Rumahweb Journal
CMS Drupal adalah : Pengertian, Manfaat dan Cara Install di cPanel

CMS Drupal: Pengertian, Manfaat dan Cara Install di cPanel

Drupal adalah salah satu CMS yang dapat digunakan untuk membuat website secara cepat dan mudah. Drupal juga dilengkapi dengan berbagai plugin serta theme yang bisa Anda gunakan secara gratis dan custom.

Pada panduan ini, kami akan menjelaskan apa itu Drupal serta manfaat dan cara install di cPanel hosting. Berikut informasi selengkapnya.

Apa itu Drupal?

Drupal adalah salah satu Content Management Systems (CMS) yang di kembangkan pada tahun 2000 oleh mahasiswa asal belgia. CMS ini juga merupakan salah satu pesaing CMS populer lainnya seperti CMS WordPress dan Joomla. 

Jika Anda seorang developer website yang memerlukan CMS dengan banyak fungsi, maka drupal dapat menjadi salah satu whitelist CMS yang bisa Anda coba. Sama seperti CMS lainnya, drupal memiliki banyak fitur yang dapat digunakan untuk mempermudah penggunanya.

Apabila ditarik perbandingan dengan CMS lain seperti WordPress, maka Drupal dari segi fitur dapat dikatakan lebih kaya serta mudah untuk dikembangkan. Karena banyaknya fitur yang tersedia, terkadang orang mengsalah artikan Drupal sebagai CMS yang tampak membingungkan. Padahal faktanya fitur di dalam drupal justru jauh lebih lengkap dan lebih mudah dikembangkan.

Untuk itu, ada baiknya jika ingin menggunakan CMS ini bisa mempelajari terlebih dahulu semua fitur yang ada. Beberapa fitur yang paling sering ditanyakan bagi pengelola website diantaranya berkaitan dengan tema dan plugins.

Seperti halnya WordPress, Drupal menyediakan berbagai macam tema dan plugins baik versi gratis maupun berbayar. Dalam dunia drupal, plugins disebut dengan istilah modul. Lalu apa yang sih yang membuat drupal menjadi lebih istimewa dibandingkan CMS populer lainnya?

Manfaat Drupal

Drupal adalah open-source content-management framework yang bisa digunakan untuk membuat situs website sederhana maupun kompleks. Dikutip dari website drupal.org, CMS ini memiliki banyak manfaat diantaranya :

  • Kemudahan dalam mengelola
    Karena berbasis CMS, maka drupal memiliki manajemen konten yang lebih baik. Di dukung dengan fitur modul dan tema yang bervariasi, membuat drupal lebih mudah untuk digunakan.
  • Keamanan
    Drupal adalah salah satu CMS yang sangat memperhatikan segi keamanan, sehingga membuat pengguna tidak perlu khawatir mengenai kemaanan CMS yang satu ini.
  • Multibahasa
    Hingga artikel ini terbit, versi terbaru dari Drupal adalah 9.2.6 yang telah dilengkapi dengan fitur multibahasa. Dengan aksesibilitas dan kemampuan multibahasa pada Drupal, memungkinkan website Anda dapat dijangkau audiens yang lebih luas.
  • Desain atau Theme yang Fleksible
    Bervariasinya tema yang tersedia pada Drupal, membuat developer memiliki banyak opsi untuk mengembangkan kreatifitas demi menampilkan tampilan website yang menarik. Tentunya tampilan yang menarik sudah pasti akan membuat pengunjung betah dan nyaman berlama lama pada situs website Anda.

Cara Install Drupal di cPanel

Setelah menjelaskan apa itu Drupal dan manfaatnya, selanjutnya kami akan menjelaskan tentang cara install Drupal di cPanel melalui fitur Softaculous. Proses install melalui softaculous sangat mudah, hanya memerlukan beberapa kali klik.

Berikut kami sampaikan cara install Drupal di cPanel :

  1. Login ke cPanel melalui link http://namadomain/cpanel atau bisa login dari clientzone.rumahweb.com, pada menu Layanan > list layanan saya > klik tombol aktif > login to cPanel.
  2. Setelah login ke cPanel, kemudian masuk ke menu Softaculous.
salah satu cara install drupal adalah melalui fitur softaculous
  1. Untuk memulai installasi, silahkan klik pada tombol install seperti gambar dibawah.
klik tombol install now yang telah tersedia
  1. Pada form installasi kita perlu menyesuaikan kebutuhan, yang perlu diperhatikan diantaranya adalah kolom “Choose Domain”, pilih nama domain yg akan diinstall. Kemudian kolom “In Directory” silahkan dikosongkan jika ingin diinstall di directory utama website Anda, misalnya di http://namadomain.com . Kemudian untuk kolom “Cron Job” bisa diatur sesuai kebutuhan, namun jika Anda tidak memerlukan setting yang spesifik, silahkan dibiarkan sesuai default setting yang ada
lengkapi form instalasi drupal di cpanel
  1. Kolom dibawahnya adalah user, password dan email. Untuk user dan password bisa dibuat sesuai keinginan. Password yang digunakan disarankan memiliki kekuatan password yang cukup. Kemudian kolom email isi dengan alamat email yang aktif. Alamat email ini nantinya dapat berguna ketika kehilangan password admin, maka password bisa di reset ke alamat email yang terdaftar.
  2. Klik tombol install dan jika berhasil akan tampil pesan bahwa installasi telah sukses. Sampai tahap ini installasi telah selesai, Anda sudah bisa mulai mengelola website menggunakan CMS Drupal.

Demikian artikel kami tentang pengertian, manfaat dan cara instalasi Drupal di cPanel, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Hikmah Nurul Ardhaningtyas