Rumahweb Journal

Cara Setting HTTPS di Open Journal Systems (OJS)

Saat ini, SSL telah menjadi salah satu kebutuhan pokok yang wajib digunakan pada sebuah website. Selain sebagai keamanan, SSL juga berperan dalam menghindari agar website Anda tidak dianggap berbahaya oleh web browser. Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan berbagi cara setting HTTPS di OJS agar website Anda dianggap aman saat diakses melalui browser.

Open Journal Systems (OJS) adalah salah satu CMS yang berfungsi untuk mengelola dan menerbitkan jurnal ilmiah secara online. OJS bersifat open source, yang artinya dapat Anda gunakan secara gratis dan sangat fleksible untuk dilakukan modifikasi.

Agar website OJS Anda dianggap aman, Anda perlu melakukan instalasi SSL lalu gunakan protokol HTTPS agar web browser menandai website Anda sebagai “Secure Web”.

Mengapa perlu setting HTTPS di OJS?

Penting bagi sebuah website, termasuk website yang menerbitkan jurnal ilmiah seperti OJS menggunakan protocol HTTPS. Selain meningkatkan dari sisi keamanan pada website, juga dapat berpengaruh pada tingkat kepercayaan pengunjung dan hasil pencarian di search engine.

Lalu apa saja yang diperlukan agar website OJS yang kita buat dapat dianggap aman?

Cara Setting HTTPS di OJS

Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda siapkan untuk setting HTTPS di Open Journal Systems.

Step 1. Install SSL

Sebelum setting https di OJS dilakukan, pastikan dahulu bahwa SSL telah terinstall. SSL dapat diperoleh secara gratis maupun berbayar. Bila layanan hosting yang digunakan menyediakan SSL Gratis misalnya menggunakan Let’s Encrypt atau SSL gratis lainnya, maka bisa memanfatkan fitur ini.

Namun jika ingin menggunakan SSL yang berbayar, Anda bisa memesan SSL di Rumahweb melalui link berikut.

Untuk memastikan apakah sudah terinstal SSL atau belum, Anda bisa melihat pengaturan SSL di server/hosting yang Anda gunakan, atau Anda dapat melakukan testing dengan mengakses web secara langsung menggunakan https, misalnya https://namadomainanda.tld

Step 2. Setting default https di OJS

Bila SSL telah ter-instal, selanjutnya Anda dapat memerika pengaturan SSL di aplikasi OJS, agar ketika pengunjung mengakses web langsung mengetikkan nama domain atau akses menggunakan protocol http akan otomatis diarahkan menggunakan https.

Berikut ini langkah-langkah setting force ssl atau https di OJS. Pada panduan ini menggunakan contoh control panel cPanel. Bila Anda menggunakan control panel yang lain di server/hosting, maka letak fitur dapat menyesuaikan.

  1. Login ke control panel hosting anda, kemudian masuk ke File Manager > public_html. Bila Anda menggunakan subfolder untuk website-nya maka masuk ke subfolder tersebut, kemudian buka file config.inc.php
Setting HTTPS di OJS
  1. Edit pada bagian force_ssl dan juga force_login_ssl.
  • force_ssl = On
  • force_login_ssl = On

    Keterangan:
  • Bila force_ssl dalam posisi On, maka otomatis akan mengaktifkan force ssl di halaman utama web, sekaligus halaman admin.
  • Bila force_ssl dalam posisi Off dan force_login_ssl dalam posisi On, maka force ssl hanya akan berfungsi pada halaman login.
  1. Simpan perubahannya.

Sampai tahap ini, setting HTTPS pada OJS telah selesai. Selanjutnya Anda dapat melakukan testing dengan cara mengakses website Anda melalui protokol HTTP. Jika secara otomatis diarahkan ke HTTPS, maka setting Anda telah berhasil. Namun jika tetap menggunakan HTTP, maka Anda perlu melakukan pengecekan kembali setting yang telah dilakukan sebelumnya.

Demikian cara setting HTTPS di Open Journal Systems (OJS), semoga bermanfaat!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Jasa Pembuatan Website Rumahweb

Gatot Antok Wibowo

Technical Support Rumahweb. Menyukai hal-hal baru.