Rumahweb Journal
Banner - Apa itu Domain Privacy Protection

Apa itu Domain Privacy Protection?

Setiap nama domain yang aktif akan memiliki catatan yang dapat diakses secara public, termasuk oleh pemilik domain tersebut. Informasi seperti nama, alamat, kota, kode pos, negara, nomor telepon dan alamat email dapat terbaca pada Whois. Domain privacy protection hadir agar informasi data pemilik domain tidak dapat dilihat pada query whois.

Pada panduan ini, kami akan berbagi informasi tentang apa itu domain privacy protection, fungsi hingga cara mengaktifkannya. Berikut informasi selengkapnya.

Pengertian domain privacy protection

Domain Privacy protection adalah fasilitas dalam domain manager yang berfungsi untuk menyembunyikan informasi kepemilikan domain. Informasi kepemilikan domain dapat dilihat melalui query whois, seperti whois.com hingga domaintools. Pada website tersebut, Anda hanya perlu mengetikkan nama domain yang ingin Anda cari, maka semua informasi akan terlihat.

Tentu informasi ini sangat berbahaya, ketika data pemilik domain dapat diketahui oleh banyak orang. Karena itu, fitur domain privacy protection ini hadir untuk melindungi data informasi kepemilikan domain.

Dengan fitur ini, informasi data kepemilikan domain akan disembunyikan, sehingga data Anda sebagai pemilik domain akan lebih aman. Namun ada beberapa informasi yang tidak bisa disembunyikan seperti kapan domain akan expired, dimana domain diaktifkan hingga informasi Nameserver domain yang digunakan.

Dari informasi diatas, ada beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan terkait domain protection. Berikut kami susun FAQ tentang informasi domain privacy protection.

Mengapa Whois merekam informasi tersebut?

ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers) memerlukan data pendaftaran domain untuk memuat informasi kontak Anda. Artinya sebagai pengecekan, apakah nama domain tersebut masih tersedia atau tidak.

Selain itu digunakan untuk tujuan yang sah seperti verifikasi kepemilikan nama domain untuk permintaan transfer. Atau contoh lain, Instansi atau perorangan juga dapat menggunakan catatan ini untuk menghubungi pemegang domain yang melanggar hak cipta atau hak milik lainnya.

Apa yang dapat dilakukan untuk melindungi privasi Anda?

Sejak undang-undang GDPR diresmikan, Rumahweb telah mengaktifkan fitur Privacy protection pada setiap domain yang diaktifkan. Artinya, semua pelanggan domain di Rumahweb tidak perlu khawatir karena data kepemilikan Anda di proteksi pada query whois.

Informasi tentang kebijakan Domain privacy protection di Rumahweb bisa dilihat pada halaman berikut: Penyesuaian Layanan Privacy Protection

Apa saja keunggulan domain Privacy protection?

Setelah privacy protection diaktifkan pada domain Anda, maka informasi pribadi Anda tidak lagi publik. Spammer tidak dapat menggunakannya untuk menemukan alamat email atau mengirimkan kepada Anda mengenai informasi yang tidak valid/tipuan mengenai domain renewal dari pihak yang tidak bertanggungjawab.

Bagaimana menambahkan domain Privacy protection pada domain saya?

Tergantung pada saat proses registrasi domain Anda. Kontak perusahaan dimana Anda meregistrasi domain dan tanyakan mengenai domain Privacy protection.

Di Rumahweb, default privacy protection untuk seluruh domain diaktifkan secara gratis. Namun bagi Anda yang membutuhkan Privacy Protection & Managed Contact (PPMC), Anda bisa menambahkan fitur ini pada saat membeli domain di Rumahweb. Berikut contohnya :

Fitur Domain Privacy Protection & Managed Contact

Demikian artikel kami tentang apa itu domain privacy protection, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Domain & Hosting Gratis di Rumahweb

Rumahweb