalah yang tampil.

Debugging di WordPress merupakan proses yang penting untuk mengidentifikasi dan memperbaiki masalah teknis yang muncul di situs web Anda.

Cek file .htaccess

Salah satu penyebab paling umum di balik kesalahan JSON adalah masalah pada file .htaccess. Apabila isi file .htaccess tidak seperti default, Anda dapat mencoba membuat htaccess baru dengan default htaccess dari WordPress seperti berikut : 

# BEGIN WordPress# BEGIN WordPress
<IfModule mod_rewrite.c>
RewriteEngine On
RewriteBase /
RewriteRule ^index\.php$ - [L]
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule . /index.php [L]
</IfModule>

Informasi lebih lengkap untuk membuat htaccess WordPress bisa Anda pelajari pada jurnal berikut : htaccess WordPress

Cek Setting Permalink

Pada dasarnya, pengaturan permalink yang tidak tepat atau masalah dengan konfigurasi permalink di WordPress biasanya tidak menjadi penyebab langsung dari error “The Response Is Not Valid JSON”. Error tersebut lebih cenderung terkait dengan masalah pada proses penyimpanan atau komunikasi data antara browser dan server.

Namun, terdapat kemungkinan bahwa kesalahan pada pengaturan permalink dapat berdampak pada struktur URL yang digunakan dalam permintaan AJAX atau REST API yang digunakan oleh WordPress.

Pengaturan permalink yang tidak benar bisa mempengaruhi pembangkitan URL yang tidak sesuai dengan harapan, sehingga permintaan data melalui API atau AJAX tidak berhasil karena tidak dapat memproses struktur URL yang tidak valid atau tidak cocok.

Dalam beberapa kasus, plugin tertentu atau tema yang tidak kompatibel dengan struktur permalink tertentu juga dapat menghasilkan masalah seperti itu. Contohnya, jika plugin atau tema menghasilkan permintaan AJAX atau API yang bergantung pada struktur permalink tertentu dan struktur tersebut tidak sesuai, ini dapat mengakibatkan error “The Response Is Not Valid JSON”.

Bila Anda mengalami error “The Response Is Not Valid JSON” dan mencurigai bahwa masalahnya terkait dengan permalink, langkah-langkah yang dapat dilakukan adalah dengan cara mengembalikan ke pengaturan permalink default, Anda dapat mencoba kembali ke pengaturan permalink default untuk memastikan apakah masalah teratasi.

Namun jika error hilang, ini mungkin menunjukkan adanya masalah dengan struktur permalink yang Anda gunakan sebelumnya.

Setting permalink

Cek URL WordPress

Secara umum, setting pada URL WordPress yang berkaitan dengan struktur permalink jarang menjadi penyebab langsung dari error “The Response Is Not Valid JSON”. Namun, terdapat beberapa situasi di mana masalah pada setting URL atau permalink dapat berdampak pada kesalahan tersebut.

Setting URL WordPress

Dari dashboard admin, silahkan menuju menu Setting >> General. Pastikan bahwa penulisan prefix menggunakan HTTPS, dan bukan hanya HTTP, misalnya https://namadomainanda.com.

Silahkan Anda simpan ulang pengaturan URL dan Site Address website Anda kembali. Jika website Anda tidak secara otomatis mengarah ke HTTPS, kami sarankan untuk melakukan setting redirect ke HTTPS, salah satunya dengan plugin easy https redirection.

Beralih menggunakan Classic Editor

Error “The Response Is Not Valid JSON” secara tidak langsung berkaitan dengan penggunaan Classic Editor atau Gutenberg Editor di WordPress. Keduanya merupakan panel editor yang berbeda dengan fungsi yang berbeda, dan umumnya, masalah dengan editor bukan penyebab langsung dari pesan error tersebut.

Namun, dalam beberapa kasus, jika masalah terkait dengan penggunaan atau integrasi dari editor yang sedang Anda gunakan, beralih dari Gutenberg (Editor Blok) ke Classic Editor bisa membantu mengisolasi masalah dan memungkinkan Anda menemukan solusi.

Hal ini disebabkan perbedaan cara kedua editor tersebut beroperasi dan berinteraksi dengan berbagai plugin atau tema pada website WordPress Anda. Bagi Anda yang ingin mencoba solusi ini, silahkan ikuti panduan berikut ini.

  1. Pasang plugin “Classic Editor” dari direktori plugin WordPress.
Install Plugin Classic Editor
  1. Setelah diaktifkan, pergi ke pengaturan > Writting (Tulisan) di dashboard WordPress Anda.
setting Classic Editor
  1. Di bawah opsi “Default editor for all users”, pilih opsi “Classic Editor”.
  2. Simpan perubahan.

Setelah Anda selesai melakukan perubahan Gutenberg ke Classic Editor, silahkan mencoba kembali untuk melakukan update atau publish artikel yang telah Anda buat.

Namun, apabila masalah tetap Anda temui setelah beralih ke classic editor, kami sarankan agar Anda melakukan proses debugging lebih lanjut seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, untuk mencari tahu penyebab sebenarnya dari error tersebut.

Kesimpulan

Error “The Response Is Not Valid JSON” disebabkan karena WordPress gagal melakukan validasi respons JSON yang telah disimpan oleh sistem di database, ketika Anda melakukan update maupun publish artikel.

Error ini disebabkan karena beberapa kemungkinan, seperti kendala koneksi di server yang Anda gunakan, conflict pada plugin, pengaturan pada file .htaccess hingga kemungkinan conflict antara theme atau plugin, dengan panel editor yang digunakan.

Anda dapat melakukan beberapa langkah yang telah kami sampaikan di panduan ini, untuk mencoba mengatasi kendala “The Response Is Not Valid JSON” pada WordPress.

Jika kendala ini masih berlanjut, jangan sungkan untuk menghubungi support Rumahweb melalui Live chat maupun trouble ticket di halaman Clientzone. Semoga bisa membantu.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Hosting Murah

Akbar Wirabattana

Technical support, kadang juga menulis artikel