Rumahweb Journal
Banner - Hostload Exceeded - Pengertian, Penyebab dan Pengecekannya

Hostload Exceeded: Pengertian, Penyebab dan Pengecekannya

Apakah saat ini Anda mengalami kendala Hostload Exceeded pada laporan kegagalan crawl di Google Search Console? Percayalah, Anda tidak sendirian! Kendala ini juga dialami oleh ribuan blogger di seluruh dunia.

Sejak Google melakukan update algoritma pada 5 Oktober 2023, banyak website yang mengalami kegagalan crawl indexing dengan pesan error “Hostload Exceeded”. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan tentang apa itu Hostload Exceeded, penyebab, hingga solusi yang bisa dilakukan. Simak informasinya berikut ini!

Apa itu Hostload Exceeded

Hostload Exceeded adalah kapasitas maksimum permintaan crawling atau inspeksi Google pada sebuah website. Google tidak dapat menjalankan pengujian sampai beban lalu lintas Anda (seperti yang diperkirakan oleh Google) turun.

Dari pesan error tersebut, banyak yang beranggapan bahwa penyebab error ini adalah hosting atau server yang digunakan. Entah resource hosting atau server mengalami limit, hingga konektivitas ke hosting atau server yang bermasalah. Namun, apakah benar demikian?

Penyebab Hostload Exceeded

Sejak pertama kali menerima laporan pada 19 Oktober 2023, kami segera melakukan pengecekan, apakah kendala ini terjadi dari sisi hosting kami atau bukan. Pengecekan dilakukan pada salah satu domain dari pengguna layanan hosting di Rumahweb.

Ada beberapa parameter yang kami gunakan, seperti server load, ModSecurity, hosting load pada account yang mengalami kendala, hingga Networking.

Dari beberapa parameter tersebut, kami tidak menemukan masalah pada sisi server atau hosting. Semua parameter menunjukkan hal positif. Lalu dari mana kendala ini berasal?

Kami telah melakukan penelusuran dari berbagai sumber. Mulai dari Search Console Help, Google Search Central, forum-forum, hingga ke media sosial. Dari penelusuran tersebut, kami menemukan fakta bahwa kendala ini juga banyak dikeluhkan oleh blogger atau web developer dari seluruh dunia.

Selanjutnya, muncullah pertanyaan, apakah mungkin ini kesalahan Googlebot atau Google Crawl? 

Setelah pencarian yang lebih mendalam lagi, akhirnya kami menemukan sedikit titik terang di salah satu unggahan di Twitter, atau X. Google Search Advocate, John Muller, menjelaskan bahwa kendala Hostload Exceeded disebabkan spamming pada fitur Inspeksi URL atau Submit to Indexing Tool. Hal inilah yang menyebabkan Googlebot atau Crawler menjadi load.

Pembahasan Hostload Exceeded dari John Muller

Menurutnya, kendala ini tidak perlu dikhawatirkan, karena proses indexing akan tetap berjalan secara normal. 

Iseng-iseng, kami juga mencoba menggunakan Bard, fitur AI dari Google, untuk mengonfirmasi kendala ini. Kami coba meminta penjelasan tentang kenapa Hostload Exceeded bisa terjadi, dan melaporkan pengecekan hosting atau server yang tidak terkendala. 

Jawaban dari Bard hampir sama dengan analisis yang kami lakukan sebelumnya: kendala memang disebabkan dari Googlebot. Google pun telah mengakui adanya masalah ini dan sedang berupaya untuk memperbaikinya.

Jawaban Google Bard tentang Hostload Exceeded

Dari berbagai sumber yang kami pelajari dan analisis, hampir bisa dipastikan bahwa kendala Hostload Exceeded disebabkan oleh Googlebot atau Google Crawler. Namun, Kami masih belum mengetahui pasti mengapa error ini bisa terjadi. 

Kami menduga, penyebabnya mungkin lebih dari satu faktor. Namun, satu hal yang pasti, spamming pada URL Inspection Google Search menjadi salah satu faktor kuat di balik kekisruhan beberapa waktu belakangan. 

Apa yang perlu dilakukan?

Setelah mengetahui apa itu error Hostload Exceeded dan penyebabnya. Dapat ditarik kesimpulan bahwa error ini disebabkan oleh Google Crawler. Anda pun tidak perlu melakukan apapun untuk menangani hal ini.

Beberapa langkah yang dapat dilakukan adalah dengan tidak melakukan inspeksi URL secara berlebihan, dan memastikan server dapat diakses dengan baik. Namun, menilik dari penyebabnya, berikut beberapa saran yang dapat Anda lakukan untuk memastikan bahwa server tetap dapat di-index dengan normal. Berikut beberapa saran yang dapat Anda lakukan:

1. Cek Resource 

Lakukan pengecekan resource usage pada layanan hosting atau server yang digunakan. Berikut referensi untuk melakukan pengecekan pada resource hosting dan VPS:

Pastikan bahwa resource hosting Anda tidak load atau limit. 

2. Cek batas kecepatan crawling

Anda dapat menginstruksikan Google untuk menyesuaikan batas kecepatan crawling sesuai dengan yang direkomendasikan. Pengaturan ini dapat dilakukan melalui Google Search Console dengan langkah berikut: 

  • Akses link Google Search Console.
  • Pilih property website yang akan disetting
  • Pilih opsi crawl rate Let Google optimize for my site (recommended).

Penjelasan secara detail tentang crawl rate bisa Anda baca pada artikel berikut:

3. Cek plugin SEO yang digunakan

Selain faktor spamming URL Inspection, ada kemungkinan faktor lain yang turut andil menyebabkan error Hostload Exceeded. Misalnya, plugin yang di-setting agar melakukan request indexing terus menerus. 

Salah satu plugin yang dapat Anda gunakan untuk “Get crawled in a minute” adalah Rankmath. 

Kami hanya bisa berpesan agar Anda lebih bijak untuk menggunakan fitur ini. Namun tentu kami tidak bisa membatasi Anda untuk melakukan practice SEO sesuai kebutuhan. 

Kesimpulan

Berdasarkan hasil analisis kami, Hostload Exceeded disebabkan karena Googlebot atau Google Crawler mengalami load. Salah satu penyebabnya adalah karena spamming URL Inspection. 

Jika Anda saat ini sedang mengalami kendala tersebut, jangan terlalu khawatir karena Google akan tetap melakukan indexing secara normal. Anda hanya perlu sabar menunggu hingga Google melakukan perbaikan terkait masalah tersebut. 

Hingga artikel ini diterbitkan, belum ada estimasi waktu perbaikan yang disampaikan. Namun kami yakin masalah ini menjadi salah satu concern utama Google untuk segera memperbaikinya. Selain itu di beberapa forum yang kami ikuti, ada beberapa user yang melaporkan error ini hilang tanpa melakukan apapun. Jadi, sabar adalah koentji!

Demikian artikel kami tentang Hostload Exceeded hingga apa yang harus Anda lakukan. Semoga bermanfaat!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 4

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

Lutfi Hanif

I am an SEO enthusiast, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for both Journal and Rumahweb Blog.