Rumahweb Journal
banner - Mengatasi Error 400 Bad Request Pada Website OJS

Mengatasi Error 400 Bad Request Pada Website OJS

Error 400 Bad Request merupakan salah satu status HTTP yang menunjukkan bahwa server tidak dapat memproses permintaan yang dikirim oleh klien. Dalam artikel ini, kami akan berbagi cara untuk mengatasi error 400 bad request pada website berbasis OJS. Simak informasi berikut ini.

Open Journal Systems atau biasa disingkat OJS adalah CMS yang digunakan untuk mengelola dan menerbitkan jurnal ilmiah secara online. OJS menyediakan fitur yang lengkap untuk mengelola proses penerbitan jurnal, mulai dari pengajuan artikel, review, sampai publikasi, sehingga menjadi lebih mudah dan efisien dan dapat diakses dari mana saja.

Terkadang, setelah melakukan instalasi OJS di hosting, domain anda tidak bisa diakses dan menampilkan error 400 bad request. Hal ini biasanya disebabkan karena pengaturan di file config.inc.php perlu disesuaikan, agar website bisa diakses dari domain/subdomain.

Apa Itu Error 400 Bad Request?

Error 400 bad request adalah kode status HTTP yang menunjukkan bahwa server tidak dapat memproses permintaan yang dikirim oleh klien, karena ada kesalahan yang dianggap oleh server sebagai kesalahan dari sisi klien.

Penyebab Error 400 Bad Request

Ada beberapa faktor yang menyebabkan error 400 bad request, berikut diantaranya:

  • URL atau domain tidak valid:  Periksa kembali penulisan URL atau nama domain. Pastikan Anda menuliskan dengan benar, tidak ada karakter tambahan pada URL atau salah ketik nama domain.
  • Sintaks permintaan yang tidak valid: Permintaan mungkin memiliki format sintaks yang salah atau tidak sesuai dengan protokol HTTP. Misalnya, ada header yang tidak lengkap atau tidak terstruktur dengan benar.
  • Permintaan yang terlalu besar: Beberapa server memiliki batasan limitasi dalam memproses permintaan dari klien , seperti limitasi maksimal ukuran file yang di upload, dll . Sehingga, jika permintaan yang di kirim ke server melebihi batas limit yang ditentukan, maka dapat menyebabkan munculnya error 400. 
  • Cache atau Cookie corrupt: Penyebab umum munculnya error pada website adalah cache pada browser yang korupt(rusak) atau tidak valid . Membersihkan cache dan cookie di browser sering kali bisa menyelesaikan masalah ini.

Dari penjelasan diatas, 400 Bad Request artinya server tidak dapat memproses permintaan yang dikirim oleh klien, karena permintaan tersebut memiliki kesalahan sintaks atau tidak valid.

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

Pada OJS, sering kali error 400 bad request disebabkan karena konfigurasi url atau siteurl pada file config.inc.php yang kurang tepat, sehingga server tidak dapat memproses request tersebut.

Mengatasi error 400 Bad Request di OJS

Untuk mengatasi error 400 bad request saat akses website OJS, silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini : 

  1. Login ke cpanel hosting Anda.
  2. Klik menu file manager.
menu file manager di cpanel
  1. Klik folder public_html atau ke folder lokasi file website OJS Anda.
Folder public_html di file manager cpanel

Apabila Anda kebingungan dalam mencari lokasi folder website Anda, silahkan dapat cek melalui menu domain di cpanel, akan tertera dokumen root/lokasi folder domain/subdomain website Anda.

tampilan menu domain di cpanel
  1. Setelah berada di lokasi folder OJS, Selanjutnya cari file dengan nama config.inc.php, klik tombol edit.
file config di ojs
  1. pada file config.inc.php cari bagian allowed_hosts.
  • Kemungkinan 1: $allowed_hosts kosong. Jika demikian, tambahkan domain atau subdomain yang Anda gunakan untuk mengakses OJS di antara tanda kutip, misalnya: allowed_hosts = “[“latihanweb.my.id”]”
  • Kemungkinan 2: $allowed_hosts hanya berisi satu domain, padahal Anda ingin mengakses OJS dengan domain lain. Tambahkan domain tambahan dipisahkan dengan koma, misalnya: allowed_hosts = “[“latihanweb.my.id”, “www.latihanweb.my.id”]”
menyesuaikan allowed_hosts di ojs - Mengatasi Error 400 Bad Request Pada Website OJS
  1. Simpan perubahan, lalu akses kembali website dengan www.NamadomainAnda.my.id maupun NamadomainAnda.my.id

Demikian panduan cara mengatasi error 400 bad request saat akses website yang di buat dengan OJS, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Rizki Nur Safitri

banner Pop Up - Hosting 99K