Rumahweb Journal
banner - Cara Cek Resource Usage VPS melalui Power Panel

Cara Cek Resource Usage di VPS Melalui Virtualizor dan SSH

Ada setidaknya dua cara yang bisa Anda lakukan, untuk melihat resource usage pada VPS yaitu melalui halaman Virtualizor dan SSH. Pada panduan ini, kami akan berbagi cara cek resource usage di VPS melalui dua opsi tersebut.

Bagi Anda yang belum memahami apa itu Virtualizor atau SSH, kami akan mengulas kembali secara singkat penjelasannya. Berikut informasinya.

Apa itu Virtualizor?

Virtualizor atau bisa juga disebut dengan Power panel adalah sebuah tools yang bisa Anda gunakan untuk mengelola virtual server. Di halaman Virtualizor, Anda bisa melakukan start, stop, restart, backup hingga restore backup VPS secara mudah.

Bagi Anda yang telah berlangganan layanan VPS KVM di Rumahweb, Anda akan diberikan akses ke halaman Virtualizor yang bisa diakses melalui Clientzone.

Selain mengelola service VPS, Anda juga bisa melihat resource usage di VPS untuk melihat performanya. Sayangnya, informasi resource usage di Virtualizor tidak terupdate secara realtime, sehingga Anda hanya bisa melihat resource terpakai dalam beberapa jam kebelakang.

Apa itu SSH?

SSH adalah singkatan dari Secure Shell Connection, yaitu protokol yang digunakan oleh seseorang untuk melakukan remote server atau hosting.

Umumnya, Anda bisa menggunakan aplikasi seperti Putty hingga terminal di komputer untuk terkoneksi ke SSH. Anda bisa menggunakan port SSH, username root dan password root VPS untuk dapat terkoneksi.

Informasi lebih lengkap tentang SSH bisa Anda pelajari melalui artikel: Apa itu SSH?

Cek resource usage di VPS

Pada panduan ini, kami akan berbagi cara untuk cek resource VPS melalui Virtualizor dan SSH. Berikut langkah-langkahnya.

Virtualizor

  1. Langkah pertama, silahkan login ke Virtualizor seperti panduan berikut.
  2. Login dengan menggunakan user dan password root VPS Anda.
vzpanel login

Bagi Anda yang menggunakan layanan VPS KVM, login ke virtualizor bisa dilakukan melalui Clientzone dengan panduan: Login Virtualizor

  1. Setelah login, silahkan klik tombol manage pada VPS yang akan diperiksa resourcenya.
manage button vzpanel
  1. Kemudian klik tombol processes untuk melihat proses yang sedang berjalan, atau klik system alert untuk melihat penggunaan resource yang menyebabkan kendala pada VPS seperti akses lambat atau yang lain.
cara cek resource usage vps di power panel

Cek resource usage melalui SSH

Dalam beberapa kasus, Anda perlu melakukan pengecekan resource usage secara langsung melalui terminal atau SSH. Sebagai contoh, ketika VPS Anda mengalami load hingga gagal akses.

Dengan SSH, Anda bisa melihat resource CPU dan memory usage secara realtime pada VPS. Berikut beberapa perintah yang bisa Anda gunakan untuk melihat resource usage melalui SSH.

Uptime

Perintah uptime dapat dipergunakan untuk melihat berapa lama server UP atau Online. Penggunakan uptime cukup dengan mengetikan perintah uptime.

uptime

Keterangan:

  • 05:32:32 adalah waktu / jam yang ditayangkan dari sisi server
  • UP adalah status server sedang online
  • 16 Days 12:33 adalah server telah UP selama 16 Hari 12jam 33menit
  • 2 users adalah terdapat 2 user online saat ini
  • load average adalah rata-rata cpu saat ini ( 1 menit, 5 dan 15 menit )

Top

Perintah top dapat dipergunakan untuk memeriksa penggunakan CPU, Memory dan command (perintah apa saja) yang menggunakan resource Memory dan CPU.
Penggunaan perintah top dapat dijalankan dengan mengetikkan top.

Keterangan:

  • baris pertama : berisikan perintah sama dengan perintah UPTIME
  • baris kedua : berisikan total perintah/aplikasi yang sedang berjalan beserta dengan status perintah/aplikasi tersebut ( Running, Sleeping, Stopped, Zombie)
  • ketiga : berisikan jumlah penggunaan CPU dari aplikasi/perintah yang sedang berjalan
  • keempat : berisikan jumlah memory dari aplikasi/perintah yang sedang berjalan
  • baris selanjutnya adalah baris detail penggunakan cpu, memory yang sedang berjalan, pada baris ini akan terlihat user dan Process ID (PID) yang menggunakan aplikasi/perintah tersebut.

Untuk default perintah top kemungkinan masih kesulitan untuk memeriksa dimana user, sehingga bisa dimodifikasi perintah top untuk analisa penggunaan cpu dan memory.

top -o %CPU : perintah ini untuk sorting/mengurutkan penggunaan cpu dari yang terbersar

top -o %MEM : perintah ini untuk sorting/mengurutkan penggunaan memory dari yang terbesar.

free -m

Perintah free -m adalah perintah untuk melihat penggunaan memory yang dipergunakan saat ini.

ps

Perintah ini untuk memeriksa detail cpu dan memory yang sedang berjalan. Untuk perintah yang sering dipergunakan penggunaan resource cpu dan memory melalui perintah ps adalah ps -faux

Apabila ingin melakukan sorting cpu atau memory pada perintah “ps” bisa menggunakan perintah berikut:

  • ps -faux | sort -k3 : sorting berdasarkan memory pada perintah ps dan diuruttkan paling bawah
  • ps -faux | sort -k2 : sorting berdasarkan cpu pada perintah ps dan diuruttkan paling bawah.

Apabila anda sudah mengetahui user cPanel yang menggunakan resource cpu dan atau memory besar bisa melakukan kill user dengan menggunakan perintah pkill -u userCpanel.

Kami menyarankan untuk melakukan kill proses pada “user cpanel”, karena perintah tersebut tergolong aman dan tidak menyebabkan kerusakan/corrupt pada aplikasi yang berjalan disisi server.

Apabila VPS Anda sering mengalami gagal akses karena service httpd atau mysql offline, atau sering mengalami kendala karena resource limit, kami sarankan agar Anda segera melakukan upgrade resource VPS yang digunakan. Hal ini bertujuan agar aplikasi atau website Anda dapat berjalan dengan baik dan lancar, sesuai system requirements yang dibutuhkan.

Demikian cara cek resource usage pada VPS melalui Virtualizor dan SSH di Rumahweb. Semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Syahrizal Widiarto

Staff Teknis yang kadang menyamar sebagai Blogger dan Gamers.