Rumahweb Journal
OG Cara cek kuota pada hosting cpanel

Disk Space : Pengertian dan Cara Cek Kuota Hosting cPanel

Setelah beberapa lama digunakan, jumlah disk space pada hosting akan semakin bertambah. Ketika disk space pada hosting penuh, hal ini bisa menyebabkan website anda akan gagal diakses atau email anda tidak lagi bisa digunakan. Tentu anda tidak ingin mengalaminya bukan?

Karena itu, pada panduan ini kami akan berbagi cara cek kuota hosting cPanel di Rumahweb. Namun sebelumnya, yuk kita pahami apa itu disk space dan bagaimana cara menghitungnya.

Apa itu Disk Space ?

Disk space adalah kapasitas penyimpanan data yang dapat kita simpan pada sebuah hard disk atau server penyimpanan. Ada beberapa satuan ukur yang sering kita dengar seperti megabyte (MB), Gigabyte (GB) dan Terabyte (TB).

Pada layanan hosting, disk space biasanya terpakai untuk menyimpan file website, database hingga email. Sedangkan pada pengguna VPS, disk space juga bisa terpakai untuk instalasi Operating system yang digunakan, control panel VPS, file website, database hingga emailnya. Konten artikel berupa text dan gambar juga akan mengurangi disk space pada server anda.

Karena itu, semakin banyak anda menyimpan data pada hosting, maka semakin besar juga disk space yang terpakai. Lalu, bagaimana cara kita mengetahui disk space kuota yang terpakai?

Cara cek kuota hosting di cPanel

Kita bisa melihat jumlah disk space terpakai pada hosting melalui control panel yang digunakan. Bagi anda pengguna layanan shared hosting, cloud hosting dan unlimited hosting di Rumahweb, cek kuota hosting bisa dilakukan melalui cPanel pada menu disk usage.

Baca juga artikel : Cara Cek Disk Usage di Plesk Panel

Informasi disk usage tertera pada sidebar cPanel, namun hanya informasi jumlah yang digunakan. Jika anda membutuhkan informasi yang lebih lengkap, anda bisa klik menu ‘Disk Usage’.

Cara Pengecekan Quota Hosting cPanel

Dari menu tersebut, kita bisa melihat ukuran masing-masing direktori. Sehingga kita bisa mengetahui folder mana yang membuat account hosting kita penuh. Contoh tampilan disk space usage adalah sebagai berikut:

detail disk space pada hosting

Kemudian di bawahnya ada list detail penggunaan disk space per folder, kita bisa klik tombol > pada nama folder untuk mengetahui status penggunaan disk space di subfolder di bawahnya.

cara cek kuota hosting

Sebagai informasi, update kuota di menu disk usage ini tidak realtime. Artinya, apabila anda baru saja melakukan penghapusan data email atau data di hosting, biasanya tidak akan langsung terlihat perubahannya pada menu ini. Update kuota di menu disk usage biasanya membutuhkan waktu dalam 1-6 jam, agar statusnya refresh dan menunjukkan nilai sebenarnya.

Baca juga artikel : Mengapa Kapasitas Hardisk Tidak Sesuai?

Apa yang terjadi kalau hosting penuh?

Jika account hosting Anda dalam keadaan penuh, ada beberapa gangguan yang mungkin muncul, antara lain adalah:

  • Tidak bisa menerima/mengirim email.
  • Tidak bisa upload data/file ke account hosting.
  • Munculnya error 500 (internal server error) di website.

Jika yang membuat penuh adalah direktori public_html, sebaiknya file-file yang sudah tidak digunakan dihapus untuk menghemat disk space.

Jika Anda menggunakan CMS (misalnya Joomla atau WordPress) sebaiknya jangan mencoba menghapus file-file bawaan CMS tersebut kecuali Anda benar-benar mengetahui mana yang bisa dihapus.

File-file yang mungkin bisa Anda hapus adalah file backup (jika ada), atau file-file lain di dalam public_html yang bukan bawaan dari CMS yang Anda gunakan.

Jika dari Disk Usage Summary di atas terlihat bahwa direktori Mail yang penuh, Anda bisa masuk ke webmail untuk kemudian menghapus email-email yang ada di folder Trash dan Sent.

Untuk detail penggunaan email, bisa diperiksa seperti panduan Cek email disk usage

Meskipun sebelumnya sudah dihapus dari Inbox, email yang masih ada di folder Trash sebenarnya belum benar-benar dihapus sehingga berpotensi menghabiskan quota disk space hosting.

Masih Penuh?

Setelah Anda  menghapus file dan email  tetapi disk space hosting Anda masih penuh, berarti Anda memang harus segera meng-upgrade paket hosting yang Anda gunakan saat ini agar bisa menampung lebih banyak file dan email.

Demikian informasi kami tentang apa itu disk space dan cara cek kuota hosting cPanel, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4.2 / 5. Vote count: 5

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Hosting Murah

Bayo AM