Rumahweb Journal
cms balitbang

CMS Balitbang: Pengertian dan Semua yang Harus Anda Ketahui

CMS Balitbang merupakan Content Management System yang dikembangkan oleh Tim Litbang Kemendikbud, untuk memudahkan sekolah atau madrasah dalam membuat sebuah website informasi.

Pada artikel ini, kami akan membahas apa itu CMS Balitbang, pentingnya untuk sekolah dan cara reset password

Apa itu CMS Balitbang?

CMS balitbang tentu sudah tidak asing bagi instansi sekolah. Bagaimana tidak, CMS ini memang dikembangkan oleh tim Balitbang Kemendikbud dengan harapan dapat lebih memudahkan sekolah untuk memiliki website sekolah dengan fitur cukup lengkap. Selain itu, CMS balitbang dapat diunduh secara gratis bagi para pengembang website sekolah.

Pentingnya website untuk sekolah

Dimulai dari gagasan/ide yang dikembangkan tim balitbang kemendikbud terkait informasi secara online untuk instansi sekolah, pembuatan CMS ini tentu bertujuan untuk mempermudah instansi sekolah dalam melakukan pengelolaan website tanpa repot repot melakukan pembuatan website dari awal dan tentunya mempermudah juga dalam hal publish suatu informasi sekolah secara online sehingga bisa dilihat halayak umum khususnya siswa dan wali siswa. Lalu sebenarnya apa pentingnya sebuah situs website bagi instansi sekolah? 

Pada era modern seperti saat ini, penggunaan situs sekolah memang paling efisien untuk menunjang pembelajaran siswa. Dilain hal, selain untuk menunjang pembelajaran siswa, tentunya pemberitahuan melalui media online akan lebih mudah dipantau oleh wali siswa dimanapun dan kapanpun tanpa harus mendatangi lokasi sekolah demi mendapatkan update informasi terbaru putra putri kebanggaannya. 

Berikut ini adalah manfaat website sekolah yang harus diketahui :

  • Untuk memperkenalkan profile sekolah. Informasi mendasar sebuah sekolah bisa dipaparkan secara jelas dan detail pada halaman website. Tentunya tidak hanya untuk masalah sejarah sekolah, namun juga informasi terkait struktur organisasi, informasi wali kelas, fasilitas sekolah bahkan hingga pada ekstrakuliluler yang diadakan dapat diinformasikan secara gamblang dalam sebuat situs website.
  • Media untuk mempublish informasi umum. Sebuah website tentunya akan kurang apabila tidak melakukan hal satu ini, salah satu tujuan adanya website adalah untuk melakukan publish suatu informasi. Dalam konteks situs sekolah, website ini diharapkan bisa memberikan informasi untuk halayak ramai khusunya bagi siswa dan wali siswa terkait pengumuman pengumuman penting yang menjadi agenda sebuah sekolah.
  • Forum Diskusi Online. Situs website sekolah diharapkan bisa dijadikan forum menyampaikan aspirasi masyarakat , khususnya dari wali murid atau siswa kepada pihak sekolah melalui contact form sekolah baik itu saran maupun kritik yang membangun.

Download CMS Balitbang

Hingga artikel ini di release, versi terbaru dari CMS Balitbang adalah versi 3.5.2. Anda bisa mendownload CMS Balitbang melalui link berikut: download cms balitbang.

Cara install CMS Balitbang

Untuk langkah installasi CMS balitbang ini cukup mudah, yang harus dilakukan adalah mengunduh dahulu CMS balitbang pada link google drive diatas. Jika sudah silakan diuploadkan  serta dilakukan installasi ke hostingnya mengikuti panduan berikut ini :

  1. Upload data CMS balitbang dapat dilakukan di file manager > public_html > upload
CMS Balitbang Upload
  1. Jika sudah sukses uploadnya, selanjutnya silakan klik kanan pada file zip CMS balitbang dan klik extract.
  2. Setelah itu, maka akan menampilkan struktur file manager seperti screenshot berikut ini :
CMS Balitbang Extract
  1. Untuk bisa diakses dengan utama maka perlu dilakukan pemindahan data dari folder cmsbalitbangv35 ke public_html caranya dengan masuk ke folder cmsbalitbangv35 yang sudah diextract dan select all > klik kanan > move seperti screenshot berikut ini :
CMS Balitbang Move

Lalu akan tampil pop up berikut ini :

Pada tampilan default maka akan tampil nama folder cmsbalitbangv35, silakan bisa dihapus dan disisakan dengan public_html saja seperti screenshot diatas lalu klik move files.

