Rumahweb Journal
Banner - Apa itu FFmpeg Pengertian dan Cara Menggunakannya

Apa itu FFmpeg? Pengertian dan Cara Menggunakannya

FFmpeg adalah aplikasi open source yang berfungsi untuk menjalankan dan mengonversi berbagai macam format multimedia, baik berupa format audio maupun video. Bagi yang ingin mengetahui lebih dalam tentang apa itu FFmpeg serta cara menggunakannya, Anda bisa menyimak panduan ini.

Pengembangan website telah mengalami kemajuan yang pesat. Di awal kemunculannya, website hanya berisikan informasi sederhana berupa teks dan gambar dengan resolusi rendah. Kini kita bisa menonton video, mendengarkan musik dan bermain game secara interaktif, hanya melalui web browser.

Dengan semua kemajuan teknologi informasi saat ini, orang-orang bisa menikmati konten apapun, dari lokasi manapun, dan dari perangkat apapun, asalkan memiliki aplikasi web browser dan terhubung ke internet. Dunia telah terkoneksi dan menjadi satu, dalam sebuah media yang portabel.

Untuk menghadirkan website berupa teks, gambar, audo dan video, sebuah server memerlukan aplikasi atau program yang berfungsi untuk menyimpan, menjalankan dan menghadirkan konten yang diinginkan.

Apabila Apache dan MySQL adalah seperangkat aplikasi yang paling banyak digunakan untuk menjalankan website teks dan gambar, maka untuk menjalankan website dengan konten multimedia, Anda bisa menggunakan FFmpeg.

Apa Itu FFmpeg?

FFmpeg adalah aplikasi open source yang memiliki fungsi untuk menjalankan dan mengonversi berbagai macam format multimedia, baik audio maupun video. FFmpeg terdiri dari aplikasi pemutar dan library, yang bisa digunakan untuk memutar file multimedia, maupun digunakan sebagai backend untuk menjalankan fungsi-fungsi terkait konten multimedia.

Dengan FFmpeg, Anda bisa menghadirkan fungsi konversi, upload, membuat thumbnail maupun memutar konten multimedia secara streaming di website. Selain itu, tentu saja, FFmpeg juga bisa Anda gunakan sebagai aplikasi standalone untuk menjalankan beragam keperluan pengolahan multimedia di komputer secara offline, selaiknya aplikasi multimedia yang lain.

Cara install FFmpeg di VPS

FFmpeg adalah aplikasi open source yang bisa diinstalasikan dengan mudah di beragam distribusi Linux. Berikut langkah-langkah Instalasi FFmpeg di VPS KVM Rumahweb.

Opsi 1. Install FFmpeg di VPS Debian / Ubuntu

Masuk ke VPS Anda melalui SSH, kemudian jalankan perintah-perintah sebagai berikut:

# apt update
# apt install ffmpeg

Opsi 2. Install FFmpeg di Centos 7

Masuk ke VPS Anda melalui SSH, kemudian jalankan perintah-perintah sebagai berikut:

# yum install epel-release
# yum localinstall --nogpgcheck https://download1.rpmfusion.org/free/el/rpmfusion-free-release-7.noarch.rpm
# yum install ffmpeg

Opsi 3. Install FFmpeg di AlmaLinux / Rocky Linux / RHEL 8

Masuk ke VPS Anda melalui SSH, kemudian jalankan perintah-perintah sebagai berikut:

# dnf -y update
# dnf -y install https://download.fedoraproject.org/pub/epel/epel-release-latest-8.noarch.rpm
# yum-config-manager --enable powertools
# dnf install --nogpgcheck https://mirrors.rpmfusion.org/free/el/rpmfusion-free-release-8.noarch.rpm -y
# dnf install --nogpgcheck https://mirrors.rpmfusion.org/nonfree/el/rpmfusion-nonfree-release-8.noarch.rpm -yv
# dnf install -y ffmpeg

Opsi 4. Install FFmpeg di AlmaLinux / Rocky Linux / RHEL 9

Perintah yang harus Anda jalankan untuk melakukan instalasi FFmpeg di AlmaLinux 9 sama dengan langkah pada instalasi pada AlmaLinux 8. Anda hanya perlu mengganti angka 8 dengan 9 pada bagian baris sebagai berikut:

# dnf -y install https://download.fedoraproject.org/pub/epel/epel-release-latest-9.noarch.rpm
# dnf install --nogpgcheck https://mirrors.rpmfusion.org/free/el/rpmfusion-free-release-9.noarch.rpm -y
# dnf install --nogpgcheck https://mirrors.rpmfusion.org/nonfree/el/rpmfusion-nonfree-release-9.noarch.rpm -yv

Cara menggunakan FFmpeg

Setelah berhasil melakukan instalasi FFmpeg, selanjutnya Anda sudah bisa menggunakan FFmpeg untuk mendeploy website multimedia di VPS. Berikut cara menggunakan FFmpeg.

FFmpeg Sebagai Aplikasi Standalone

FFmpeg bisa digunakan untuk beragam fungsi pemrosesan file multimedia. Salah satu fungsi yang paling banyak digunakan adalah untuk melakukan konversi file multimedia, dari satu format ke format yang lain.

Untuk melakukan konversi file multimedia, Anda bisa menggunakan perintah dengan format sebagai berikut:

# ffmpeg -i file_input file_output

Sebagai contoh, Anda ingin melakukan konversi file video berformat mp4 menjadi avi, maka perintahnya menjadi sebagai berikut:

# ffmpeg -i videoku.mp4 videoku.avi
FFmpeg adalah sebagai aplikasi standalone

FFmpeg Sebagai Backend

Selain sebagai aplikasi standalone, FFmpeg juga bisa digunakan sebagai backend untuk pemrosesan format multimedia di website. Untuk website berbasis PHP, Anda bisa menggunakan PHP-FFmpeg. Dokumentasi selengkapnya bisa Anda baca di halaman project PHP-FFmpeg di URL berikut: https://github.com/PHP-FFmpeg/PHP-FFmpeg

Apabila Anda menggunakan CMS WordPress, ada beberapa plugin WordPress yang berfungsi untuk menghadirkan pemrosesan multimedia di website. Berikut beberapa plugin multimedia populer di WordPress, yang bekerja dengan menggunakan FFmpeg sebagai backend:

  • Videopack
  • WP Video Posts
  • Spreebie Transcoder
  • Open Beacon MP4 Conversion and Compression

Penutup

FFmpeg adalah seperangkat aplikasi dan library open source yang memiliki fungsi yang sangat lengkap, yang bisa Anda gunakan untuk melakukan beragam pengolahan multimedia, mulai dari konversi, trimming, merge, burning subtitle dan lain sebagainya. Ada banyak referensi online yang bisa Anda pelajari untuk menggunakan FFmpeg sebagai aplikasi pengolahan multimedia tingkat lanjut.

Dipadupadankan dengan layanan VPS, Anda juga bisa membuat sebuah website dengan konten multimedia yang mumpuni. Demikian artikel journal tentang Apa itu FFmpeg, pengertian dan cara menggunakannya. Semoga bisa menjadi referensi untuk membantu Anda mengolah atau membangun website dengan konten multimedia.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 3.6 / 5. Vote count: 7

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

Alwan Rosyidi

FOSS enthusiast. Technical Support Rumahweb.