Rumahweb Journal
OG migrasi Joomla ke WordPress

Cara Migrasi Konten Joomla ke WordPress

Salah satu CMS selain WordPress adalah Joomla, namun terkadang fitur yang disediakan oleh joomla kurang sesuai kebutuhan. Apabila sebelumnya Anda adalah pengguna Joomla dan ingin beralih menggunakan WordPress tanpa takut kehilangan konten yang sudah dibuat sebelumnya.

Kali ini kami akan memberikan tutorial untuk Anda cara memindahkan konten Joomla ke WordPress menggunakan plugin FG Joomla to WordPress.

Yang perlu dipersiapkan

Sebelum melakukan migrasi konten dari Joomla ke WordPress, ada beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan untuk memastikan proses migrasi berjalan dengan lancar dan data serta konten tidak hilang. Berikut adalah beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum melakukan migrasi:

1. Backup data dan konten situs Joomla

Sebelum memulai proses migrasi, pastikan untuk membuat backup data dan konten situs Joomla Anda. Hal ini sangat penting untuk melindungi data dan konten yang ada di situs Joomla Anda. Anda dapat menggunakan plugin backup Joomla seperti Akeeba Backup atau sejenisnya untuk membuat backup.

2. Siapkan website WordPress

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

Pastikan Anda telah menyiapkan website WordPress yang akan digunakan sebagai tujuan migrasi. Instal dan aktifkan plugin FG Joomla to WordPress di website WordPress Anda. Pastikan juga website WordPress Anda sudah siap untuk digunakan dengan konfigurasi yang sesuai.

3. Periksa kesesuaian tema WordPress

Jika Anda menggunakan tema WordPress yang berbeda dengan tema Joomla, pastikan untuk memeriksa apakah tema WordPress yang digunakan sudah mendukung atau cocok dengan jenis konten yang ingin Anda migrasikan. Anda dapat memeriksa tema WordPress yang Anda gunakan dan membandingkannya dengan tema Joomla sebelum melakukan migrasi.

4. Periksa plugin dan ekstensi Joomla

Pastikan untuk memeriksa plugin dan ekstensi Joomla yang digunakan pada situs Anda. Beberapa plugin atau ekstensi Joomla mungkin tidak akan tersedia di WordPress, sehingga Anda perlu mencari alternatif yang sesuai di WordPress atau memutuskan untuk tidak memindahkan konten yang menggunakan plugin atau ekstensi tersebut.

5. Akses ke dashboard admin WordPress.

Pastikan bahwa pengguna dan hak akses pada WordPress sudah disiapkan dengan benar. 

6. Detail database Joomla

Ketahui hostname, nama, username dan password dari database Joomla yang Anda gunakan. Anda bisa cek melalui cPanel > Databases.

Migrasi Joomla ke WordPress

Setelah mempersiapkan hal instalasi WordPress, informasi database joomla dan sebagainya, Anda dapat melanjutkan proses pemindahan konten dengan langkah-langkah berikut:

Step 1. Instal plugin FG Joomla to WordPress

Silakan login ke halaman dashboard WordPress, lalu pilih menu > Add New. Setelah itu, ketikkan FG Joomla to WordPress di kolom pencarian plugin. Kemudian klik tombol Install Now dan klik Activate setelah proses instalasi selesai.

Install plugin

Step 2. Migrasi Konten Joomla ke WordPress

Setelah Plugin FG Joomla to WordPress terpasang, pilih Tools > Import pada halaman dashboard WordPress. Pada halaman tersebut terdapat beberapa pengaturan untuk migrasi dari Joomla ke WordPress.

Setelah itu klik Empty WordPress content untuk menghapus konten pada instalasi WordPress Anda, seperti postingan, gambar, maupun konten lainnya yang ada di WordPress.

Empty WordPress content

Pada bagian Joomla web site parameters, silakan isi url Website joomla dan pilih metode HTTP

Insert url

Setelah itu lanjut untuk mengisi informasi database parameter joomla seperti berikut : 

Setting DNS
  • Hostname: Apabila website Joomla dan WordPress Anda masih dalam satu server/hosting, silakan isi dengan localhost. 
  • Port: isikan dengan angka 3306.
  • Database: Nama dari database MySQL Joomla Anda
  • Username: Username dari database MySQL Joomla Anda.
  • Password: Password dari database MySQL Joomla Anda.
  • Joomla Table Prefix: Prefix dari tabel database Joomla.

Setelah mengisi informasi database diatas, silakan klik tombol Test the database untuk memastikan koneksi ke database joomla berhasil dengan baik. 

Test sucsesfull

Pada kolom Behavior, silakan bisa sesuaikan settingnya seperti tampilan dibawah ini.

Setting behavior

Setelah itu klik Save Settings dan klik Start / Resume the Import untuk memulai proses pemindahan konten Joomla ke WordPress.  Setelah import selesai, langkah berikutnya adalah modifikasi link internal website. Silakan cukup klik tombol Modify Internal Link seperti berikut

Modify internal link

Sebagai informasi, migrasi konten Joomla ke WordPress ini hanya memindahkan post, kategori dan image saja. Tidak termasuk theme dan tata letak seperti yang berada di Joomla. Tampilan akan menyesuaikan dengan theme WordPress yang Anda gunakan

Demikian penjelesan tentang panduan pemindahan konten Joomla ke WordPress, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Denny Oktafianto