Rumahweb Journal
Banner - Memasang Google Analytics Melalui Plugin Google Site Kit

Memasang Google Analytics Melalui Plugin Google Site Kit

Setelah sebelumnya kami membahas tentang cara install plugin Google Site Kit di WordPress, kali ini kami akan berbagi cara memasang Google Analytics melalu plugin Google Site Kit.

Google Analytics adalah tools dari Google yang berfungsi untuk menampilkan statistik pengunjung pada website. Dengan Google Analytics, Anda dapat menganalisa perilaku pengunjung website Anda, mulai dari halaman yang paling banyak diakses, lama kunjungan, demografi pengunjung hingga kebiasaan yang dilakukan oleh pengunjung.

Dengan informasi tersebut, Anda bisa menyusun strategi agar pengunjung Anda semakin betah mengakses website hingga melakukan tindakan sesuai keinginan Anda. Contohnya pada toko online, diharapkan pengunjung melakukan pembelian produk pada website Anda.

Pasang Google Analytics di Google Site Kit

Pada panduan ini, kami akan berbagi cara memasang Google Analytics di WordPress, melalui perantara plugin Google Site Kit. Berikut langkah-langkahnya.

Step 1. Install plugin Google Site Kit

  1. Login ke halaman dashboard WordPress Anda.
  2. Klik menu Plugins > Add new > ketikkan ‘Google Site Kit’ pada kolom pencarian.
  3. Klik install dan aktifkan pluginnya.

Selengkapnya tentang cara install plugin Google Site Kit bisa dilihat pada panduan berikut: install Google Site Kit.

Step 2. Menghubungkan Google Analytics

Sebelum menghubungkan Google Analytics dengan plugin Site Kit, terlebih dahulu silahkan Anda login ke akun Gmail yang akan Anda gunakan sebagai administratornya. Setelah itu, Anda bisa mengikuti panduan berikut:

  1. Setelah berhasil install pluginnya, selanjutnya klik menu ‘Google Site Kit’ lalu pilih Analytics. Klik link connect service untuk mengkoneksikan ke Google Analytics.
  2. Anda akan diminta memilih akun Google yang akan digunakan untuk memberikan akses data dan Anda akan dimintai ijin terkait akses data tersebut. Klik allow untuk mengijinkan.
menghubungkan google analytics dengan WordPress
  1. Apabila Anda belum menambahkan domain ke Google Analytics, maka anda bisa memilih setup new acount, lalu create an account. Lanjutkan setup a new account di Google analytics seperti link panduan berikut: menambahkan akun
Setup new account
  1. Setelah account baru ditambahkan di Google Analytics, kemudian kembali ke menu Analytics di WordPress dan klik link “re-fetch my account” untuk memunculkan account yang baru dibuat, lalu pilih account tersebut dan klik configure Analytics.
memasang google analytics dengan plugin google site kit
  1. Apabila sudah berhasil maka akan ada notifikasi di dashboard “Congrats on completing the setup for Analytics!” dan pada bagian Analytics tertera connected.
google analytics dan plugin google site kit telah terhubung

Sampai tahap ini, proses pemasangan Google Analytics di WordPress melalui plugin Google Site Kit telah selesai. Selanjutnya Anda bisa melihat detail statistik pada Site Overview.

BACA JUGA: Cara Menghubungkan WordPress Dengan Google Analytics

Demikian panduan integrasi Google Analytics pada Google Site Kit, semoga bermanfaat!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

Gatot Antok Wibowo

Technical Support Rumahweb. Menyukai hal-hal baru.