Rumahweb Journal
Banner - Cara Unsuspend Email di cPanel Hosting

Cara Unsuspend Email di cPanel Hosting

Terkadang, kita perlu melakukan suspend email dikarenakan alasan keamanan, seperti hal nya malware pada email. Setelah memastikan email aman untuk digunakan kembali, selanjutnya Anda bisa melakukan unsuspend email account melalui cPanel.

Lalu bagaimana cara unsuspend email di cPanel? Pada panduan ini, kami akan menjelaskan secara detail bagaimana cara unsuspend akun email di cPanel. Namun sebelumnya, kami akan menjelaskan kepada Anda beberapa alasan kita melakukan suspend pada email.

Kapan kita perlu melakukan suspend pada Email?

Hampir setiap hari tim Teknis Rumahweb mendapati beberapa akun email melakukan pengiriman email masal atau spamming. Entah disengaja untuk pengiriman newsletter yang melebihi limit yang diperbolehkan, maupun tidak disengaja karena PC terjangkit virus yang bisa melakukan pengiriman email masal yang berjalan disisi background.

Apabila hal ini dibiarkan, maka akan berdampak pada reputasi email server yang bersangkutan dianggap buruk. Untuk mencegah hal ini terjadi, ada beberapa tindakan yang perlu kita lakukan, salah satunya adalah suspend email agar pengiriman email masal berhenti.

Agar email bisa digunakan kembali, Anda perlu melakukan pengecekan secara lebih detail. Jika Anda tidak merasa melakukan spamming atau pengiriman email secara masal, kemungkinan besar PC atau Laptop Anda terserang malware/virus.

Maka solusinya Anda harus melakukan scanning komputer/laptop terlebih dahulu, dengan Anti virus terupdate. Pastikan komputer Anda bersih, lalu lakukan reset password email dan melakukan unsuspended.

Terkait detail penanganan email yang terserang malware bisa Anda baca pada artikel berikut: Cara Mengatasi Spamming Email Karena Virus atau Malware

Cara unsuspend email di cPanel

Setelah memastikan bahwa email kita bersih atau aman dari malware, langkah selanjutnya kita bisa melakukan unsuspend email melalui cPanel. Berikut panduannya.

  1. Login ke cPanel.
  2. Klik menu Email Accounts
  3. Klik status “restricted” pada alamat email yang akan Anda unsuspend.
menu email account
  1. Ubah status restrictions menjadi Allow, seperti gambar berikut.
unsuspend email di cPanel
  1. Klik Update email setting untuk menyimpan.

Sampai tahap ini, email Anda sudah dapat digunakan untuk mengirim dan menerima email. Namun jika sebelumnya email Anda terkena malware, kami sarankan Anda melakukan pengecekan secara berkala untuk melihat log emailnya.

Pengecekan send and received email bisa dilihat melalui menu Track Delivery, atau Lacak pengiriman dalam bahasa Indonesia. Menu ini bisa Anda temukan di cPanel.

Demikian panduan unsuspended email dari cPanel, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

SSL Murah

Rudiharto

Halo! Saya Rudi, bekerja di Rumahweb sebagai Technical Support. Saya menyukai WordPress, SitePro, Blogspot, dan rutin menulis tutorial. Saya akan membantu Anda membuat beberapa hal teknis mudah dipahami :)