Rumahweb Journal
banner - Cara Suspend Akun Email di cPanel

Cara Suspend Akun Email di cPanel

Email account adalah fasilitas standar yang dapat Anda miliki dari layanan web hosting. Anda bisa membuat hingga menghapus alamat email yang pernah dibuat sebelumnya. Namun ada kondisi, dimana ada alamat email yang menyimpan banyak data penting, namun sudah tidak ingin digunakan. Maka solusi terbaiknya adalah melakukan suspend akun email.

Pada panduan ini, kami akan menjelaskan cara melakukan suspend akun email beserta beberapa alasan yang melatarbelakangi untuk memilih opsi ini. Berikut ini penjelasan detailnya.

Alasan melakukan suspend akun email

Ada beberapa alasan kenapa lebih baik Anda melakukan suspend email daripada menghapusnya. Berikut beberapa diantaranya.

1. Penyimpanan data email penting

Mungkin Anda pernah berpikir, bagaimana agar akun emailnya tidak digunakan lagi baik terima dan kirim pesan, namun data yang telah ada tetap tersimpan. Suspend menjadi pilihan strategis agar data email yang penting tetap tersimpan dan dapat Anda akses kapanpun. Namun alamat email tidak lagi bisa digunakan untuk pengiriman atau penerimaan.

2. Menghindari spamming

Sering kali kami mendapatkan sebuah akun email domain melakukan spamming, baik di sengaja maupun tidak. Untuk ketidaksengajaan pengiriman email spamming, hal ini biasanya disebabkan karena malware atau virus pada komputer/laptop yang digunakan. Guna menghentikan pengiriman email spamming tersebut, solusinya Anda bisa melakukan suspend pada email target.

Hal ini digunakan agar spamming berhenti dan Anda bisa melakukan tindakan untuk membersihkan mail client dari virus atau malware. Selain itu Anda juga bisa menyelamatkan email dalam hosting yang sama, agar tidak terkendala ‘max defers and failures’ serta meminimalisir imbas email Anda ditandai sebagai spam oleh mail server penerima.

3. Menghindari phising

Aktivitas phising yang dilakukan melalui layanan email hosting akan berakibat disuspendnya akun hosting secara keseluruhan. Tentunya hal ini akan berakibat layanan hostingnya untuk sementara waktu tidak dapat digunakan. Segeralah Anda lakukan suspend pada akun email yang terindikasi agar tidak mengalami kerugian selanjutnya.

Ada alasan lain kenapa suspend akun email adalah pilihan, yaitu agar email domainnya tidak terkena pinalti max defer oleh sistem akibat dari salah satu atau beberapa akun email domain melakukan spamming/kesalahan pengiriman email berulang-ulang.

Pada posisi ini, akun email yang melakukan spamming dan kesalahan pengiriman dapat dihentikan sementara aktivitasnya dengan cara disuspend.

Cara melakukan suspend email domain melalui cPanel

Untuk melakukan suspend akun email tersebut, silahkan Anda ikuti langkah-langkahnya dibawah:

  1. Login ke cPanel hosting Anda
  2. Klik menu Email Account seperti pada gambar dibawah:
Login akun cPanel hosting Anda dan temukan Email Accounts
  1. Pada langkah kedua, klik “Manage” pada akun email yang ingin Anda suspend.
Menu manage pada Email Accounts
  1. Setelah masuk menu “manage”, silahkan Anda scroll kebawah hingga menemukan “Restrictions” seperti pada gambar dibawah:
Restrictions untuk suspend akun email

Pada gambar diatas, Anda hanya perlu menyesuaikan alternatif suspend yang diperlukan, bisa salah satu, dua, bahkan ketiganya. Untuk menyimpannya dengan klik “Update Email Settings”.

Dengan melakukan suspend akun email, setidaknya Anda telah aktif menyelamatkan email domain lainnya yang memang tidak spamming. Kemudian, silahkan tunggu 1 jam kemudian agar pinalti max defer otomatis terhapus dan aktivitas email kembali normal.

Pada kasus email spamming yang tidak disengaja dan ingin digunakan kembali, pastikan Anda telah melakukan scanning laptop/pc yang digunakan, agar terbebas dari virus atau malware. setelah dipastikan mail client bersih, maka Anda bisa melakukan reset password serta melakukan unsuspend pada email yang terindikasi. Caranya, tinggal ubah status suspended menjadi allow sesuai gambar step 4.

Demikian informasi tentang cara suspend akun email di cPanel, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4.9 / 5. Vote count: 7

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Fredric Lesomar

I am an Ameteur Programer and Cybersecurity Enthusiast. Love Much, Mother Python Language, Machine Learning and You!