Rumahweb's News, Article, and Tutorial of Web Development
cronjob php cpanel

Membuat Cron Job di cPanel Menggunakan Berbagai Versi PHP

Terkadang kita butuh menjalankan cron job menggunakan versi PHP yang berbeda-beda. Pada cPanel, disediakan beberapa versi PHP yang dapat digunakan sebagai cron job. Berikut informasi singkatnya:

  • /usr/bin/php — PHP versi ini menggunakan binari php-cgi (PHP CGI handler). Versi PHP yang digunakan, adalah versi default PHP pada server. Pada server Rumahweb, versi defautl PHP yang digunakan, adalah satu versi dibawah versi stabil PHP yang terbaru. Saat tulisan ini dibuat, menggunakan versi PHP 7.3. Hal ini karena versi terbaru dari PHP yang stabil adalah PHP 7.4.
  • /usr/local/bin/php — PHP versi ini menggunakan binari php-cli (PHP command-line handler). Versi PHP yang digunakan, seperti PHP versi yang digunakan php-cgi.
  • /usr/local/bin/ea-php# — PHP versi ini menggunakan versi PHP sesuai versi PHP yang ingin dijalankan. Silahkan melakukan pengecekan pada menu “MultiPHP Manager” untuk memastikan versi PHP yang tersedia pada server. Tanda “#” silahkan disesuaikan dengan versi PHP yang ingin digunakan. Jika ingin menggunakan PHP 7.3, menggunakan ea-php73/php73. Sedangkan untuk PHP 7.0 menggunakan ea-php70/php70, dst.
  • /opt/alt/php#/usr/bin/php – Pada server dedicated, kami menggunakan CloudLinux. Sehingga untuk server dedicated, cron job dapat menggunakan opsi alt-php dari CloudLinux. Seperti versi ea-php, tanda “#” silahkan disesuaikan dengan versi PHP yang ingin digunakan.

Untuk detail setting cron job, dapat dipelajari pada tulisan sebelumnya di halaman Panduan Setting Cron Jobs di cPanel.

Berikut adalah contoh seting cron job sesuai informasi seting versi PHP di atas:

Demikian panduan cron job di cPanel menggunakan berbagai versi PHP, Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Dodong Priyambodo

Bapak muda alumni roker, berhenti sejak covid-19.

Blog Competition