Rumahweb Journal
cara-addon-domain-di-webmin

Cara Addon Domain di Webmin

Webmin adalah interface atau aplikasi berbasis web yang digunakan untuk sistem system administration tools pada Unix/Linux. Pada artikel kali ini, kami akan berbagi cara addon domain di Webmin server.

Agar penjelasan kami lebih mudah dipahami, sebelum masuk tahap add on domain di Webmin, kami akan menjelaskan pengertian dan fungsi Webmain secara singkat.

Apa itu Webmin

Webmin adalah panel yang mempermudah penggunanya untuk melakukan konfigurasi Sistem Operasi Berbasis Unix/Linux. Webmin dapat dioperasikan menggunakan semua jenis web browser. Dengan Webmin, Anda bisa menambah atau mengatur user account, DNS, Apache, file sharing dan banyak lagi fitur lainnya.

Sebelum mulai mengikuti tutorial cara addon domain di Webmin ini, silakan siapkan VPS yang sudah terinstall Webmain. Bagi yang belum install, silakan mengikuti tutorial Cara Install Webmin di VPS terlebih dahulu.

Cara Addon Domain di Webmin

  1. Login Webmain VPS Anda dari browser, melalui URL https://ipvps:10000
login webmin
  1. Buat direktori root domain dan folder public_html untuk menyimpan semua file yang ada di domain tersebut. Masuk menu Tools > File Manager > klik File > Create New Directory.
buat document root untuk domain

Masuk folder yang sudah dibuat (dalam contoh kami memakai domain panduanwordpress.my.id), lalu create directory dengan nama public_html.

public html webmin
  1. Membuat virtual host domain. Cari menu Apache Webserver dikolom pencarian. Klik Create virtual host lalu isi seperti keterangan dibawah ini:
  • Port: pilih radio button paling kanan dan isi port 80
  • Document Root: klik icon dokumen pada form kemudian pilih folder public_html yang tadi dibuat
  • Server name: isi dengan nama domain yang akan ditambah, (dalam contoh kami memakai domain panduanwordpress.my.id)
addon domain di webmin dengan menambah virtual host

Jika tidak ada menu Apache Webserver tidak ada, kita harus install dahulu. Ketik Apache Webserver dikolom pencarian > klik Install Now tunggu loading. Setelah selesai dan muncul package > klik Install lagi > tunggu sampai instalasi selesai. Selanjutnya, Anda bisa ulangi langkah 3.

install apache webserver
  1. Setelah selesai membuat virtual host, buat server alias. Klik icon Virtual server > Networking and Addresses > isi Alternate virtual server names > klik Save
edit-virtual-host-untuk-membuat-server-alias
virtual server alias
  1. Langkah terakhir klik Apply changes
apply change apache webserver di webmin

Baca juga artikel: Control Panel VPS Gratis Yang Paling Populer

Kesimpulan

Webmin adalah salah satu panel VPS yang super ringan, gratis dan banyak digunakan oleh pengguna VPS. Panel ini cocok digunakan oleh pemula yang baru belajar system administrator. Cukup beberapa langkah Anda sudah selesai menambahkan atau add domain di Webmin VPS.

Sebagai tambahan, jangan lupa mengarahkan atau mem-pointing domain Anda ke IP VPS. Agar domainnya dapat diakses diinternet.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 3.7 / 5. Vote count: 3

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Rudiharto

Halo! Saya Rudi, bekerja di Rumahweb sebagai Technical Support. Saya menyukai WordPress, SitePro, Blogspot, dan rutin menulis tutorial. Saya akan membantu Anda membuat beberapa hal teknis mudah dipahami :)