CMS Balitbang Public html
  1. Perlu diketahui, bahwa pada CMS ini ada penggunaan function readfile() yang tidak bisa dijalankan di hosting karena alasan keamanan. Untuk itu Anda harus merubah function readfile() menggunakan function echo file_get_contents() agar bisa berjalan dengan baik.
    Caranya silakan bisa mencari file dengan nama function.base.php pada folder public_html/tiny_mce/plugins/ajaxfilemanager/inc seperti screenshot berikut ini :
CMS Balitbang Function Base

Jika sudah dapat filenya, silakan bisa klik kanan > edit. Cari dengan kata kunci “readfile” lalu replace dengan echo file_get_contents seperti screenshot berikut ini :

6. Jika langkah diatas sudah dilakukan, selanjutnya adalah membuat database pada hosting. Bagi yang belum pernah membuat database, bisa mengikuti panduan berikut ini terlebih dahulu.

7. Setelah database siap, selanjutnya adalah tahap installasi. Untuk installasi ini cukup mudah, adalah dengan akses website Anda. Pada awal tampilan, maka akan menampilkan halaman mulai installasi berikut ini dan silakan klik setuju :

CMS Balitbang Setuju

8. Selanjutnya, akan di lanjutkan pada halaman pemilihan peruntukan installasi. Silakan dipilih installasi mana yang akan dilakukan. Pada panduan kali ini kami gunakan installasi untuk Sekolah Dasar :

CMS Balitbang pilih peruntukan

9. Setelah itu, akan masuk pada langkah installasi kedua yakni pengisian database dan profile sekolah, untuk database silakan diisikan dengan nama database, username database dan password yang sudah dibuat sebelumnya pada point 6. Contoh pengisian :

CMS balitbang pilih database

Selanjutnya pengisian profile sekolah, silakan bisa diisikan sesuai kebutuhan dan contoh pengisiannya seperti screenshot berikut ini :

CMS Balitbang isi profile

Kemudian, silakan bisa dilanjutkan pada pengisian password admin CMS balitbang. Silakan dipastikan menggunakan kombinasi antara huruf besar, kecil, angka (minimal 2 angka) dan tanda baca, agar password lebih secure atau kuat. 

CMS Balitbang Password

Jika sudah, silakan bisa klik install.

10. Setelah installasi selesai maka akan menampilkan informasi berikut ini :

CMS Balitbang Sukses Installasi

Jangan lupa catat password yang Anda inputkan tadi saat installasi ya. Password tersebut digunakan untuk masuk ke administrator CMS balitbang.

11. Installasi telah selesai. Anda bisa mencoba testing akses ke websitenya untuk memastikan bahwa installasi berjalan dengan baik. 

CMS Balitbang Halaman HomePages

Cara reset password admin CMS balitbang

Situs CMS balitbang dilengkapi dengan halaman admin website yang memunginkan website bisa dikelola oleh pengelola website untuk melakukan penambahan informasi yang ditampilkan pada halaman website disesuaikan dengan keadaan sekolah saat ini.

Tidak jarang terdapat beberapa pengurus sekolah yang melupakan atau bahkan kehilangan akses login ke admin cms ini . Lalu bagaimana solusi agar bisa login kembali? Berikut kami berikan langkah langkah yang bisa dilakukan untuk dapat login ke admin websitenya kembali .

  • Login ke halaman cPanel hosting. Bagi yang belum pernah melakukannya, login cpanel hosting bisa dilakukan mengikuti panduan berikut ini.
  • Masuk ke menu PHPMyAdmin kemudian pilih nama database yang digunakan.
Cara Reset Password Admin CMS Balitbang Menu PHPMyadmin
  • Selanjutnya silakan bisa mencari tabel pada database tersebut dengan nama : user, lalu klik pada user.
Cara Reset Password Admin CMS Balitbang Mencari database dan tabel user
  • Setelah itu akan tampil record dari tabel user. Pada bagian admin, silakan klik “edit”
Cara Reset Password Admin CMS Balitbang Klik menu Edit
  • Kemudian, pada kolom password silakan disikan dengan “57gc0bbbfb6b3” tanpa tanda petik seperti screenshot berikut ini :
Cara Reset Password Admin CMS Balitbang Ubah password ke default
  • Klik go.
  • Setelah berhasil dilakukan perubahan pada kolom user, silakan dilakukan ulang login ke halaman admin CMS balitbang dengan menginputkan data :

    Username : admin
    Password : admin
  • Selesai.

Bagaimana, mudah bukan untuk melakukan reset password untuk CMS ini? Dikarenakan password tersebut adalah password standard dan rentan terkena hack, maka silakan dilakukan perubahan password dari admin balitbang kembali dengan password yang lebih kuat, agar website Anda tidak mudah terhack.

Bagi yang belum pernah mencoba ubah dari halaman admin, perubahan bisa dilakukan pada menu Personal > Password & Email.

Demikian pandun reset password admin CMS Balitbang, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Hikmah Nurul Ardhaningtyas