Rumahweb Journal
Banner - Apa itu Kali Linux adalah

Apa itu Kali Linux? Definisi, Fungsi hingga Penggunaannya

Bagi Anda pengguna OS Windows, mungkin merasa asing dengan istilah Kali Linux. Namun istilah ini tentu tidak asing bagi seorang FOSS atau pengguna Linux. Lalu, apa itu Kali Linux dan apa bedanya dengan OS Linux lainnya?

Pada panduan ini, kami akan menjelaskan tentang apa itu kali linux hingga cara penggunaannya. Mari simak journal ini sampai selesai.

Apa itu Kali Linux?

Kali Linux adalah turunan dari sistem operasi BackTrack Linux yang dikembangkan oleh Offensive Security pada tahun 2013. Sebelumnya, BackTrack telah menjadi salah satu sistem operasi paling populer bagi para profesional keamanan.

Kali Linux berfungsi sebagai pengganti BackTrack yang lebih stabil dan berfitur lengkap, serta menyediakan dukungan untuk lebih banyak arsitektur hardware dan platform.

Sejak diluncurkan, Kali Linux telah menjadi sistem operasi populer yang digunakan di seluruh dunia untuk kegiatan pengujian penetrasi, riset keamanan, forensik komputer, dan rekayasa balik.

Penggunaan Kali Linux

Kali Linux adalah open-source, distribusi Linux berbasis Debian yang ditujukan untuk berbagai tugas keamanan informasi, seperti pengujian penetrasi, riset keamanan, forensik komputer, dan rekayasa balik.

Dalam penggunaannya, Kali Linux dapat membantu para profesional keamanan dan hacker etis untuk melakukan pengujian penetrasi pada jaringan dan sistem komputer, sehingga dapat menemukan kelemahan dan kerentanan yang ada.

Kali Linux dilengkapi dengan berbagai alat bantu yang digunakan dalam pengujian penetrasi, seperti alat untuk pemindaian jaringan, pemecahan sandi, dan pengecekan kelemahan dalam sistem.

BACA JUGA : VPS Windows vs Linux, Manakah yang Terbaik untuk Saya?

Fungsi serta Tools Kali Linux

Saat ini, terdapat lebih dari 600 alat dan tool yang tersedia di dalam sistem operasi Kali Linux. Jumlah ini terus bertambah seiring dengan adanya penambahan alat dan fitur baru yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Selain itu, Kali Linux juga dilengkapi dengan sistem manajemen paket yang memungkinkan pengguna untuk menginstal alat dan aplikasi tambahan secara mudah dan cepat melalui repositori yang tersedia.

Tools Kali Linux Populer

Berikut beberapa tool populer yang ada di Kali Linux.

  1. Metasploit Framework – Framework untuk melakukan penetrasi dan pengujian keamanan
  2. Nmap – Pemindai jaringan dan pemindaian port
  3. Wireshark – Penganalisis jaringan yang mampu merekam dan memeriksa data paket
  4. Aircrack-ng – Alat pemecah sandi nirkabel yang dapat digunakan untuk menguji keamanan jaringan nirkabel
  5. John the Ripper – Alat pemecah sandi dan autentikasi yang terkenal
  6. Hydra – Alat untuk melakukan serangan brute-force pada layanan autentikasi
  7. Burp Suite – Platform untuk melakukan uji penetrasi pada aplikasi web
  8. Hashcat – Alat pemecah sandi yang sangat cepat
  9. Sqlmap – Alat untuk mengotomatisasi serangan SQL injection pada aplikasi web
  10. Maltego – Alat visualisasi data yang berguna dalam melakukan pengumpulan informasi dan analisis.

Bagi Anda yang memiliki keinginan belajar dan mendalami Kali Linux atau pekerjaan dibidang rekayasan keamanan, Anda dapat mengikuti Courses yang disediakan situs resmi kali.org.

Perbedaan Kali Linux dengan OS Linux lainnya

Kali Linux adalah distribusi Linux yang dirancang khusus untuk pengujian keamanan dan penetrasi. Sebagai distribusi yang disesuaikan dengan keamanan, Kali Linux sudah dilengkapi dengan banyak sekali tools untuk melakukan pengujian keamanan dan penetrasi pada sistem.

Sementara itu, OS Linux lainnya, seperti Ubuntu, Debian, Fedora, dan CentOS, dirancang dengan tujuan yang lebih umum, seperti desktop atau server, dan memiliki kegunaan yang lebih luas di luar lingkup keamanan. Mereka menyediakan pengguna dengan berbagai aplikasi yang sangat bervariasi, termasuk pengembangan web, perangkat lunak kantor, multimedia, dan lain-lain.

Perbedaan lainnya adalah bahwa Kali Linux didesain dengan fokus pada penggunaan di lingkungan pen-testing, sementara OS Linux lainnya lebih cenderung mengejar kegunaan yang lebih umum.

Baca Panduan Selanjutnya: Cara Download dan Install Kali Linux di VirtualBox

Kesimpulan

Kali Linux adalah distribusi Linux yang dirancang khusus untuk pengujian keamanan dan penetrasi. OS Kali Linux bukanlah alat yang dirancang untuk melakukan tindakan yang merugikan pihak lain. Sebaliknya, Kali Linux bertujuan untuk membantu meningkatkan keamanan jaringan dan sistem komputer. Sehingga dapat meminimalkan risiko serangan dan pelanggaran keamanan yang mungkin terjadi.

Secara singkat, perbedaan utama antara Kali Linux dan OS Linux lainnya adalah fokus keamanannya, alat bawaannya, serta aplikasi dan paket perangkat lunak yang disediakan.

Demikian artikel kami tentang apa itu Kali Linux, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4.6 / 5. Vote count: 11

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

SSL Murah

Rudiharto

Halo! Saya Rudi, bekerja di Rumahweb sebagai Technical Support. Saya menyukai WordPress, SitePro, Blogspot, dan rutin menulis tutorial. Saya akan membantu Anda membuat beberapa hal teknis mudah dipahami :)