Rumahweb Journal
Banner - Cara Setting Shipping dan Payment Store di SitePro

Cara Setting Shipping dan Payment Store di SitePro


Sebelumnya, kami telah membahas cara membuat toko online dengan SitePro Builder. Dalam panduan ini, kami akan membahas cara setting pengiriman (shipping) dan pembayaran (payment) pada toko online yang telah kita buat, sebagai kelanjutan dari artikel sebelumnya tentang toko online di SitePro.

Namun sebelum kita bahas cara setting shipping dan payment di SitePro, terlebih dahulu kami akan membahas tentang fitur toko online di SitePro agar Anda lebih memahami panduannya.

Mengenal fitur Store di SitePro

Seperti yang telah kita ketahui bersama, SitePro adalah salah satu platform pembuatan website yang dapat digunakan untuk membuat website secara instan. SitePro builder dapat Anda gunakan secara gratis, untuk setiap pengguna layanan Shared Hosting di Rumahweb.

Namun bagi Anda yang ingin membuat toko online di SitePro, Anda perlu melakukan upgrade lisensi SitePro ke paket Bisnis. Terkait upgrade lisensi SitePro, Anda bisa merequest ke email billing[at]rumahweb.com untuk bantuan tersebut.

Setelah Anda pastikan layanan SitePro yang digunakan adalah bisnis, selanjutnya Anda dapat membuat toko online secara mudah melalui halaman panel SitePro. Selain membuat halaman produk, Anda juga dapat mengatur sendiri pengirian (shipping) hingga pembayaran (payment) pada website.

Apa itu Shipping dan Payment

Shipping pada sebuah website adalah proses pengiriman barang atau produk dari penjual kepada pembeli. Pada toko online SitePro, Anda dapat mengatur beberapa type shipping, yaitu Free, Flat rate, By Weight, By subtotal.

Payment pada sebuah website adalah sistem pembayaran yang memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi pembelian atau pembayaran secara online. Pada toko online SitePro Anda dapat mengatur metode Bank Transfer, COD, Paypal, Alipay, dan lainnya.

Sebelum mengatur shipping dan payment, pastikan bahwa anda telah mengaktifkan fitur toko online dan telah membuat produk yang akan dijual. Setelah itu, Anda bisa mengikuti panduan berikut.

Cara Setting Shipping

  1. Login SitePro.
  1. Pilih halaman Store Anda > pilih section Store > pilih Shipping Method.
  1. Isi kolom Item Name sampai Estimated Delivery. Contoh kami mengatur untuk pengiriman dengan nama item Same Day dengan biaya Flat rate, seperti screenshot berikut ini.
SitePro Shipping Method - same day

Di dalam Shipping method ini Anda dapat mengatur Type shipping, yaitu Free, Flat rate, By Weight, By subtotal. Silahkan dipilih, sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cara Setting Payment

  1. Login SitePro.
  1. Pilih halaman Store Anda > pilih section Store > pilih Payment Gateway.
  1. Silakan pilih metode pembayaran lalu centang Enable.
Setting SitePro Payment

PENTING

Selain payment Bank Transfer dan COD, Anda harus memiliki akun dari Payment Gateway tersebut agar dapat menggunakan fitur ini.

Di dalam tutorial ini kami fokus mengatur metode shipping dan payment, tidak dengan pendaftaran akun payment gateway.

Setelah mengatur Shipping dan Payment, silakan melakukan pengetesan order melalui website Anda. Sampai tahap ini, setting shipping dan payment toko online di SitePro telah selesai.

Demikian artikel kami tentang setting shipping dan payment di SitePro, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Domain & Hosting Gratis di Rumahweb

Rudiharto

Halo! Saya Rudi, bekerja di Rumahweb sebagai Technical Support. Saya menyukai WordPress, SitePro, Blogspot, dan rutin menulis tutorial. Saya akan membantu Anda membuat beberapa hal teknis mudah dipahami :)